Agama : Seperangkat nilai atau aturan yang mengikat para pengikutnya untuk menyembah Tuhan dan berbakti kepada-Nya demi mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dosen : Ravianty Dony, Psikolog
Advertisements

Assalamualaikum Wr. Wb Psikologi Agama.
I. PENGUKURAN DAN VEKTOR
HAKEKAT MANUSIA Fenomena logis 1. Manusia sejak lahir merdeka
“UCAPAN BAHAGIA” Matius 5 :
FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT
RUANG LINGKUP FILSAFAT ILMU
GEREJA YANG BERTUMBUH DI TENGAH PLURALITAS
PARADIGMA PSIKOLOGI ISLAMI
FASE-FASE PENGEMBANGAN PSIKOLOGI ISLAMI
POLA-POLA PENGEMBANGAN PSIKOLOGI ISLAMI
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
4. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan (Blessed are those who hunger and thirst for righteousness, for.
Keterpaduan Islam dan Iptek
Kerangka Dasar Ajaran Islam
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
TEORI SELF - ROGERS E.M AGUS SUBEKTI, Drs, M.Kes, M.Psi, Psi
NILAI FILOSOFIS SILA I.
Disusun oleh : Dr. Erna Karim
Problematika Umat Islam
HISTORISITAS/SEJARAH HUBUNGAN AGAMA DAN SAINS: Sebuah Pengantar
FILSAFAT MANUSIA ESENSI MANUSIA.
Malapetaka Pertama - Lima
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Keperawatan Lintas Budaya
 Farros  Asti  Rara  Yesi  Dzikria  Hanna. Perkembangan paradigma Psikologi Islami selama hampir dua dekade di Indonesia menunjukkan dinamika keilmuwan.
Memahami Mengetahui Mengenal MAN Menguasai Mendalami Menjiwai Menghayati Merenungi HATI AKAL NAFSU PENGET ILMU HIKMAH KE BU DA YA AN REALITAREALITA.
Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian ( )
WORKSHOP “RESEARCH DENGAN METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF”
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
LOKAKARYA EKUMENIS PEMUDA GKI 2016
KEMATIAN.
Filsafat Sosiologi Komunikasi
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI
Postmodernisme dan Dekonstruksi Kebudayaan
OLEH : RIYAN FANANI ANGGANU PERMADI NIM IKOR 2017C
Pertemuan 1: ETIKA Ignatius W. Hadisumarto PMBS – BSD, 2013
Integrasi-Interkoneksi Antara Ilmu dan Agama
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
FILSAFAT MANUSIA ESENSI MANUSIA.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Abraham Maslow Devi Ari, M.si
Dra. Rita Christina Maukar, M.Div
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TEOLOGI PLURALISME Oleh: Hadi Santoso ( )
FILSAFAT PENDIDIKAN.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
FENOMENA KOMUNIKASI DALAM PRESPEKTIF EPISTEMOLOGIS
Fenomenologi Agama Ferly David, M.Si..
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
Agama Etimologi: Agama berasal dari bahasa sankskerta. [a = tidak; gama = kacau] artinya tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai.
NARKOBA, SEKS BEBAS, HIV/AIDS DAN GENERASI BANGSA
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
Perkembangan Ilmu Perbintangan
PERTENTANGAN KOSMIS Lesson 1 for April 7, 2018.
ASSALAMUALAIKUM.
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian ( )
Terjemahan Surah Al-Kaafirun Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
IKLIM KOMUNIKASI : Dasar Hubungan Personal
John Broades Watson dilahirkan di Greenville pada tanggal 9 Januari 1878 dan wafat di New York City pada tanggal 25 September 1958.Ia mempelajari ilmu.
Transcript presentasi:

Agama : Seperangkat nilai atau aturan yang mengikat para pengikutnya untuk menyembah Tuhan dan berbakti kepada-Nya demi mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hidup Ilmu pengetahuan : Sekumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis, objektif dan empiris yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala pada hal tersebut (untuk meningkatkan kesejahteraan manusia)

Hubungan Agama & Ilmu Pengetahuan ?

Kasus Galileo Galilei (abad 17) “Bumi beredar mengelilingi matahari (heliosentris) berseberangan pandangan dengan kaum gereja --- penjara & disiksa Kasus Aristoteles “Bentuk bumi itu bulat bukan datar” Kasus Kerasukan setan “Wanita hamil yang mengalami depresi berat dikira kerasukan setan ---disembuhkan oleh kaum agamawan (intervensi spiritual hanya untuk penyakit aneh --- penderitaan) Agama : Ritual & Mistik Sains : Rasional & Empirik

AGAMA & ILMU PENGETAHUAN Hubungan antara sains & agama : - Konflik - Kontrak - Kontak - Konfirmasi (John F. Haught : Georgetown USA) Charles Tart “Begitu banyak diantara kita yang kaya, tetapi masih juga tidak puas”. Ada kehausan spiritual di tengah modernitas dan kemajuan sains. Orang-orang ini menderita “existensial neurosis”.

William James : Penyebab pertama yang mendasari semua penyakit kelemahan dan depresi adalah perasaan manusia terpisah dari energi Ilahi yaitu Tuhan (spiritual)

Agama & Sains : fenomena terdekat dalam kehidupan manusia Agama sebagai : - Sumber & etika ilmu - Justifikasi & hipotesa ilmu - Motivasi pencarian kebenaran Ilmu sebagai : - Alat memenuhi kebutuhan hidup - Alat menyempurnakan ketaatan - Alat mengenal Tuhannya

Gerakan Islamisasi Sains - Pandangan tentang sains yang sekuler - Keyakinan tentang Islam yang sempurna & universal Pasang surut perkembangan ilmu menurut dunia Islam : - Berkembang atas motivasi nilai Islam - Menghilangkan jati diri umat Islam - Tersadar untuk kembali kepada Islam Al-Faruqi Vs Sardar Ismail Raji Al Faruqi Vs Ziauddin Sardar

Psikoanalisa Nilai-nilai tinggi dalam kehidupan ini hanyalah topeng untuk menutupi kebutuhan naluriah yang rendah dan bersifat nihilistik Behavioristik Manusia adalah produk lingkungan sebagai hasil stimulus-respon dan menolak pengalaman subyktif Humanistik Sains menjadi busuk ketika mencampakkan nilai, karena sains yang netral nilai akan digunakan siapapun untuk tujuan apapun. Manusia adalah produk dan resultan dari kerinduan untuk mengaktualisasikan diri

Eksistensialis - Perilaku manusia buah refleksi pengalaman subyektifnya terhadap dunia dan diri sendiri - Agama adalah fenomena noologis yang tidak akan tertangkap psikologi. Secara fitrah ada “religious sense” yang tertanam dalam “uncounscious depth”. Psikologi Transpersonal Manusia bergerak dari tahap prapersonal, personal & transpersonal

Postmodernisme - Sains menolak keabsahan agama - Agama menolak sains - Sains hanyalah satu cara mengetahui suatu yang absah - Sains menawarkan “plausibility arguments” tentang eksistensi ruh sebagai variasi pluralisme epistimologis - Sains bukanlah pengetahuan tentang dunia tetapi hanyalah penafsiran tentang dunia

Kriterium yang diusulkan : 1. Penghapusan wacana tunggal 2. Dari universalitas ke refleksi kontekstual 3. Marjinalisasi metode 4. Mengusung kritik kultural Bentuk interaksi Psikologi & Agama 1. Kritis – evaluatif 2. Konstruktif 3. Dialogis dan dialektika