Java Review Oleh: Idris Winarno.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Applets Pertemuan 7
EXCEPTION HANDLING.
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
POLIMORFISME Imam Fahrur Rozi 01.
Abstract Class & Interface
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Workshop SCS: Java Game Programming
Inheritance ImamFahrur Rozi.
Pemograman beorientasi objek
Overriding, Overloading, Polymorphism
INHERITANCE.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
POLIMORFISM Ery Setiyawan Jullev A.
Overriding, Overloading, Polymorphism
POLIMORFISME 2 Imam Fahrur Rozi 01.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Advanced Class 2 Pertemuan 11 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pertemuan 8 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
Membangun Aplikasi GUI
Mendapatkan input dari keyboard
INHERITANCE, POLYMORPHISM, DAN INTERFACE
Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface
Inheritance (Pewarisan)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Layout Managers and Event Handling
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Pertemuan : Object Oriented Programming
Inheritance Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
Polymorphism (bag. 2).
Inheritance Konsep Inheritance Protected Member
GUI event handling.
OOP Java 06 Polymorphism.
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Inheritance, polymorphism, dan interface
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Pertemuan 12 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Graphical User Interface
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Pemrograman berbasis obyek
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Graphical User Interface (GUI)
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
GUI Event Handling.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Inheritance.
Polymorphism (bag. 2).
antarmuka grafis (GUI) dalam window
PEWARISAN Kelompok : Alim Mutohidin ( )
Pertemuan 5 Inheritance
Transcript presentasi:

Java Review Oleh: Idris Winarno

Topik Collection Enkapsulasi GUI Inheritance Even Handling Polymorphism Exception Handling

Java Review Enkapsulasi/UML

Access Modifiers Access Modifiers public Protected Default Private

Access Modes to Class Members

Java Review Inheritance

Pengertian dasar inheritance Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class. Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class. Suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class.

Pengertian dasar inheritance Karena suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class-nya, maka member dari suatu subclass adalah terdiri dari apa-apa yang ia punyai dan juga apa-apa yang ia warisi dari class parent-nya. Kesimpulannya, boleh dikatakan bahwa suatu subclass adalah tidak lain hanya memperluas (extend) parent class-nya.

public class Manajer extends Pegawai { public String departemen; }

Single dan Multilevel Inheritance

class Parent { public int x = 5; } class Child extends Parent { public int x = 10; public void Info(int x) { System.out.println("Nilai x sebagai parameter = " + x); System.out.println("Data member x di class Child = " + this.x); System.out.println("Data member x di class Parent = " + super.x); public class NilaiX { public static void main(String args[]) { Child tes = new Child(); tes.Info(20);

x  merujuk pada x terdekat, yaitu parameter Info() this.x  merujuk pada data member dari class-nya sendiri, yaitu data member pada class Child super.x  merujuk pada data member dari parent class-nya, yaitu data member pada class Parent

Konstruktor tidak diwariskan Konstruktor dari parent class tidak dapat diwariskan ke subclass-nya. Konsekuensinya, setiap kali kita membuat suatu subclass, maka kita harus memanggil konstruktor parent class di konstruktor subclass. Pemanggilan konstruktor parent harus dilakukan pada baris pertama dari konstruktor subclass.

Java Review Polymorphism

Overriding Subclass yang berusaha memodifikasi tingkah laku yang diwarisi dari superclass. Tujuan: subclass memiliki tingkah laku yang lebih spesifik. Dilakukan dengan cara mendeklarasikan kembali method milik parent class di subclass.

Overloading Menuliskan kembali method dengan nama yang sama pada suatu class. Tujuan : memudahkan penggunaan/pemanggilan method dengan fungsionalitas yang mirip.

public class Bentuk { … public void Gambar(int t1) { } public void Gambar(int t1, int t2) { public void Gambar(int t1, int t2, int t3) { public void Gambar(int t1, int t2, int t3, int t4) {

Polymorphism Polymorphism adalah kemampuan untuk mempunyai beberapa bentuk yang berbeda. Satu obyek hanya boleh mempunyai satu bentuk saja. Yaitu bentuk yang diberikan ketika obyek dibuat. Reference variabel bisa menunjuk ke bentuk yang berbeda.

Virtual Method Invocation Virtual method invocation merupakan suatu hal yang sangat penting dalam konsep polimorfisme Syarat terjadinya VMI adalah sebelumnya sudah terjadi polymorphism. Pada saat obyek yang sudah dibuat tersebut memanggil overridden method pada parent class, kompiler Java akan melakukan invocation (pemanggilan) terhadap overriding method pada subclass, dimana yang seharusnya dipanggil adalah overridden.

class Employee{} class Manager extends Employee{} … Employee emp = new Manager(); emp.getDetails();

Java Review Exception Handling

Definisi Exception Suatu mekanisme penanganan error. Event yang terjadi ketika program menemui kesalahan saat instruksi program dijalankan.

Purpose of each exception Error : mengindikasikan bahwa error yang terjadi adalah fatal error (severe problem) dimana proses recovery sangat sulit dilakukan bahkan tidak mungkin dilakukan. Contoh : program running out of memory RuntimeException : mengindikasikan kesalahan implementasi atau desain program. Contoh : ArrayIndexOutOfBounds Other exception : mengindikasikan kesalahan environment. Contoh : file not found, invalid URL exception

Implementasi 1 BukaFile BacaBarisFileSampaiHabis TutupFile try { Fungsi bacaFile BukaFile BacaBarisFileSampaiHabis TutupFile } catch (KesalahanBukaFile) { // lakukan sesuatu }

Java Review Collection

The Java Collections API Collection adalah suatu obyek yang bisa digunakan untuk menyimpan sekumpulan obyek Obyek yang ada dalam collection ini disebut sebagai elemen. Collection menyimpan elemen yang bertipe Object, sehingga berbagai tipe obyek bisa disimpan dalam collection. Note: Jangan lupa!! Setelah mengambil obyek dari collection lakukan casting sesuai tipe data obyek yang baru diambil.

The Java Collections API Java Collections API terdiri dari interface: Collection : sekumpulan obyek yang tidak mempunyai posisi yang tetap (no particular order) dan menerima duplikat. List: sekumpulan obyek yang urut (ordered) dan menerima duplikat. Set: sekumpulan obyek yang tidak urut (unordered) dan menolak duplikat. Map: mendukung pencarian berdasarkan key, key ini harus unik. Has no particular order.

Hasil:

Java Review GUI

Paket java.awt Java.lang.Object BorderLayout CardLayout CheckboxGroup Color Component Dimension Event Font FlowLayout FontMetrics Graphics GridBagLayout GridLayout Image Insets MenuComponent Point Polygon Rectangle Toolkit Button Canvas Checkbox Choice Container Label List Scrollbar TextComponent Applet Panel Window ScrollPane Dialog Frame FileDialog Java.lang.Object TextArea TextField MenuBar MenuItem Menu CheckboxMenuItem PopupMenu

Java Review Even Handling

What is an Event ? Ketika user melakukan aksi terhadap sebuah user interface (misalnya meng-klik mouse atau menekan sebuah tombol), maka tindakan ini akan memunculkan sebuah event. Event adalah OBJEK yang mendeskripsikan sebuah kejadian (peristiwa yang terjadi) Event Source adalah pembangkit sebuah event, misalnya mouse click pada sebuah button akan membangkitkan sebuah ActionEvent dgn button sbg Event Source-nya. Event Handler adalah sebuah method yang menerima sebuah objek event, menterjemahkan, dan kemudian memproses interaksi user.

Kategori Event, Interface & Methodnya Nama Interface Method Action ActionListener actionPerformed(ActionEvent) Item ItemListener itemStateChanged(ItemEvent) Mouse MouseListener mousePressed(MouseEvent) mouseReleased (MouseEvent) mouseEntered (MouseEvent) mouseExited (MouseEvent) mouseClicked (MouseEvent) Mouse Motion MouseMotionListener mouseDragged (MouseEvent) mouseMoved (MouseEvent) Key KeyListener keyPressed(KeyEvent) keyReleased (KeyEvent) keyTyped (KeyEvent) Focus FocusListener focusGained(FocusEvent) focusLost (FocusEvent)

Contoh : TestButton.java import java.awt.*; public class TestButton { private Frame f; private Button b; public TestButton() { f=new Frame("Test"); b=new Button("Press Me"); b.setActionCommand("Di-klik"); } public void launchFrame() { b.addActionListener(new ButtonHandler()); f.add(b, BorderLayout.CENTER); f.pack(); f.setVisible(true); public static void main(String args[]) { TestButton guiApp=new TestButton(); guiApp.launchFrame(); import java.awt.event.*; public class ButtonHandler implements ActionListener { public void actionPerformed(ActionEvent e) { System.out.println("Action terjadi..."); System.out.println("Button dalam keadaan " + e.getActionCommand()); }

Hasilnya… Jika button “Press Me” tersebut di-klik, maka program akan menuliskan di DOS Console sebagai berikut :