Pengantar Content Pertemuan 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Media Presentasi Dengan Power Point
Advertisements

Kategori Desain Grafis
Bab 6 Multimedia.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
E-LEARNING, I-LEARNING DAN FUNGSI MENU PULLDOWN PADA Ms. POWER POINT
Oleh Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum. (Diagram sistem informasi Doyle, 1975) Bahan pustaka Wakil dokumen (katalog) Susunan Koleksi User Pengin- deksan.
Oleh Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
MULTIMEDIA.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
Sistem Multimedia.
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
MANFAATNYA UNTUK ANAK SD KELAS 1-4 APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN for further detail, please visit
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
APLIKASI Amdan Ardiansyah for further detail, please visit
ADD-ON Dasar HTML.
Story Board.
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
1 Pertemuan 12 Manajemen Dialog (02) Matakuliah: M0154 / Management Support Systems Tahun: 2005 Versi: 1/1.
Konsep Teknologi Informasi
Pengantar Teknologi Informasi
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Multimedia production
Pertemuan I Multimedia (Teori)
Produksi Konten Multimedia
Memahami etimologi multimedia
Fakultas Teknologi Industri JurusanTeknik Informatika
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
TOOLBOOK II INSTRUCTOR
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
MICROSOFT POWER POINT 2007 APLIKASI KOMPUTER 2.
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
Perancangan Multimedia Bertalya
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
JUDUL TA NAMA : NIM :.
konsep TEXT Anwari.,S.Sos.,M.Si diharapkan mahasiswa akan mampu :
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
Tugas Ujian Akhir (Portfolio)
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
APLIKASI PENGENALAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK ANAK BALITA Nona Putri Delviana for further detail, please visit
PENCERITAAN DIGITAL Muhammad Riska B.
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
MEMANFAATKAN DESIGN TEMPLATE
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Universitas dian nuswantoro
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Karaoke カラオケ.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Memahami etimologi multimedia
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Memahami Etimologi Multimedia
MENERAPKAN MULTIMEDIA DALAM WEB
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
LESSON 1 PENGENALAN.
Story Board.
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Pengantarmukaan Periferal Komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
for further detail, please visit
Transcript presentasi:

Pengantar Content Pertemuan 1

Tujuan Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan Data, Informasi, dan Content (C2) Mahasiswa mampu mejelaskan Content ditinjau dari sisi Format, Struktur, dan Fungsionalitas (C2)

021-6909090 Taylor Swift Mariah Carey Whitney Houston Apa itu Data? Human Character Behavior 1 Human Character Behavior 2 Human Character Behavior 3

Konsep Data Komputer adalah mesin yang digunakan untuk memproses Data. Data terdiri dari potongan/kepingan kecil informasi komputer –angka, kata, citra, suara- yang tidak begitu memiliki makna bagi manusia.

Content ≠ Data Manusia sudah terbiasa dengan Content yang diperoleh dari kanal informasi tradisional (buku, radio, TV, film). Komputer dimaksudkan untuk mengolah dan memproses Data. Bagaimana komputer dapat memberikan informasi dengan kualitas yang sudah biasa didapatkan oleh manusia?

Perkembangan Industri PC Digital media cration Image Sound Video Digital media output Color display Soundcard Video accelerator Mass removable storage CD-ROM Flashdisk Industri multimedia Komputer digunakan untuk menggantikan kanal informasi tradisional

Terminologi Informasi Informasi diartikan sebagai semua bentuk komunikasi yang terekam: Informasi Teks Suara Citra Citra bergerak File komputer Buku, artikel, berita Spreadsheet, slide presentasi Musik, percakapan, cerita Video, animasi Foto, ilustrasi

Apa itu Content? Informasi mentah akan menjadi content apabila diberikan dalam satu bentuk/format yang berguna untuk satu atau lebih maksud tertentu Nilai suatu content didasarkan atas kombinasi dari bentuk/formatnya, aplikasinya, aksesibilitasnya, kegunaannya, dan keunikannya

Format Content Storage format (file format) – format penyimpanan file dalam bentuk yang dapat dikenali oleh komputer, misal .JPG, .DOC Rendering format (display format) – format untuk menyajikan informasi, misal teks bold, italic

Kategori Format Format untuk Efek (emosional dan psikologikal) Format berdasar Metode Efek tipografi Efek layout Efek latar belakang (background) Format berdasar Lingkup (Scope) Format karakter Format paragraf Format halaman

Struktur Content Struktur adalah cara menempatkan informasi Struktur lebih penting dari format karena format mengikuti struktur

Struktur Dasar Content type - Koran Content component - Berita Element - Judul Element - Foto Elemet - Isi Element - Kontributor Content component - Iklan Element - Desain

Fungsionalitas Content Fungsionalitas adalah hal-hal yang dilakukan manusia melalui komputer (merequest atau merespon sesuatu) User interface mewakili fungsionalitas sebagai button, dialog box, menu, dan kontrol lainnya Fungsionalitas lebih mengarah ke aspek teknis pemrograman

Sekian & Terima Kasih