MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Advertisements

HAKEKAT KODRAT MANUSIA
MASALAH KEBUDAYAAN.
Created by : Dewi Mulyasari F, S.Pd NIP
PENDIDIKAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA DAN TEKNOLOGI
MATERI/BAHAN MATA KULIAH
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA Oleh: ANTON BUDIARTO, S.H., M.H.
Pendahuluan Wawasan Budi Luhur
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
Aksiologi Dalam Ilmu Pendidikan
Filsafat Pancasila.
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
Manusia memiliki kemampuan :
PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA
1 Manusia dan Kebudayaan Pengertian Perwujudan Kebudayaan
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
FILSAFAT NILAI Filasafat nilai mempelajari estetika dan etika yang berhubungan dengan eksistensi manusia secara fisik dan nonfiksik Etika standar ukurannya.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM NILAI
ETIKA DAN ESTETIKA BERBUDAYA
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
TUJUAN MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
KONSEP TEKNOLOGI.
MANUSIA & KEBUDAYAAN Psb Aris martiana, m.sI.
FILSAFAT, ETIKA DAN KOMUNIKASI
Etika Dan Regulasi Maria Christina.
MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN
Manusia Dan Kebudayaan
Pancasila Sebagai Etika Politik (1)
Manusia dan Kebudayaan
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK budaya oleh : iswadi, Mpd
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD)
`SOSIOLOGI PERTANIAN` Dr. Ir. F. DIDIET HERU SWASONO, M.P.
PERTEMUAN KE 5 PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
`SOSIOLOGI PERTANIAN` Dr. Ir. F. DIDIET HERU SWASONO, M.P.
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
Kebudayaan Minggu 4.
Oleh Yesi Marince, S.IP., M.Si Sesi 3
Melville J Horskovits dan Bronislaw Malinowski
Aspek sosial budaya yang berhubungan dengan kesehatan
`SOSIOLOGI PERTANIAN` Dr. Ir. F. DIDIET HERU SWASONO, M.P.
Ilmu Sosial Budaya Dasar HAKIKAT MANUSIA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
REFERENSI Herimanto, dkk Elly M setiadi dkk.
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Assalamu’alaikum wr. wb
Ilmu sosial budaya dasar
Ilmu Sosial Budaya Dasar PERUBAHAN SISTEM NILAI BUDAYA DAN MASALAH KEMANUASIAAN PERUBAHAN SISTEM NI Oleh: Iswadi, M. Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah.
Hakekat Manusia sbg mahluk individu dan sosial
Pancasila Sebagai Etika Politik (1)
Kebudayaan dan Masyarakat - 1
Etika Pancasila.
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
ETIKA & ESTETIKA BUDAYA
Oleh Yesi Marince, S.IP., M.Si Sesi 3
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Hierarki sistem pancasila
Kebudayaan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
HAKIKAT DAN PERAN MANUSIA
FILSAFAT, ETIKA DAN KOMUNIKASI
KAIDAH SOSIAL.
ETIKA PROFESI.
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
KEBUDAYAAN WUJUD DAN UNSUR KEBUDAYAAN
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
Transcript presentasi:

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA PERTEMUAN KE-2

HAKEKAT MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA (Herimanto&Winarno, 2010) Manusia memiliki sifat wujud, hidup,dibekali nafsu serta akal budi. Akal budi merupakan potensi dalam diri manusia yg tidak dimiliki oleh mahluk lain, yaitu yg dapat digunakan berpikir untuk kepentingan hidup dan memcahkan masalah2 manusia. Dengan akal budi, manusia mampu menciptakan, memperlakukan, memperbaruhi, mengembangkan dan meningkatkan sesuatu yg ada untuk kepentingan hidup manusia.

2 Macam kebutuhan manusia Kebutuhan kebendaan/jasmani: makan, minum, bernafas, istirahat dll Kebutuhan rohani/mental : kasih sayang, pujian, kebebasan, perasaan aman dll

Kebutuhan manusia menurut A.Maslow kebutuhan fisiologi Kebutuhan rasa aman; Kebutuhan sosial Kebutuhan penghargaan Kebutuhan aktualisasi diri

Manusia dan Kemanusiaan Manusia= homo; kemanusiaan=human Hakekat manusia Indonesia berdasarkan Pancasila, terdiri atas: Monodualis susunan kodrat man: aspek keragaan (wujud materi anorganis benda mati, vegetatif dan animalis) dan aspek kejiwaan (cipta, rasa dan karsa) Monodualis sifat kodrat: segi individu dan segi sosial Monodualis kedudukan kodrat: sbg mahluk yg berkepribadian merdeka (berdiri sendiri) dan sbg mahluk Tuhan yg mempunyai keterbatasan.

Hakekat Manusia Manusia memiliki harkat dan martabat yg tinggi. Prinsip kemanusiaan mengandung arti adanya penghargaan dan penghormatan thd harkat dan martabat man yg luhur. Prinsip kemanusiaan yg ada dlm diri man menjadi penggerak man untuk berperilaku yg seharusnya sbg man.

Manusia dan Kebudayaan Definisi kebudayaan menurut para ahli: Herkovits, Andreas Eppink, Edward B.Taylor, Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi, Koentjoroningrat. Kebudayaan:sistem pengetahuan yg meliputi sistem ide (gagasan) yg terdapat dalam pikiran man, sehingga dlm kehidupan sehari-hari, kebudayaan bersifat abstrak.

Wujud Kebudayaan (J.J. Hoeningman) Gagasan (wujud ideal):Kebudayaan yg berbentuk kumpulan ide, gagasan, nilai, norma, peraturan dsb yg sifatnya abstrak; tidak dapat diraba Aktivitas (tindakan): suatu tindakan berpola dari man dalam masyarakat; wujud ini sering disebut sistem sosial. Artefak (karya):wujud kebudayaan fisik yg berupa hasil dari aktivitas perbuatan dan karya semua man yg dapat diraba, dilihat dan didokumentasikan

Etika Manusia dalam Berbudaya Etika berkaitan dg masalah nilai, yaitu terkait dg predikat nilai susila,asusila, baik dan buruk. Bertens menyebut ada 3 jenis makna etika: Etika berarti nilai atau norma yg menjadi pegangan bg seseorang atau kelompok orang dlm mengatur tingkah laku Etika bertarti kumpulan asas atau nilai moral (kode etik) Etika berarti ilmu atau ajaran yg baik dan buruk atau sama artinya dg filsafat moral

Estetika Manusia dalam Berbudaya Estetika berarti nilai indah –jelek Keindahan dapat diberi makna: Secara luas: mengandung ide kebaikan segala hal baik abstrak maupun nyata. Secara sempit: indah yg terbatas pd lingkup pengelihatan (bentuk dan warna) Secara estetika murni: menyangkut pengalaman yg diresapinya melaui pengelihata, pendengaran, peradaban dan perasaan yg dpt menimbulkan persepsi indah