Research Methodology 2. Tahapan Penelitian

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Advertisements

Java Fundamentals: 5. Java Advanced
Research Methodology 7. Metode Eksperimen
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
INTERNASIONALISASI JURNAL (LESSON LEARNED):
Research Methodology 2. Tahapan Penelitian
Menempatkan Pointer Q 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
Research Methodology 3. Masalah Penelitian
Peraturan Bimbingan Penelitian Tesis Romi Satria Wahono
Research Methodology 9. Publikasi Penelitian
PENGANTAR EKONOMI 1 Pengantar Ekonomi 1.
Meneliti Mengembangkan Ide
PENULISAN LAPORAN PENELITIAN Oleh MUH. YUNANTO, SE., MM.
Konsep Dasar Penelitian
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Software Engineering Overview.
PENDAHULUAN DAN METODE Jaka Sriyana 1.
METHODELOGI PENELITIAN Andy Haryoko. Kenapa ada Mata Kuliah Tambahan MetPen ????  Membantu Mahasiswa Tingkat Akhir (Angkatan 2010) menyelesaikan Tugas.
SISTEMATIKA PENULISAN ILMIAH Saryono. Susunan Laporan Penelitian  Baris kepemilikan  Judul  Abstrak  Pendahuluan  Tinjauan Pustaka  Metode Penulisan/
Konsep Sistem Informasi
Luas Daerah ( Integral ).
Software Quality Assurance
Research Methodology 6. Kesalahan Penulisan Tesis
METODOLOGI PENELITIAN
IV – 1a LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN BAB IV LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN.
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
KONSEP DASAR PENELITIAN Struktur Penelitian. 1. Diskripsi Masalah  Latar belakang: kaitan masalah yang satu dengan masalah lain, state of the art  Identifikasi.
Metode Riset Sistem Informasi
TINJAUAN PUSTAKA Isnani Azizah Salim Suryono The Medical Journal of Indonesia 29 Oktober 2009.
Research Methodology 5. Struktur Penulisan Tesis
Research Methodology 9. Publikasi Penelitian
PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008, The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 The McGraw-Hill Companies, Inc.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Pengenalan Pola/ Pattern Recognition Introduction
Susunan Proposal Penelitian Skripsi
Judul dan Abstrak Penelitian
Metode Penelitian di bidang teknik informatika
Software Engineering: 5. Research
Research Methodology Romi Satria Wahono WA/SMS:
Research Methodology 2. Tahapan Penelitian
MetLit Sesi Ke-2 VictorPakpahan2016
6. Landasan Teori, Citation dan Referensi Penelitian
Research Methodology 2. Tahapan Penelitian
Masalah Penelitian.
Research Methodology Romi Satria Wahono WA/SMS:
Data Mining Junta Zeniarja, M.Kom, M.CS
Research Methodology Romi Satria Wahono WA/SMS:
Sumber : romi satrio wahono
3. Masalah Penelitian.
Metode Riset Sistem Informasi
Being Researcher-Technopreneur
Metode Riset Sistem Informasi
Disiplin Ilmu, Metode Penelitian, Computing Method
4. Disiplin Ilmu, Metode Penelitian dan Computing Methods
Clustering Best Practice
Riset Teknologi Informasi
Disiplin Ilmu, Metode Penelitian, Computing Method
Metode penelitian lesson #10
Teknik Mereview Literatur (Paper Ilmiah)
Mata Kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI TEKNIK INFORMATIKA
Literature Review: Pengantar dan Metode
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI TEKNIK INFORMATIKA
Teknik Mereview Literatur (Paper Ilmiah)
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI TEKNIK INFORMATIKA
Publikasi Ilmiah di Era Digital
REVIEW JURNAL ILMIAH / PAPER. TUJUAN REVIEW PAPER Tujuan dari review paper adalah untuk mempermudah dalam membahas inti dari hasil penelitian.
Transcript presentasi:

Research Methodology 2. Tahapan Penelitian romi@romisatriawahono.net Research Methodology 2. Tahapan Penelitian Romi Satria Wahono romi@romisatriawahono.net http://romisatriawahono.net/rm WA/SMS: +6281586220090 http://romisatriawahono.net

Romi Satria Wahono SD Sompok Semarang (1987) SMPN 8 Semarang (1990) SMA Taruna Nusantara Magelang (1993) B.Eng, M.Eng and Ph.D in Software Engineering from Saitama University Japan (1994-2004) Universiti Teknikal Malaysia Melaka (2014) Research Interests: Software Engineering, Intelligent Systems Founder dan Koordinator IlmuKomputer.Com Peneliti LIPI (2004-2007) Founder dan CEO PT Brainmatics Cipta Informatika

Course Outline Pengantar Penelitian Tahapan Penelitian romi@romisatriawahono.net Course Outline Pengantar Penelitian Tahapan Penelitian Masalah Penelitian Literature Review Struktur Penulisan Tesis Kesalahan Penulisan Tesis Metode Eksperimen Pengujian Tesis Publikasi Penelitian http://romisatriawahono.net

2. Tahapan Penelitian 2.1 Tahapan Penelitian Umum 2.2 Tahapan Penelitian Computing

2.1 Tahapan Penelitian Umum

Tahapan Penelitian Umum 1. Identifikasi Masalah 2. Perumusan Hipotesis 3. Pengujian Hipotesis dan Analisis 4. Kesimpulan

Tahapan Penelitian Umum vs Tesis romi@romisatriawahono.net Tahapan Penelitian Umum vs Tesis Tahapan Penelitian Susunan Tesis 1. Identifikasi Masalah 1. Pendahuluan: - Latar Belakang - Rumusan Masalah - Tujuan Penelitian - Manfaat Penelitian 2. Perumusan Hipotesis 2. Landasan Teori: - Penelitian yang Berhubungan - Landasan Teori - Kerangka Pemikiran 3. Pengujian Hipotesis dan Analisis Hasil 3. Metodologi Penelitian: - Metode Penelitian - Metode Pengumpulan Data - Metode Analisis Data - Metode Pengukuran Penelitian 4. Analisis Hasil dan Pembahasan 4. Kesimpulan 5. Kesimpulan dan Saran http://romisatriawahono.net

2.2 Tahapan Penelitian Computing

Tahapan Penelitian Computing* 1. Tentukan Bidang Penelitian (Research Field) 2. Tentukan Topik Penelitian (Research Topic) 3. Tentukan Masalah Penelitian (Research Problem) 4. Rangkumkan Metode-Metode Yang Ada (State-of-the-art Methods) 5. Tentukan Metode Yang Kita Usulkan (Proposed Method) *http://romisatriawahono.net/2013/01/23/tahapan-memulai-penelitian-untuk-mahasiswa-galau/

1. Tentukan Bidang Penelitian Ingat kembali seluruh mata kuliah yang sudah kita terima di perkuliahan Bidang penelitian di disiplin computing: Tentukan berdasarkan passion! Contoh: Saya memilih bidang Software Engineering (SE) Software Engineering Data Mining Image Processing Computer Vision Networking Human Computer Interaction Soft Computing Information Retrieval Bioinformatics dsb

Bidang Penelitian Computing Software Engineering Data Mining (Knowledge Discovery in Database) Image Processing Information Retrieval Networking Human Computer Interaction Soft Computing etc

2. Tentukan Topik Penelitian Searching di google, google scholar, ACM, IEEE Explore, ScienceDirect.Com: research trends/challenge/topics on NAMA BIDANG Contoh: Dari paper-paper survey dan review tentang software engineering, saya tahu trend penelitian di bidang SE: Autonomic Computing Software Defect Prediction Software Process Improvement Service Oriented Architecture Soft Computing Applications in Software Engineering Saya mengambil topik penelitian: Software Defect Prediction

Data Mining Estimasi (Estimation) Prediksi (Prediction): Neural Network, Multiple Linear Regression, dsb Prediksi (Prediction): Neural Network, Multiple Linear Regression, SVM, dsb Klasifikasi (Classification): CART, K-NN, ID3, C4.5, dsb Pengelompokan (Clustering): K-Means, Fuzzy C-Means, SOM, K-Medoids, dsb Asosiasi (Association): Apriori, FP-Growth, dsb

Soft Computing Fuzzy Logic Fuzzy Inference System Neural Network Neuro-Fuzzy Genetic Algorithm

Image Processing Image Restoration Image Compression Biometrics: Face/Fingerprint/Iris Identification Real Application: Car Plate Identification Vehicle Motion Detection

Software Engineering Software Process Improvement Software Quality Prediction Service Oriented Architecture Autonomic Computing Soft Computing and its Applications in Software Engineering

Kumpulan Survey Paper di Berbagai Bidang Penelitian Computing http://romisatriawahono.net/lecture/rm/survey/

3. Tentukan Masalah Penelitian Searching di google, google scholar, ACM, IEEE Explore, ScienceDirect.Com: Survey/review on NAMA TOPIK Research problem/challenge on NAMA TOPIK Dari “survey paper” yang ditemukan, kejar sampai dapat semua “technical paper” yang ada di daftar referensinya Dari puluhan/ratusan/ribuan paper yang didapat lakukan scanning, pilih paper journal yang terindeks SCOPUS/ISI, 3 tahun terakhir, dan peta kan masalah penelitian yang ada di paper-paper itu Gunakan Mendeley untuk mempermudah pekerjaan kita Pilih satu atau dua masalah penelitian yang kita anggap menarik dan menantang, dan jadikan itu masalah penelitian kita

Susun RP dan Landasannya

4. Rangkuman Metode Yang Ada Pahami semua paper penelitian yang tujuannya memecahkan masalah yang sama dengan yang kita pilih Pahami metode/algoritma terkini yang mereka gunakan untuk memecahkan masalah penelitian mereka. Ini yang disebut dengan state-of-the-art method Dalam bidang computing, metode biasanya berupa algoritma yang secara sistematis, logis dan matematis menyelesaikan masalah

The State-of-the-Art Method The highest level of development, as of a device, technique, or scientific field, achieved at a particular time The level of development (as of a device, procedure, process, technique, or science) reached at any particular time usually as a result of modern methods (Merriam Webster Dictionary) This machine is an example of state-of-the-art technology The state of the art in this field is mostly related to the ABC technology A concept used in the process of assessing and asserting novelty and inventive step (European Patent Convention (EPC))

5. Tentukan Metode Yang Diusulkan Kita harus membangun dan mengusulkan suatu metode (proposed method), yg lebih baik bila dibandingkan dengan metode-metode yang ada saat ini Keunggulan metode yang kita usulkan harus dilandasi (reference), dibuktikan secara matematis dan empiris lewat hasil eksperimen dan perbandingan dengan metode yang ada Metode yang kita usulkan itu bisa saja dari state-of-the-art methods, kita kemudian “menambahkan” sesuatu (algoritma, koefisien, formula, dsb), yang akhirnya ketika kita bandingkan dengan metode original, metode kita lebih baik (lebih cepat, lebih akurat, lebih konsisten, dsb). “Penambahan” yang kita lakukan dan akhirnya membuat pemecahan masalah menjadi lebih baik itulah yang disebut dengan kontribusi ke pengetahuan (contribution to knowledge) (Dawson, 2009)

Susun RP-RQ-RO

Tugas Menentukan Bidang Penelitian Analisis kembali berbagai mata kuliah yang telah diajarkan, serta paper dan buku yang telah dibaca Tentukan bidang dan sub bidang (field dan subfield) penelitian yang kita tertarik untuk melakukannya Baca artikel tentang tahapan memulai penelitian utk mahasiswa galau di http://romisatriawahono.net

Tugas Menentukan Topik Penelitian Tentukan topik penelitian dari bidang penelitian Studi literatur tentang topik tersebut (state- of-the-art, research direction/challenge) dari paper journal (review paper) Rangkumkan topic penelitian yang kita pilih secara mendetail dalam bentuk mindmap dengan software XMind Ikuti artikel di http://romisatriawahono.net/2014/02/28/mind-map-untuk-memahami-topik- penelitian/

Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”

Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”

Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”

Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”

Referensi Christian W. Dawson, Project in Computing and Information System a Student Guide 2nd Edition, Addison-Wesley, 2009 Mikael Berndtsson, Jörgen Hansson, Björn Olsson, Björn Lundell, Thesis Projects - A Guide for Students in Computer Science and Information System 2nd Edition, Springer-Verlag London Limited, 2008 C.R. Kothari, Research Methodology, New Age International, 2004 David E Gray, Doing Research in the Real World Second Edition, Sage Publications, 2009 Mary Shaw, Writing Good Software Engineering Research Papers, Proceedings of the 25th International Conference on Software Engineering, 2003 Geoffrey Marczyk, David DeMatteo, David Festinger, Essentials of Research Design and Methodology, John Wiley & Sons, Inc., 2005