Ruang Virtual/ Teknologi Komunikasi Budaya
LevelDefinisi TeknologiDefinisi Budaya Level 1: Pendapat Umum Teknologi sbg BENDA/barang, alat dan artefak. Budaya sbg SENI dan ESTETIKA. Level 2: Definisi Kontekstual Teknologi sbg ISI/PERANGKAT LUNAK (software), berdasarkan bagaimana ia digunakan. Budaya sbg JALAN HIDUP (ways of life), pengalaman hidup individu, komunitas atau kelompok. Level 3: Definisi Struktural teknologi sbg SISTEM PENGETAHUAN Budaya sbg dasar Sistem struktural.
Persoalan perubahan struktur budaya (termasuk tata bahasa) ex: campur aduk penggunaan bhs Indonesia & bhs Inggris
Persoalan lahirnya “budaya” baru (digital culture, dsb) Persoalan nilai budaya yg terkompres (pemadatan budaya) Persoalan HYPERMEDIASI budaya Persoalan identitas(EMPIRIK VS VIRTUAL)
Melayu sbg negara atau kerajaan yang merdeka dan berdaulat (akar geopolitik) Ex: Melayu Semenanjung, Melayu Deli, Melayu Riau, Melayu Minangkabau, Melayu Jambi, Melayu Palembang, Melayu Kalimantan
RasEtnis Suku Bangsa Palaeo Melanesoid dan Deutro Melanesoid Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina bersifat kearifan lokal/ lokalitas budaya
Versi Melayuonline.com “Melayu yang dimaksud di dalam situs Melayu Online ialah SETIAP TEMPAT, KOMUNITAS atau MASYARAKAT DIBELAHAN DUNIA MANAPUN yang masih atau pernah MENJALANKAN TRADISI melayu”
Melayu Tdk lg LOKAL/REGIONAL namun GLOBAL Tdk lg berdasar geobudaya, geopolitik & geografis “Melayu Virtual”
Diam/Stagnan Equal Mendominasi Gayatri C Spivak
Social Network Services and Cultural Identity: between Reinforcement and Commodification Social Network Services and Cultural Identity: between Reinforcement and Commodification Komodifikasi Budaya dalam Ruang Virtual Komodifikasi Budaya dalam Ruang Virtual
Sekedar pemindahan tempat (displacement)? Memperkuat kembali (Re-inforcement)? Mendominasi dan terdominasi? Atau terkomodifikasi?