UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

LAPORAN KARYA INOVATIF
Pembuatan Aplikasi Pembelajaran History of Football Menggunakan Adriyanto Eka Putra, for further detail, please visit
PROPOSAL TUGAS AKHIR Sistem Informasi Penilaian
PROPOSAL PENELITIAN.
BAGAIMANA METODE PENELITIAN PADA ILMU KOMPUTER / INFORMATIKA ?
Laporan Tugas Akhir/Skripsi
Prosedur Penyusunan Skripsi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe
RANCANG BANGUN APLIKASI interactive whiteboard untuk mendukung pembelajaran menggunakan gaming controller Oleh : Andre Yusdianto
FAKTOR MANUSIA.
PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS KOMPUTER Yonathan Widyachandra Hendrakusuma for further detail, please visit
Penilaian DP3 (Studi Kasus di Direktorat Jendral Pos dan Telekomunikasi) Perancangan dan Pembuatan Sistem Penilaian Kinerja Pegawai dengan Model for further.
PRESENTASI JURNAL CLOUD COMPUTING
Merumuskan Masalah B A B 6 Perlunya Merumuskan Masalah contoh
METODE PENELITIAN ILMU KOMPUTER
METAMORFOSIS PADA HEWAN KATAK DAN KUPU-KUPU DENGAN PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG for further detail, please visit
APLIKASI LATIHAN SOAL SPMB DENGAN MICROSOFT VISUAL BASIC Marina Septiana Trisuli for further detail, please visit
OUTLINE SKRIPSI JUDUL :
Langkah-langkah Penelitian
PROGRAMMING UNTUK PENGENDALIAN JARAK JAUH DESKTOP SISTEM PERINGATAN DINI DENGAN PENGUNAAN SOCKET for further detail, please visit
Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Buku Perpustakaan STIKOM Surabaya Menggunakan Metode Fuzzy C-means Clustering. Catur Sugeng. P
UNJ MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL
VISUAL BASIC.NET 2008 APLIKASI KOLEKSI NOVEL DAN KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN for further detail, please visit
Tugas Akhir jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas TEKNOLOGI SMS PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN for further detail, please visit.
Berbasis Komputer (Studi Kasus pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH
Prosedur Standard Pelaksanaan Kolokium (KPM 497)
METODE PENULISAN ILMIAH
Rangkaian Wireless Infra Merah Untuk Penggunaan Headphone Arief Laksono Budiharjo for further detail, please visit
APLIKASI E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MOODLE PADA Mochammad Bay Sabat
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMPUTER MACROMEDIA Leony Stephanie Dima Gah for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
PROPOSAL PENELITIAN PENEMPATAN DATABASE SERVER DALAM EMBEDDED SYSTEM UNTUK EFISIENSI ENERGI MUASDA PROGRAM PASCASARJANA STMIK HANDAYANI.
BAGAIMANA METODE PENELITIAN PADA ILMU KOMPUTER / INFORMATIKA ?
Pertemuan 25 Presentasi dan Diskusi SIE
Skripsi Judul Oleh : Dosen Pembimbing : Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu.
Mempersiapkan Proposal Riset
PROYEK SISTEM INFORMASI
Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further.
PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF
“PEMBUATAN WEBSITE INFORMASI DATA NILAI MAHASISWA NURDIANTO
Pengembangan Tool Pembuat Media Pembelajaran Animatif Berbasis Gambar dan Teks Sebagai Sarana Alternatif Pengayaan Konten Multimedia Pada portal e-Learning.
BATANG-TUBUH PROPOSAL PENELITIAN
FORMAT PROPOSAL Dr. H. MUSTIKA LUKMAN ARIEF, SE. MM.
PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF dan Irfan Tri Atmojo
MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN
USULAN PENELITIAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT UNTUK POKOK BAHASAN SEGITIGA DI KELAS VII SMP PROPOSAL.
USULAN PENELITIAN SKRIPSI
Metode Penelitian Pertemuan 9
APLIKASI PENJUALAN SEPEDA MOTOR PADA CAHAYA MOTOR Sandra Apriansyah
Tugas Akhir. Jurusan Sistem Informasi, Universitas Gunadarma , 2010 "SIMULASI KOMUNIKASI DATA SISTEM JARINGAN FRAME RELAY DENGAN MENGGUNAKAN PACKET TRACER.
KONTRAK PERKULIAHAN mk. SANITASI PERUMAHAN DAN TTU
RENCANA KERJA 6 Pertemuan Ke Depan
for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI E-LEARNING INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Ullya Chaerunnisa for further detail, please visit
PENGEMBANGAN COMPUTER BASED LEARNING MENGGUNAKAN Jamhari
Reza Praditya Yudha, M.Ikom
SISTIMATIKA PROPOSAL TESIS
Loading….
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG IT MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PADA INSTITUT ILMU SOSIAL DAN MANAJEMEN STIAMI JAKARTA MAMAN SULAEMAN
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
FORMAT PROPOSAL H. MUSTIKA LUKMAN ARIEF, SE. MM. Ph.D.
PROPOSAL WRITING.
PAPER VS PROPOSAL.
Penelitian Pendahuluan Pembatasan Penelitian Dimensi Penelitian
MEMBANGUN KELAS VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN PHP, JAVA Ilham Riyadi.
Perancangan Website Universitas Sukamaju Dengan Menggunakan Moch Abdul Azis, for further detail, please visit
APLIKASI PENYEWAAN B-djocK3r`s Arena MENGUNAKAN PHP, MYSQL
Transcript presentasi:

UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA PROPOSAL PENELITIAN OPTIMALISASI PEMAKAIAN LOW-COST INTERACTIVE WHITEBOARD PADA UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA Stenley Timex 08110210005 PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA Tangerang 2011

Bab I PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah Perkembangan Teknologi Cost Percobaan Mr. Vo Tan Dung Penelitian sekelompok mahasiswa ITS Penggunaan LCIW di UMN

Perumusan Masalah Bagaimana merancang dan menggunakan low-costinteractive whiteboard dengan menggabungkan sistem yang sudah ada sehingga lebih efektif dan optimum di UMN?

Tujuan Penelitian Menghasilkan sistem low-cost interactive whiteboard yang efektif dan optimum dalam penggunaannya di UMN.

Manfaat Penelitian Digunakan sebagai sarana media pembelajaran modern di UMN bahkan di institusi pendidikan lainnya.

Bab II Tinjauan pustaka

Tinjauan Pustaka Penempatan Wiimote Wiimote diarahkan ke pusat layar dengan dengan jarak 450 dan jarak dua kali tinggi layar. Sumber: Dung,Vo Tan. 2009. ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam Smoothboard User Guide.2010.Singapore:Smoothboard Tech.

Tinjauan Pustaka Agar LCIW dapat digunakan secara luas maka diperlukan: sinyal dari pena inframerah yang cukup kuat. Wiimote ditempatkan di luar jangkauan perhatian siswa dan pengajar. Modifikasi pada Wiimote agar pairing jarak jauh dapat dilakukan. Modifikasi pada Wiimote untuk menghindari pemborosan baterai dan kesulitan dalam penggantiannya. Sumber: Dung,Vo Tan. 2009. ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam

Tinjauan Pustaka penggunaan LCIW memberikan pengaruh positif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas khususnya di Vietnam Sumber: Dung,Vo Tan. 2009. ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam

Gambar 1 : Hasil survey yang dilakukan kepada para pengajar di Vietnam Tinjauan Pustaka Gambar 1 : Hasil survey yang dilakukan kepada para pengajar di Vietnam

Gambar 2 : Hasil survey yang dilakukan kepada para siswa di Vietnam Tinjauan Pustaka Gambar 2 : Hasil survey yang dilakukan kepada para siswa di Vietnam

Gambar 3 : Hasil survey yang dilakukan kepada para teknisi di Vietnam Tinjauan Pustaka Gambar 3 : Hasil survey yang dilakukan kepada para teknisi di Vietnam

BAB III metodologi penelitian

Alat dan Bahan Alat yang diperlukan dalam penelitian ini adalah : Komputer Wii remote Bluetooth adapter Proyektor dan papan tulis

Alat dan Bahan Bahan yang diperlukan dalam penelitian ini adalah: LED inframerah (panjang gelombang 940nm) Momentary switch Baterai AA battery holder Spidol cover external button AC Power adapter Kabel Program aplikasi

Pembuatan Pena Inframerah Pena inframerah dibuat dengan menggunakan LED inframerah, momentary switch, baterai AA, battery holder, berdasarkan skema yang diberikan oleh Johnny Lee Sumber: Lee, Johnny Chung.”Low-Cost Multi-point Interactive Whiteboards Using the Wiimote”. Dalam http://johnnylee.net/projects/wii/

Penentuan Lokasi Wiimote Wiimote ditempatkan pada beberapa lokasi di dalam kelas yang paling sedikit ditemukan interferensi. Dalam penempatan yang dilakukan, kamera Wiimote tetap diarahkan ke pusat papan tulis dengan sudut 450 dan jarak dua kali tinggi papan tulis. Wiimote ditempatkan pada beberapa lokasi di dalam kelas yang paling sedikit ditemukan interferensi untuk menemukan lokasi terbaik agar tracking yang dilakukan oleh Wiimote berfungsi secara optimal. Dalam penempatan yang dilakukan, kamera Wiimote tetap diarahkan ke pusat papan tulis dengan sudut 450 dan jarak dua kali tinggi papan tulis.

Modifikasi Wiimote Menghubungkan tombol eksternal (1dan 2) dengan Wiimote. Wiimote dihubungkan dengan AC power adapter. Untuk dapat dilakukan pairing jarak jauh maka dilakukan modifikasi pada Wiimote dengan menghubungkan tombol eksternal(1dan 2) dengan Wiimote. Selain itu, untuk menghindari pemborosan baterai dan kesulitan dalam penggantiannya maka Wiimote perlu dimodifikasi dengan menghubungkan AC power adapter.

Pengujian Penggunaan LCIW Pengujian dilakukan dengan diberikannya kesempatan kepada para dosen dan mahasiswa untuk menggunakan LCIW sebagai sarana pembelajaran yang baru. Selain itu para teknisi IT juga diberikan kesempatan untuk menguji LCIW .

Pengumpulan Data Setelah pengujian yang dilakukan oleh dosen, mahasiswa, dan teknisi, maka akan dibagikan lembaran survey sebagai penilaian untuk mengetahui tingkat kepuasan dan keektifan dari penggunaan LCIW.

Analisa Data Dari data yang diperoleh akan dilakukan analisa tingkat kepuasan yang diperoleh dari dosen, mahasiswa, dan teknisi. Dari situ maka dapat diketahui apakah penggunaan LCIW di UMN sudahlah optimal atau belum.

Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian dilakukan di kampus Universitas Multimedia Nusantara, di ruangan 513. Penelitian dilakukan mulai bulan September 2011 hingga Januari 2012.

Jadwal Penelitian Bulan September Oktober November Desember Januari Minggu 1 2 3 4 Studi Literatur   Pengumpulan Alat dan Bahan Pembuatan Pena Inframerah Penentuan Lokasi Wiimote yang Optimal Modifikasi Wiimote Pengujian LCIW Pengumpulan Data Analisa Data Penulisan Skripsi

Daftar pustaka

[1] Stephen Brown. “Interactive Whiteboards in Education” [1] Stephen Brown. “Interactive Whiteboards in Education”. The TechLearn service of the JISC-funded Technologies aCentre. [2] Dung,Vo Tan. 2009. ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam [3] Smoothboard User Guide.2010.Singapore:Smoothboard Tech. [4] Lee, Johnny Chung.”Low-Cost Multi-point Interactive Whiteboards Using the Wiimote”. Dalam http://johnnylee.net/projects/wii/ Darmawan, Fariz, et. al.2010. Perancangan Interactive Whiteboard Menggunakan Aplikasi Wii Remote dengan Pendekatan High Touch Design Process. Tesis. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November. Lee, Johnny Chung .2008.”Hacking the Nintendo Wii Remote”. In IEEE Pervasive Computing, 7 (3) pp. 39-45 Lee, Johnny Chung.”Low-Cost Multi-point Interactive Whiteboards Using the Wiimote”. Dalam http://johnnylee.net/projects/wii/

TERIMA KASIH