DRAMATURGI RMA. HARYMAWAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website:
Advertisements

TEKNIK BERMAIN PERAN (DRAMA)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Sekolah Standar Nasional (SSN) Mata Pelajaran : Bahasa &stra Indonesia Selamat Datang di SMP Negeri 7 Jakarta Sekolah Standar Nasional (SSN) Mata.
TEORI DRAMA oleh: Nina Kartini Rahdiana.
Memahami pementasan drama
PENGERTIAN SASTRA DAN JENIS-JENIS SASTRA
PENGEMBANGAN TEMA MENGAPA ATAU UNTUK APA SUATU KARYA DITULIS ?? SEBAGAI PESAN MORAL YANG TERSIRAT DARI KARYANYA. K ARENA BERSIFAT TERSIRAT, TIDAK PERLU.
STRUKTUR FILM DAN UNSUR PEMBENTUK FILM
Guru SMA Negeri 1 Takalar
Broadcast Programming
DRAMATURGI Isi surakarta.
Membaca Ekspresif Naskah Drama
KAJIAN DRAMA INDONESIA
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
UNSUR INTRINSIK CERITA
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
Nama : Iis Diana Kelas : 2F Bahasa Indonesia NPM :
STAGING Hastari Mayrita, S.Pd., M.Pd..
Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2 Andri Yogastari
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan jenis sastra dramatik
Hand Out Drama & teater.
Istilah Drama dan Teater
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
PERTEMUAN XIII (TIGA BELAS)
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA
Menulis Lakon Oleh Miftahudin, S.Pd. Sastra Indonesia.
SELAMAT SIANG Mari Bermain drama ! “Dunia ini panggung sandiwara
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
Pembelajaran Drama Di Sekolah Dasar Oleh: Heru Subrata.
MEMERANKANDRAMA.
SENI TEATER.
Oleh : Dr.Hj.R.Ika Mustika,M.Pd R. Mekar Ismayani, M.Pd.
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
CERITA SUMBER2 CERITA : Kisah Nyata, Novel, Khayalan, Kitab Suci, Lirik Lagu... FUNGSI CERITA : Sebagai bungkus pesan, pengikat unsur2 filmis lainnya,
KONSEP PENGAJARAN APRESIASI DRAMA
Dialog/Drama (Pertemuan ke-6)
MENGAPRESIASI DRAMA ANAK
Menanggapi pementasan drama
BELAJAR MEMAHAMI DRAMA
KARYA DALAM DUA DIMENSI
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
MERANCANG KARYA SENI TEATER
Loading…. L.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Hakikat, karakteristik dan perbedaan Drama, Puisi dan Prosa
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA CERITA
PENGERTIAN SASTRA DAN JENIS-JENIS SASTRA
MENGAPRESIASI DRAMA ANAK
 NAMA KELOMPOK : ANGGA NOFRIADY MUHAMMAD BAIHAQI XII IPA 1.
CERPEN -Novella Cathlin-.
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
Teori pertunjukan peran dari Goffman
Assalamualaikum BAHASA INDONESIA DRAMA By : kartika liani.
Dasar Perlengkapan Pementasan
Loading
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
KAWASAN SASTRA DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN FIKSI
POKOK-POKOK PEMENTASAN KARYA SASTRA
DRAMA Suatu teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
PENGELOLAAN KESAN PENGAMEN TOPENG DI KOTA BANDUNG
Kelompok 10: Sena aji wijaya Renu zikri ilyaasa Muamar Syahdan Ibnu
UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSK DRAMA SASTRA INDONESIA SMA NEGERI 1 SIKUR.
DRAMATURGI SUANTOKO UNIV. PGRI RONGGOLAWE TUBAN. SILABUS Deskripsi Mata Kuliah: Dalam mata kuliah Dramaturgi ini dibahas materi-materi tentang; prinsip.
Transcript presentasi:

DRAMATURGI RMA. HARYMAWAN

DRAMATURGI ajaran tentang masalah hukum, dan konvensi/persetujuan drama keahlian dan teknik penyusunan karya dramatik sebuah teori yang mempelajari seluk beluk cerita atau naskah skenario, yang di dalamnya terdapat studi struktur dramatik, plot, tema, penokohan dan setting peristiwa.

DRAMATURGI Fokus pendekatan dramaturgis adalah bukan APA yang orang lakukan, bukan apa yang ingin mereka lakukan, atau MENGAPA mereka melakukan, melainkan BAGAIMANA mereka melakukannya. Dramaturgi menekankan DIMENSI EKSPRESIF/IMPRESIF AKTIVITAS MANUSIA, yakni bahwa makna kegiatan manusia terdapat dalam cara mereka mengekspresikan diri dalam interaksi dengan orang lain yang juga ekspresif. Oleh karena perilaku manusia bersifat ekspresif inilah maka PERILAKU MANUSIA BERSIFAT DRAMATIK.

DRAMATURGI ESENSI Duality and Conflict Identifying A Character’s Conflict ESENSI Representation Temperament Affects Vision Character-Driven and Plot-Driven

FORMULA (4M) DRAMATURGI Mengkhayalkan Menyaksikan Menuliskan Memainkan

MASALAH DRAMATURGI Drama dan Konflik Manusia Drama dan Pengarang

Drama dan Konflik Manusia Hukum Drama Sumber Penulisan Drama  TABIAT MANUSIA Kerangka Drama  ACTION Dasar Drama  MOTIF

DRAMA dran (Yunani) PERBUATAN/ TINDAKAN berbuat, berlaku, beraksi, bertindak dsb. PERBUATAN/ TINDAKAN

DRAMA KUALITAS KOMUNIKASI, SITUASI,ACTION Segala apa yang terlintas dalam pentas yang menimbulkan perhatian, kehebatan (exciting), dan ketegangan pada pendengar/penonton. HIDUP YANG DILUKISKAN DENGAN GERAK (LIFE PRESENTED ACTION) KESENIAN MELUKISKAN SIFAT DAN SIKAP MANUSIA DENGAN GERAK cerita KONFLIK MANUSIA dalam bentuk dialog yang diproyeksikan pd pentas dengan menggunakan percakapan dan action dihadapan penonton.

DRAMA ... are stories performed through action rather than explained through narration. David L.- The Architecture of Drama

DRAMA Pertunjukan (show) yang menyajikan cerita mengenai kehidupan atau karakter seseorang atau beberapa orang (tokoh)  yang diperankan oleh pemain (artis) yang melibatkan konflik dan emosi. Manajemen Media Penyiaran

DRAMA merupakan kisah pertentangan yg saling beroposisi, di mana tiap kejadian dari kekuatan-kekuatan khusus action dapat diketahui pada tiap motif. Dengan demikian maka drama didasarkan atas human conflict.

DRAMA Teks Drama UNSUR Pementasan Penonton

Dasar dari Drama  KONFLIK KEMANUSIAAN Hukum Drama Bahan (materi inspirasi) penciptaan drama  kisah awal, perkembangan (development), kesimpulan dari beberapa kejadian tentang perjuangan kemanusiaan. Dasar dari Drama  KONFLIK KEMANUSIAAN Law of Drama  lakon harus menghidupkan pernyataan kehendak manusia menghadapi dua kekuatan dari yg saling beroposisi. Secara teknis disebut “kisah dari protagonis” yg menginginkan sesuatu, dan “antagonis” yg menentang dipenuhinya keinginan tersebut.

Kehendak Manusia dengan ACTION Hukum Drama Kehendak Manusia dengan ACTION DRAMA KONFLIK dari sifat manusia Protagonis vs Antagonis

TABIAT MANUSIA Sumber Penulisan Drama  Pengarang Aktor/ aktris Sutradara

Kerangka Drama  ACTION Konflik ACTION

Dasar Drama  MOTIF Sumber-sumber Motif Human drives (kegiatan, semangat, pendorong) Kekuatan utk tanggapan (response) Kekuatan utk pengakuan Kekuatan utk petualangan (adventure) Kekuatan utk keamanan (security) Situasi : fisik dan sosial Interaksi sosial Pola watak (character pattern) Intelegensi Hub dg dunia luar Hub dg dirinya sendiri

Drama dan Pengarang Bahan-bahan untuk pengarang Alat-alat pengarang Proses inspirasi yg merangsang daya cipta Proses Mengarang Konstruksi dramatik

Bahan-bahan untuk pengarang karakter situasi subjek

Alat-alat pengarang dialog action

M 1 M 2 Inspirasi dapat timbul : Proses inspirasi yg merangsang daya cipta M 1 Inspirasi dapat timbul : Sendiri karena pikiran kita menemukan suatu gagasan yg merangsang daya cipta. Karena perhatian kita tertuju pada suatu peristiwa baik yg disaksikan sendiri maupun yg didengar atau dibaca. Karena perhatian kita terikat pada kehidupan seseorang. M 2 Daya cipta tersebut di atas akan kita hidupkan ke dalam sebuah cerita. Maka terciptalah gambar cerita yg masih mentah, belum teratur. Proses kristalisasi sehingga kita berhasil merumuskan hak ikat (intisari) cerita. Saat kita mendapat rumus intisari cerita (premise)

Proses Mengarang (M II) Seleksi Re arrangement Intensifikasi M II

Konstruksi dramatik Dramatic Plot Dramatic Tension Trilogy Aristoteles

klimaks (opokorupsoma) komedi komodia tragedi tragodia d klimaks (opokorupsoma) c e b solusi (luse) konflik (diamakhe) a situasi (topothesia) Introduksi (sustase)

DRAMA TEORI STRUKTUR dan TEORI TEKSTUR DRAMA – Sejarah, Teori, dan Penerapannya, Gadjah Mada University Press, 2010.

Nilai Dramatik Struktur Tekstur (Kernodle, 1966:344) Plot Karakter Tema Spectacle Musik (Mood) Dialog Struktur Tekstur (Kernodle, 1966:344)

Struktur Tekstur (Kernodle, 1966:344) Bentuk DRAMA pada waktu PEMENTASAN Tekstur Apa yg secara langsung dialami oleh pengamat (spectator) Apa yg muncul melalui indera Apa yg didengar oleh telinga (dialog) Apa yg dilihat oleh mata (spectacle) Apa yg dirasakan (mood) melalui seluruh alat visual serta pengalaman aural

Struktur Drama Kernodle Sebuah drama berarti sesuatu yg terjadi (a drama means something hapenning)