Function.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lingkup Variabel Kelas Penyimpanan Rekursi
Advertisements

Bab 4 Percabangan.
Fungsi (lanjutan) Pertemuan ke-9 Bahasa C.
Ilustrasi keberadaan fungsi dalam sebuah program:
Pertemuan 2 – Manipulasi String PEMINATAN PROGRAMMING & DESAIN GRAFIS SMAK ST. LOUIS 2 SURABAYA POWERED BY PUEDE EDUCATION.
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
Komentar, Identifier dan Tipe Data
Pemrograman Berorientasi Objek Bab 1 – Pemrograman Terstruktur.
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
Algoritma dan Struktur Data
2. Introduction to Algorithm and Programming
FUNCTION / FUNGSI.
Review-Dasar Pemrograman Komputer
Fungsi Lecture 7. Motivation Complexity of programming problem  more difficult to consider the solution as a whole  clue: dividing the problem into.
Person 12: Korinus gefilem Muh.eka.paputungan :Dosen: Ir. Hassanudin sirait,MT Person 12: Korinus gefilem Muh.eka.paputungan :Dosen: Ir. Hassanudin sirait,MT.
OPERATOR OVERLOADING The ability to provide the operators with a special meaning for a data type but its original meaning is not lost. Example: Operator.
Function(2).
Struktur data selain array : Structure, Union, Enumeration
Analytical Exposition
Bab 5 Pengulangan.
Review :: Kisi-kisi UTS ::
Struktur Data Ali Mustopa, S.KOM.
Class.
Pointer Memory Dinamic.
Pertemuan 22 POINTER Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
Fungsi Fungsi.
Function User Function.
Class and Object Introduction Specifying a Class Defining Member Function A C++ Program with Class Nesting of Member Functions Private Member Functions.
Scope Variable *dalam fungsi Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Variabel, Type, Konstanta Ekspresi dan Assignment KU-1072: P T I - B.
Fungsi Fungsi (Sub Program) :
Refresh C++ Bahasa C dibuat pada tahun 1978 untuk Sistem Operasi Unix oleh Bell Labs (Ken Thompson dan Dennis M. Ritchie). –Buku The C Programming Language.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom.
1 Pertemuan 2 Function & Pointer Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Teknik Pemrog. Terstuktur 2
1. Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu :  Mendemonstrasikan penggunaan fungsi serta pengiriman parameter 2.
METHOD, ARRAY DAN STRING
POINTER Bag.2 Pertemuan 22 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
Fungsi, Array dan String
PERSON 20 TUGAS PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR C++ CHERIA LOUPATTY MANAJEMEN INFORMATIKA STMIK / AMIK PARNA RAYA MANADO.
Fungsi dan Prosedur.
Prosedur dan Fungsi Triana Elizabeth, S.Kom.
EXPOSITION TEXT Exposition Text:
OPERATOR DAN FUNGSI MATEMATIK. Operator  Assignment operator Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda.
Pemrograman Berbasis Objek Johannes Simatupang, MKom, Cobit5 NIDN : Pertemuan-4 Versi
MIKROKONTROLLER 1 SESI 4 BASIC C.
Prosedur dan fungsi By Serdiwansyah N. A..
Prosedur dalam C++.
Inheritance (2).
Person 8.
Algoritme dan Pemrograman
Remainder Senin depan mulai UTS Praktikum
Latihan #0 Dengan menggunakan pernyataan looping WHILE dan jumlah instruksi sesedikit mungkin, tuliskan cuplikan program (bukan program lengkap, hanya.
Algoritme dan Pemrograman
Person 9.
Method (Metode).
Class.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PERBEDAAN C DAN C++ Meriska Defriani, S
Implementasi Proc and Func
Parameter Ketika procedure atau function dipanggil, kita dapat melewatkan suatu nilai ke dalam function atau procedure tersebut. Nilai yang dilewatkan.
ACCUMULATION PROBLEMS
Teknik Pemrog. Terstuktur 2
PERTEMUAN V F U N G S I Tujuan membuat suatu fungsi
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
INTERROGATIVE ADJECTIVE. DEFINITION FUNCTION EXAMPLE QUESTION.
Al Muizzuddin F Matematika Ekonomi Lanjutan 2013
Transcript presentasi:

Function

Gambaran fungsi OUTPUT INPUT FUNCTION Argumen/Parameter Return value Parameter dan return value sifatnya opsional, bisa ada, bisa pula tidak ada.

What is a function? The function is one of the most basic things to understand in C programming. A function is a sub-unit of a program which performs a specific task. We have already (without knowing it) seen one function from the C library – printf. We need to learn to write our own functions. Functions take arguments (variables) and may return an argument. Think of a function as extending the C language to a new task. Or perhaps variables are NOUNS functions are VERBS.

An example function Prototype(declaration) the function Call the function, i dan j sebagai input function header Function definition Argumen / Parameter Return value type : menandakan tipe data yang di-return oleh fungsi tsb

Mengenai Prototype fungsi Prototype fungsi harus dituliskan dalam source code jika penulisan fungsi ada di bawah fungsi lain yang memanggil fungsi tsb Tidak wajib dituliskan jika penulisan fungsi itu di atas fungsi lain yg memanggil fungsi tsb

What are these prototype things? A prototype tells your C program what to expect from a function - what arguments it takes (if any) and what it returns (if any) Prototypes should go before main() #include finds the prototypes for library functions (e.g. printf) A function MUST return the variable type we say that it does in the prototype.

Variabel lokal dan global // function example #include <iostream> using namespace std; int z; int subtraction (int a, int b) { int r; r=a-b; return (r); } int main () { int x=5, y=3; z = subtraction (7,2); cout << "The result is " << z << '\n'; return 0; Variabel global Variabel lokal

Variabel lokal dan global Variabel global akan tetap dialokasikan di memori selama program masih berjalan Variabel lokal hanya dialokasikan di memori ketika fungsi dijalankan Ketika suatu fungsi selesai dieksekusi, variable lokal di dalamnya akan dihancurkan (destroyed)  dihapus dari memori Jadi penggunaan var lokal lebih hemat memori

Argumen/Parameter #include <iostream> Merupakan input suatu fungsi Nilai suatu variabel yang dijadikan argumen tidak akan berubah walaupun fungsi berusaha merubahnya. Contoh: #include <iostream> using namespace std; int addition (int a, int b) { int r; r=a+b; a=a+2; //kita coba ubah argumen 1(a) dengan menambahnya dengan 2 return (r); } int main () { int z,in1=5,in2=3; z = addition (in1,in2); //kita cek input 1 sebelum eksekusi fungsi cout << “input 1 sebelum eksekusi fungsi : “<<in1; //kita cek input 1(in1) apakah berubah atau tidak cout << “input 1 setelah eksekusi fungsi : “<<in1; cout << "The result is " << z; return 0;

Argumen output Argumen sebenarnya juga bisa dijadikan output suatu fungsi (akan dijelaskan pada materi yg akan datang)

Fungsi dengan argumen berupa array / pointer Contoh 1: argumen berupa array, input berupa array //fungsi untuk menghitung rerata 10 data int rerata(int data1[10]) { int i,sum=0; for(i=0;i<10;i++) sum=sum+data1[i]; return sum/10; } //rutin main untuk memangil main( ) { int data2[10]={1,3,4,5,6,5,7,6,2,8};//data yang akan dijadikan input fungsi ‘rerata’ int rata2; rata2=rerata(data2); …. Tipe dan ukuran harus sama

Fungsi dengan argumen berupa array / pointer Contoh 2: argumen berupa pointer, input berupa array //fungsi untuk menghitung rerata 10 data, argumen bertipe pointer to int int rerata(int *data1) { int i,sum=0; for(i=0;i<10;i++) { sum=sum+*data1; data1++ } return sum/10; //rutin main untuk memangil main( ) { int data2[10]={1,3,4,5,6,5,7,6,2,8};//data yang akan dijadikan input fungsi ‘rerata’ int rata2; rata2=rerata(data2); //fungsi dengan argumen berupa pointer bisa diberi input berupa array . . .

void functions A function doesn't have to take or return arguments. We prototype such a function using void. Prototype (at top of file remember) Function takes and returns void (no arguments) Another prototype void odd_or_even (int); Function which takes one int arguments and returns none

Functions can access other functions Once you have written a function, it can be accessed from other functions. We can therefore build more complex functions from simpler functions

Notes about functions A function can take any number of arguments mixed in any way. A function can return at most one argument. When we return from a function, the values of the argument HAVE NOT CHANGED. We can declare variables within a function just like we can within main() - these variables will be deleted when we return from the function

Where do functions go in the program Generally speaking it doesn't matter too much. main() is a function just like any other (you could even call it from other functions if you wanted. It is common to make main() the first function in your code. Functions must be entirely separate from each other. Prototypes must come before functions are used. A usual order is: Prototypes THEN main THEN other functions.