 Atau disebut dengan M-Commerce dan M- business  Pada dasarnya merupakan segala kegiatan e- commerce dan e-bisnis yang dilakukan di lingkungan wireless,

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
IT , Jaringan & Komunikasi Data
Advertisements

Jaringan Nirkabel (pertemuan 4) Wireless LAN dan WAN oleh Razief Perucha F.A Prodi Informatika Jurusan Informatika – FMIPA Universitas Syiah Kuala,
Teknologi Komunikasi Bergerak
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Dasar-dasar Internet dan Intranet
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet / Intranet
FUNGSI DAN LAYANAN INTERNET
© PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ®  Jaringan Komputer & Internet.
Tri Widodo Referensi.  Tele (jauh), comunication (komunikasi)  Telekomunikasi, bentuk komunikasi jarak jauh untuk mengirim pesan dari suatu tempat.
MOBILE - Teknologi Mengubah Pola kehidupan : Berburu, bertani, industri, informasi menciptakan teknologi dengan maksud meningkatkan.
Tugas Presentasi PTIK Kelas 13
MODEM DAN JARINGAN.
APLIKASI TEKNOLOGI W-LAN
Mobile Ip dan Wireless Application Protocol
Mobile, Wireless and Pervasive Computing
KONSEP W-LAN.
Pengenalan Teknologi Wireless
Evolusi Teknologi Selular
Enhanced Data Rates for GSM Evolution
ALTERNATIF JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Titik Akses Nirkabel.
Jaringan Komputer Penilaian Badiyanto, S.Kom., M.Kom. UTS : 30 %
Komputasi bergerak, Nirkabel, dan Pervasif
Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Telekomunikasi & Jaringan
Telekomunikasi, Jaringan dan Internet
TIK KELAS 9 SEMESTER Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet.
Living in a Digital World Discovering Computers 2010.
ASALAMUALAIKUM WR.WB Nama : Faisal Falah Kelas : IX A No abs : 10
MATERI 4 PENGENALAN MODEM
Cara Kerja Host dan ISP Internet
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11.
Modul 2 : Teknologi Informasi
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Telekomunikasi & Jaringan
KONEKSI INTERNET SERVER 3 SERVER 4 SERVER 1 SERVER 2 Client SERVER 5.
Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi (Wireline, Wireless, Modem dan Satelit) Kelas/ Semester : X / 1.
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Telekomunikasi & Jaringan
Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi
TELECOMMUNICATIONS & NETWORKS
Pengantarmukaan Periferal Komputer
JARINGAN KOMPUTER TEKNIK INFORMATIKA.
Tipe Sistem Mobile Computing
MATERI 11 PENGENALAN MODEM
Dasar-dasar Telekomunikasi
Mobile Computing Dan Aplikasinya
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
3.NURHANISA MARDIANSYAH
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. KECEPATAN AKSES INTERNET
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Telekomunikasi & Jaringan
Perangkat keras untuk mengakses internet
APA DAN MENGAPA…? Standar Kompetensi :
Jaringan dan Komunikasi
Telekomunikasi & Jaringan
INFRASTUKTUR MOBILE Mengerti infrastruktur mobile membuat anda akan mengembangkan aplikasi yang lengkap dan untuk membuat keputusan yang lebih tentang.
Kelompok 2 GPRS Oleh : Made Artana /
Konsep E-Business Oleh : Citra Fathia STIKOM AMBON.
Asep Nasrudin, ST. Jaringan Dasar Teknologi Jaringan Komputer.
Bab VI. Telekomunikasi dan Jaringan
MOBILE COMPUTING.
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Komunikasi Data & Jaringan Komputer
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Transcript presentasi:

 Atau disebut dengan M-Commerce dan M- business  Pada dasarnya merupakan segala kegiatan e- commerce dan e-bisnis yang dilakukan di lingkungan wireless, khususnya via internet  Seperti aplikasi EC lain, M-Commerce dapat digunakan melalui internet, jalur komunikasi khusus, atau infrastruktur lainnya

M-Commerce meliputi: - 1G : generasi pertama dari teknologi wireless (tanpa kabel). Merupakan teknologi berbasis analog yang digunakan sekitar tahun G : generasi kedua dari teknologi wireless digital. Pada perkembangannya 2G berbasis teknologi radio digital dan fasilitas teks - 2.5G : teknologi yang berbasis GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data GSM Environment) yang dapat memfasilitasi sejumlah grafik yg terbatas - 3G : Teknologi wireless digital generasi ketiga, yang akan mendukung banyak jenis media seperti video klip. Dimulai tahun 2001 di Jepang, dan menjangkau Eropa pada thn 2002, dan diharapkan menjangkau US pada G : Generasi yang diharapkan ada setelah 3G, yang akan menghasilkan tampilan multimedia yang lebih cepat dan diperkirakan ada pada

- Global Positioning System (GPS) : adalah sistem pelacak berbasis satelit yang memungkinkan penentuan/pencarian lokasi dari alat GPS - Personal Digital Assistant (PDA) : Komputer portable kecil. Cth: Palm, Handspring, dan Pocket PC - Short Message Service : Teknologi yang memungkinkan pengiriman pesan singkat pada telepon. Data dikirim melalui sumber radio dan diterima di jaringan selular untuk ditempatkan pada alat-alat penerima data di Handphone. - Enhanced Messaging Service : tambahan dari SMS yang memungkinkan pengiriman animasi yg kecil, gambar kecil, dan audio yg singkat - Multimedia Messaging Service (MMS) : dapat mengirimkan pesan media yang besar. - Wireless Application Protocol (WAP) : teknologi browsing internet melalui peralatan wireless - Smartphones : HP berinternet yang memfasilitasi banyak aplikasi dalam sebuah Handphone, termasuk WAP.

Karakteristik M-Commerce: 1. Mobility Fakta bahwa ponsel itu portabel dan user selalu membawa ponsel atau sejenisnya kemanapun mereka pergi. Sehingga user dapat melakukan kontak secara langsung dengan aktivitas perdagangan dan sistem lainnya dimanapun. 2. Broad Reach Dengan M-commerce, seseorang dapat dihubungi kapan saja secara langsung pada saat mereka menggunakan ponsel

M-Commerce Mobility Reachability Value-Added Attributes Product and service localization Product personalization Ubiquity enhancement Instant Connectivity Convenience Characteristics

M-Commerce juga memiliki nilai tambah atau keunggulan, diantaranya : a. Ubiquity – ada dimanapun b. Convenience – kenyamanan c. Instant Connectivity – Koneksi internet mudah d. Personalization – personalisasi data e. Localization of Products and Services – menggunakan GPS utk mengetahui lokasi

1. Telepon Selular (ponsel) 2. Keyboard 3. PDA 4. Interactive Pagers 5. Screenphones 6. handhelds 7. Other devices

a. Microbrowser  SW untuk mengakses situs via internet wireless b. Mobile-client OS  Sistem Operasiyang ada pada ponsel (Windows, PalmOS, Pocket PC, EPOC, dll) c. Bluetooth  Wireless Personal Area Network (WPAN) yang memungkinkan komunikasi antara banyak peralatan wireless. Diperoleh dengan menempatkan chip radio dan software khusus ke dalam ponsel d. Antarmuka Aplikasi Ponsel e. Software aplikasi server f. Aplikasi Middleware  menghubungkan ke server g. Wireless Application Protocol (WAP) h. Wireless Mark-up Language i. Voice XML  jenis XML yang mengatur suara

PDA Mobile Phone Communication Tower Mobile (WAP) Gateway Commerce Server Internet

Mobile Banking Sistem Pembayaran Elektronik Tanpa Kabel Micropayments Wireless Wallets Pembayaran Tagihan

Dukungan Pekerja yang selalu mobile semakin banyak pekerja yang menggunakan komputer yg portable Customer Support Penyediaan layanan pelanggan (CRM) Aplikasi Intrabisnis Non-Internet Aplikasi Intrabisnis Berbasis Internet

 Komputasi mobile. Didesain untuk pekerja yang melakukan perjalanan di luar batas organisasinya atau bagi setiap orang yang melakukan perjalanan keluar rumah.  Peralatan mobile. Komputer yang mudah dibawa, mulai dari laptop hinga PDA dan peralatan portebel lainya.  Komputasi mobile nirkabel. Memungkinkan koneksi langsung antara peralatan mobile dan lingkungan komputasi lainnya,seperti Internet atau Intranet.

 e-commerce atau e-business yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel, khususnya melalui Internet  Personal Digital Assistant (PDA): Komputer kecil yang bisa di genggam.  Short Messaging Service (SMS): Teknologi yang memungkinkan pengiriman pesan teks pendek pada telepon seluler yang terhubung dengan Internet.  Global Positioning System (GPS): Sistem pelacakan berbasis satelit yang memungkinkan pnentuan lokasi peralatan GPS.  Bluetooth: Teknologi Chip yang memungkinkan koneksi jangka pendek (data dan suara) antara peralatan mobile.  Wireless Application Protocol ( WAP): Serangkaian protokol komunikasi yang di desain untuk memungkinkan berbagai jenis peralatan nirkabel untuk menghubugi server yang di instalasi kejaringan mobile, agar pengguna dapat mengakses Internet.  Smartphone: Telepon seluler yang terhubung dengan Internet yang dapat mendukung aplikasi mobile.

 Mobilitas berarti portabilitas : pengguna membawa peralatan mobile dan dapat melakukan kontak langsung dengan sistem yang lain darimana saja yang memiliki koneksi Internet.  Jangkauan yang luas : Orang-orang dapat di jangkau kapan saja ketika membawa peralatan mobile yang terbuka Kedua karakterristik tersebut menciptakan 5 atribut yang bernilai tambah dapat menghilangkan batas geografi dan waktu : adalah ubikuitas, kenyamanan, konektivitas instan, personafikasi, dan lokalisasi produk serta layanan.

 Ubikuitas : Terminal mobile dapat memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi secara langsung, tidak bergantung pada lokasi pengguna.  Kenyamanan dan konektivitas instan : Dengan peralatan mobile yang bisa mengakses internet, akses Web, intranet, dan peralan mobile lainya menjadi mudah dan cepat tanpa harus menghidupkan PC atau menelepon melalui modem.  Personalisasi : Informasi dapat di sesuaikan dan dapat dikirim ke masing-masing pelangan dalam SMS.  Lokalisasi : dengan mengetahui dimana lokasi pengguna secara fisik pada waktu tertentu adalah kunci untuk menawarkan iklan yang relevan dari produk dan layanan.

 Meluasnya ketersediaan peralatan mobile.  Tidak perlu PC.  Budaya telepon Seluler.  Pemasaran Vendor.  Penurunan harga dan peningkatan fungsionalitas.  Perbaikan Bandwidth.

 LAN nirkabel : Digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui gelombang udara.  Poin akses nirkabel : Antene yang menghubungkan peralatan mobile (laptop atau PDA) ke LAN ber kabel.  Hotspot : Keliling daerah geografis yang kecil di mana poin akses nirkabel menyediakan menyediakan layanan bagi sejumlah pengguna.  b: Standar teknis, yang di kembangkan oleh IEEE, di mana kebanyakan dari WLAN yang mengunakan standar ini memiliki kecepatan komunikasi 11 mbps.  (Wi-Fi): Nama lain untuk standar 802,11b di mana kebanyakan WLAN berjalan.

 Layanan hotel menjadi Nirkabel.  Layanan Café dengan nirkabel  Telemedis Nirkabel.  Portal Mobile.

 Akses internet bagi tamu hotel, baik yang berada dikamar maupun yang berada di lobi hotel

 Tamu di café dapat berlama-lama duduk sambil minum juga dapat mengakases internet dengan PDA/laptop dan sejenisnya

 Ada 2 jenis teknologi yang digunakan: 1. Penyimpanan data dan pengiriman gambar digital dari satu lokasi ke lokasi lainnya 2. Konverensi video untuk konsultasi langsung antara pasien disatu lokasi dengan ahli medis dilokasi lainnya. (WI-MAX)

Saluran interaksi pengguna yang mengumpul kan isi dan layanan untuk pengguna mobile

 Perbankan mobile  Sistem pembayaran elektronik nirkabel  Pembayaran mikro  Dompet mobile nirkabel (m-Wallet)

 Belanja dengan peralatan nirkabel  Periklanan berbasis lokasi

 Dapat digunakan untuk mendukung bagi pekerja mobile, yang dapat dilekatkan keseluruh bagian badan pekerja, seperti karyawan sevis gedung, tiang lsitrik dan telepon.

 Monitor  Kamera  Tampilan penel sentuh  Keyboard  Pnerjemah wicara

 Komputasi pervasif disebut juga komputasi ubikuitas, komputasi melekat atau komputasi augmentatif  Komputasi pervasif : Komputasi di mana-mana yang tak tampak yang dilekatkan pada objek disekitar kita  (RFID) radio frequency identification. Teknologi yang menggunakan gelombang radio yg secara otomatis mengidentifikasi lokasi barang tertentu yg dilengkapi dengan label RFID

 Kesadaran konteks. Penangkapan jangkauan yang luas dari atribut kontekstual untuk dapat lebih baik dalam memahami kebutuhan konsumen dan produk atau layanan yang mungkin menarik bagi mereka.  Komputasi kontekstual. Adaptasi aktif dari lingkungan kontekstual untuk setiap pengguna disetiap titik/poin komputasi