Arief Fanshuri 0610117262413. Situated action Activity Theory Distributed Theory.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Siti Mukaromah, S.Kom.  Model yang menggambarkan requirement software dalam bentuk use case - use case  Use case model terdiri dari satu atau beberapa.
BAB ORIENTASI KONSEP PPO
Sosiologi Pedesaan Pertemuan I I
Isyu-isyu penting dalam teori Kepribadian.
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
STRATEGI DAN TAKTIK DALAM INTERVENSI MAKRO
Teknik Sistem Informasi Industri
Interaksi Manusia dan Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
 Model-model yang akan dibahas berikut ini merepresentasikan user pada saat mereka berinteraksi dengan interface sistem.  Model ini menyertakan aspek.
Perancangan Perangkat Lunak
BAB ORIENTASI KONSEP PPO
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LANJUTAN)
Methods for Software Engineering
Aspek Ergonomi Dalam IMK
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
BAB I PERILAKU DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI
Strategi dan taktik dalam Intervensi Makro
CSCW dan Ubiquitous Computing
METODE COMMUNITY ORGANIZATION COMMUNITY DEVELOPMENT
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
Pengantar UML.
BUSINESS PROCESS REENGINEERING
Teori organisasi Pertemuan ke 13.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
IMK: HELP&DOKUMENTASI
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Latihan Ujian UTS dan UAS
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Human Computer Interaction (HCI)
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
KONSEP INTERFACE
PENGEMBANGAN PORTOFOLIO
Evaluasi
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PEMODELAN PROYEK (UML)
BAB ORIENTASI KONSEP PPO
Strategi Pembelajaran Ekspositori
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 11 Model Kognitif.
PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPA SD
Human Computer Interaction (1)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Learning Outcomes Mahasiswa dapat menyebutkan dasar pemodelan matematika khususnya definisi, tujuan, macam model dan langkah penyusunan model.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KOMBINASI DAN KOORDINASI ANTARA BERBAGAI RANAH
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
Materi : Komunikasi, Advokasi, dan Fasilitasi
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
Sistem Pendukung Keputusan Roni Andarsyah, ST., M.Kom Lecture Series.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Berbagi Pengetahuan dan Komunitas Praktik
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

Arief Fanshuri

Situated action Activity Theory Distributed Theory

- Teori mengenai ‘aksi’ yang selalu ada dalam konteks sosial ataupun fisikal - Situasi memegang peranan dalam aksi user - Dapat terjadi problem dalam komunikasi mesin- manusia, sehingga situasi tidak lagi berarti. - Merupakan teori sosial, karena tidak hanya mempertimbangkan bagaimana seorang user berinteraksi dengan sebuah sistem..tapi juga bagai-mana berinteraksi dengan user dan sistem lain disekitar

Pada kegiatan pada mesin fotokopi. - instruksi baru berarti respon sebelumnya sudah sesuai /cukup - tidak ada respon berarti aksi tidak selesai - tidak ada respon berarti aksi harus diulang atau diperbaiki.

Komponen : - Subyek : yang melakukan aktifitas - Obyek : tujuan kegiatan yang dimaksud - Mediasi: alat untuk mencapai obyek - Hasil : hasil interaksi antara subyek, obyek, dan mediasi

- Aktifitas adalah hubungan antara manusia, apa yang hendak mereka capai dan alat untuk mencapainya - ber Orientasi obyek - Setiap bagian dari aktifitas diubah dan dikembangkan dengan mengerjakannya - Aktifitas adalah ‘mesin’ dari pengembangan manusia dan teknologi

- menekankan aspek sosial pada kognisi - pendekatan yang bermanfaat untuk re-design sosial aspek pada kognisi dengan menempatkan tekanan pada individu dan lingkungannya. -Memandang sebuah sistem sebagai sebuah kumpulan representasi dan membentuk pertukaran informasi antara representasi ini.

1. Masalah Free-Rider 2. Critical Mass 3. Siapa yang diuntungkan? 4. Mengevaluasi Keuntungan 5. Mengubah struktur kekuasaan 6. Kerjasama atau konflik 7. Pekerjaan yang tidak kelihatan

 Bila ada pekerjaan yang sulit, banyak dan berat dapat jadi lebih mudah karena tiap orang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang berbeda yang memiliki kelebihan masing- masing.  Bila dikerjakan bersama juga akan menambah semangat bekerja.

 kata-kata ( words) Harus benar-benar jelas dan mudah dimengerti oleh user.  Gerak tubuh ( gesture) Harus ada penanda semisal pointer pada komputer.  Hati ( heart, emotion) System harus membuat user senyaman mungkin menggunakannya

 Adalah: ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh siapapun dengan mudah.