Sasaran Agar mahasiswa dapat:

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Soal Kuis I PSBO.
Advertisements

Pengembangan Sistem Informasi
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Web Engineering 2010 Pertemuan ke-11
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Pertemuan 7 DSS Development
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Oleh : Maria Tantri Agus Setiawan Ahmad Budi S
PEMODELAN PROSES.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Software Quality Assurance
ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PENJUALAN & PEMBELIAN Handicraft shop
TUGAS PERSENTASI RATIONAL UNIFIED PROCESS (R.U.P)
Model UML pada Rational Unified Process
Pengenalan RUP STMIK LIKMI Referensi : Schneider G., Winters, J. P., (2001); Applying Use Case, Second Edition: A Pratical Guide; Addison Wesley, USA Taryana.
PERENCANAAN PROYEK.
Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada CV PSP
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Sistem Informasi Tracer Study
Pengembangan Sistem Informasi
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
PERANCANGAN SISTEM.
Rekayasa Perangkat Lunak
UML (Unified Modelling Language)
Membangun Sistem Informasi ERP
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
PEMODELAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBYEK
Object-Oriented Analysis (OOA)
Object oriented analyst and design
MANPRO-M13: MUTU PROYEK SISTEM
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PEMODELAN PROYEK (UML)
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
PENGEMBANGAN SISTEM.
Strategi Pengadaan Sistem
PENGANTAR UML Citra N., S.Si, MT UNIKOM.
SDLC (System Development Life Cycle)
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemodelan bisnis dan use case binis
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisis dan Perancangan Sistem
Membangun Sistem Informasi ERP
Unified Modelling Languange (UML)
Membangun Sistem Informasi ERP
Pengembangan Sistem Informasi
Business Modeling By: U. Abd. Rohim, MT
Pengembangan Sistem Informasi
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
Pengujian Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Transisi Layanan Teknologi Informasi
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Metode Pengembangan Arsitektur
TIM RPL Program Studi Teknik Informatika
Transcript presentasi:

Sasaran Agar mahasiswa dapat: Memahami permasalahan dalam pengembangan perangkat lunak Memahami 6 (enam) praktik terbaik dalam pengembangan perangkat lunak Memahami penggunaan Rational Unified Process (RUP) dalam praktik pengembangan perangkat lunak

Agenda Permasalahan Pengembangan Software Praktik Terbaik Pengembangan Software Penggunaan Rational Unified Process (RUP)

Permasalahan Pengembangan Software

Permasalahan Pengembangan Software Kebutuhan pengguna dan atau bisnis tidak terpenuhi. Modul-modul tidak terintegrasi. Sulit untuk dikelola dan dipelihara. Sulit menemukan kesalahan. Kinerja rendah dibawah beban tinggi. Kurangnya koordinasi tim. Isu-isu pengembangan dan release.

Praktik Terbaik Pengembangan Software

Praktik Pengembangan Software Pengembangan iteratif. Mengelola kebutuhan. Menggunakan arsitektur komponen. Dimodelkan secara visual (UML) Verifikasi kualitas. Mengelola perubahan.

Praktik Pengembangan Software Pengembangan Iteratif Mengelola Kebutuhan Menggunakan Arsitektur Komponen Model Visual Verifikasi Kualitas Mengelola Perubahan

Praktik 1: Pengembangan Iteratif Waktu dan uang yang dihabiskan dalam mengimplementasikan suatu desain yang salah, tidak dapat dikembalikan. Keterlambatan – kesalahan desain mengakibatkan biaya membengkak dalam pelaksanaan bahkan kegagalan proyek. Riset membuktikan: 30% dari proyek s/w dibatalkan sebelum selesai. 50% dari proyek memiliki kenaikan dana 180%+.

Karakteristik Model Waterfall Menghambat penanganan resiko Mengukur kemajuan melalui kajian pekerjaan Menghambat proses integration dan testing Requirement Analysis Design Code & unit test Subsystem integration System testing time

Pengembangan Iteratif vs Waterfall Menerapkan waterfall secara iteratif terhadap pengembangan sistem Iterasi lebih awal akan menghasilkan resiko yang lebih besar di awal Setiap iterasi menghasilkan suatu executable release Setiap iterasi termasuk integration dan test. waterfall risk Risk reduction iterative time

Praktik 2: Mengelola Kebutuhan Kebutuhan adalah dinamis, artinya berubah sepanjang proses development. Mengorganisir dan mendokumentasi fungsionalitas dan batasan yang diperlukan. Mengevaluasi perubahan dan menentukan dampaknya. Memantau dan mendokumentasi keputusan. Mengelola perjanjian antara pelanggan dengan tim proyek. Kebutuhan-kebutuhan untuk memantau elemen-elemen proyek seperti Desain, Implementasi, QA, testing, manajemen proyek, dan lain-lain.

Langkah Pengelolaan Kebutuhan Menganalisis permasalahan. Mengetahui kebutuhan pengguna. Mendefinisikan sistem. Menentukan lingkup. Memperbaiki definisi sistem. Membangun sistem yang benar.

Praktik 3: Menggunakan arsitektur komponen Dasar untuk melakukan penggunaan kembali Penggunaan kembali komponen. Penggunaan kembali arsitektur. Dasar untuk manajemen proyek Perencanaan Staffing Delivery Kontrol intelektual Mengelola kompleksitas Mengelola integritas

Praktik 4: Dimodelkan secara visual (UML) Mengapa perlu pemodelan visual? Mengakomodasi struktur dan behavior. Menunjukkan bagaimana elemen-elemen sistem saling bersesuaian. Menjaga desain dan implementasi tetap konsisten. Menyembunyikan atau memunculkan detil bila perlu. Meningkatkan komunikasi. Jawabannya : UML

Pemodelan Visual dengan UML Use case diagram Sequence diagram Class diagram Object diagram Collaboration diagram Model Component diagram StateChart diagram Activity diagram Deployment diagram

Pemodelan Visual dengan UML Use-case diagram Statechart diagram Class diagram Use Case 1 GrpFile read( ) open( ) create( ) fillFile( ) rep Repository name : char * = 0 readDoc( ) readFile( ) (from Persistence) FileMgr fetchDoc( ) sortByName( ) DocumentList add( ) delete( ) Document name : int docid : int numField : int get( ) close( ) sortFileList( ) fillDocument( ) fList 1 FileList File read() fill the code.. Actor A Actor B Use Case 2 Use Case 3 Deployment diagram Collaboration diagram 9: sortByName ( ) Document FileManager GraphicFile File Repository DocumentList FileList mainWnd : MainWnd Window95 Windows95 1: Doc view request ( ) Windows95 L 2: fetchDoc( ) 4: create ( ) gFile : GrpFile ¹®¼­°ü¸® Ŭ¶óÀ̾ðÆ®.EXE ¹®¼­°ü¸® ¾ÖÇø´ 8: fillFile ( ) Windows user : Clerk NT Solaris fileMgr : FileMgr 3: create ( ) ¹®¼­°ü¸® ¿£Áø.EXE 6: fillDocument ( ) Alpha Windows UNIX NT ÀÀ¿ë¼­¹ö.EXE 5: readDoc ( ) 7: readFile ( ) Mainframe IBM repository : Repository document : Document µ¥ÀÌŸº£À̽º¼­¹ö Component diagram mainWnd fileMgr : user FileMgr document : Document gFile repository Target System »ç¿ëÀÚ°¡ ¿äûÇÑ´Ù. ƯÁ¤¹®¼­¿¡ ´ëÇÑ º¸±â¸¦ 1: Doc view request ( ) 2: fetchDoc( ) 3: create ( ) 4: create ( ) 5: readDoc ( ) È­ÀÏ°ü¸®ÀÚ´Â Àоî¿Â °´Ã¼¿¡ ¼³Á¤À» ¿äûÇÑ´Ù. ¹®¼­ÀÇ Á¤º¸¸¦ ÇØ´ç ¹®¼­ 6: fillDocument ( ) Forward and Reverse Engineering 7: readFile ( ) 8: fillFile ( ) Á¤·ÄÀ» ½ÃÄÑ È­¸é¿¡ º¸¿©ÁØ´Ù. °´Ã¼µé¿¡ ´ëÇØ À̸§º°·Î È­¸é °´Ã¼´Â ÀоîµéÀÎ 9: sortByName ( ) Sequence diagram

Praktik 5: Verifikasi Kualitas Permasahan s/w 100 – 1000 kali lebih mahal untuk ditemukan dan diperbaiki sesudah diimplementasikan Biaya perbaikan s/w Biaya kehilangan peluang Biaya kehilangan pelanggan cost inception elaboration construction transition

Bagaimana Melakukan Verifikasi Kualitas? Uji untuk skenario utama. Uji seluruh dimensi kualitas s/w: Fungsionalitas Reliabilitas Kinerja Otomasi mengurangi waktu dan upaya pengujian. Uji tiap iterasi.

Praktik 6: Mengelola Perubahan Change request management (CRM) Configuration status reporting. Configuration management.(CM) Change tracking. Version selection. Software manufacture.

Pengenalan Rational Unified Process (RUP)

Apakah artinya Proses? “Suatu Proses didefinisikan Siapa melakukan Apa, Kapan dan Bagaimana untuk meraih sasaran tertentu” Memberikan panduan demi pengembangan software yang lebih efisien. Mengurangi resiko dan meningkatkan kepastian. Meningkatkan visi dan budaya bersama. Menerapkan Best Practices.

Tahap Siklus RUP Insepsi (Inception). Elaborasi (Elaboration). Konstruksi (Construction). Transisi (Transition). Inception Elaboration Construction Transition time

Tahap Siklus RUP Insepsi (Inception): mendefinisikan lingkup dari proyek. Elaborasi (Elaboration): perencanaan proyek, spesifikasi fitur, arsitektur dasar. Konstruksi (Construction): membangun produk. Transisi (Transition): transisi produk ke komunitas pengguna akhir.

Milestones pada Tahap Siklus RUP Inception Elaboration Construction Transition time Lifecycle Objective Milestone Architecture Initial Operational Capability Product Release

Iterasi dan Tahapan Iterasi adalah suatu urutan aktivitas berdasarkan pada rencana dan kriteria evaluasi yang telah ditetapkan, menghasilkan executable release (internal atau eksternal). Preliminary Iteration Architect. Devel. Transition Inception Elaboration Construction Minor Milestones: Releases

Model Alur Kerja (Workflow)

Iterasi dan Tahapan dalam RUP Dalam iteration, kita berjalan melewati workflows Workflows aktivitas kelompok lokal

Notasi RUP Peran yang dimainkan oleh individu atau tim dalam organisasi Satuan pekerjaan yang dilakukan Actor Activity Actor Describe a Use-Case Use Case Specifier Potongan informasi yang dihasilkan, dimodifikasi, atau digunakan di proses responsible for Artifact Use-Case Package Use Case

Actor Melakukan Aktivitas dan Menghasilkan Artifact Example- Workflow Detail: Define the System

Mencetak Tim Kinerja Tinggi Performance Engineer Developer Analyst Project Manager Tester Release Best Practices Team-Based Best Practices Effective Software Process Team Success + =

Tugas Rekayasa perangkat lunak Object Oriented (OO) saat ini secara cepat telah menggantikan pendekatan pengembangan yang konvensional. Seperti halnya teknologi lain, OO memiliki sisi buruk. Menggunakan internet maupun sumber lain, tuliskan paper singkat mengenai kritik Anda terhadap OO dan mengapa kita harus berhati-hati dalam menerapkan OO.

SELESAI