PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

Pengertian Algoritma dan Flowchart
TEORI ALGORITMA.
Introduction to Algorithm and Programming
Rancangan Program Materi Pertemuan 13 Sumber : Slide Inayatullah,M.Si.
Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : I Tahun : 2012/ 2013
Algoritma.
Algoritma Pemrograman #Pengantar Algoritma Dosen M.Wildan Eltika S.Kom
Pemrograman Komputer.
Algoritma dan Struktur Data
Pengantar Algoritma dan Pemrograman Elin Haerani, ST, M.Kom
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengantar Logika & Algoritma
Perancangan dan Analisis Algoritma
RANCANGAN PROGRAM.
Pengertian Algoritma Sumber Kepustakaan : gerlan1986.files.wordpress.com/.../materi-ii-penge... 1 Algoritma adalah kumpulan instruksi-instruksi/ perintah–perintah/langkah-langkah.
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
PERTEMUAN 2 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Pengantar Algoritma.
Pengantar Logika & Algoritma Hasbu Naim Syaddad, S.Kom.,M.Kom.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
PERTEMUAN 1.
Pengantar Logika & Algoritma
Algoritma dan Pemrograman
BAB 2 BAHASA PEMROGRAMAN
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
KELOMPOK 02 ALOGARITMA PEMOGRAMAN TAHUN AJARAN
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma dan Pemrograman 1
Start.
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
ALGORITHMA DAN ATURAN PENULISANYA
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Virdiandry Putratama,ST Politeknik Pos Indonesia Tahun 2015
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
PENGANTAR ALGORITMA DAN LOGIKA
PROG.STUDI PEND.FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
ALGORITMA Anifuddin Azis.
DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pengantar.
Logika dan Algoritma Oleh: Ferawaty, S.Kom.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Identitas dosen Suherman, ST Address : Cilegon
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
PENGENALAN ALGORITMA Materi 1.
Pengantar Algoritma dan pemograman
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Algoritma dan Pemrograman I
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Introduction of algoritm and programming
Pengantar Algoritma.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
TEORI ALGORITMA.
Pengantar Logika & Algoritma
Pengantar Logika & Algoritma
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
Logika & Algoritma Kompetensi dasar
Logika & Algoritma Kompetensi dasar
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
Algoritma & Pemrograman 1 Chapter 1 Achmad Fitro The Power of PowerPoint – thepopp.com.
Dasar Konstruksi Pemrograman
SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL ALI BASYAH, ST., M.Pd SMK PESANTREN DARUL DAKWAH.
Pengantar Logika & Algoritma Wiratmoko Yuwono Ali Ridho Barakbah Tita Karlita.
Transcript presentasi:

PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Sejarah Algoritma Algortima berasal dari kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan algorist jika Anda menghitung menggunakan angka arab. Para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma.

Definisi program Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Bahasa pemrograman dibagi menjadi 2 kelompok yaitu: Bahasa beraras tinggi Bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia. Bahasa beraras rendah Bahasa pemrograman yang berorientasi kepada mesin.

Definisi algoritma “Algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Pertimbangan-pertimbangan dalam memilih algoritma : algoritma haruslah benar. kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut. efisiensi algoritma, dan efisiensi dapat ditinjau dari 2 aspek. Yaitu : Efisiensi waktu Efisiensi memori

Keuntungan pembuatan algoritma Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, artinya penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang melaksanakannya. Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman. Apapun bahasa pemrogramannya, output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama.

Hal-hal yang perlu diperhatikan Teks algoritma berisi deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah. Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemrograman. Setiap orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritmik sendiri. Notasi algoritmik bukan notasi bahasa pemrograman, karena itu pseudocode dalam notasi algoritmik tidak dapat dijalankan oleh komputer Algoritma sebenarnya digunakan untuk membantu kita dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemrograman.

Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditranslasikan ke dalam notasi bahasa pemrograman. Pendeklarasian variabel Pemilihan tipe data Pemakaian instruksi-instruksi Aturan sintaksis Tampilan hasil Cara pengoperasian compiler atau interpreter.

Syarat membuat algoritma yang baik Tingkat kepercayaannya tinggi (realibility). Pemrosesan yang efisien. Sifatnya general. Bisa dikembangkan (expandable). Mudah dimengerti. Portabilitas yang tinggi (portability).

Penyajian Algoritma Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram dan sedangkan untuk gambar kita bisa menggambarkan dengan flowchart.

Contoh menghitung rata-rata 3 bilangan dengan pseudocode : Input (a,b,c) Jml = a+b+c Rerata = Jml/3 Output (Rerata)

Flowchart Flowchart adalah bagan alir yang merupakan representasi secara grafik dari suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan suatu masalah. Dengan begitu flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Ada 2 macam flowchart : Flowchart sistem : diagaram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan computer yang digunakan dalam proses pengolahan data dan perhubungan antar peralatan tersebut. Flowchart program : bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah

SIMBOL-SIMBOL terminal connector preparation Off page connector proses Input/output decision Function/prosedur

Contoh menghitung rata-rata 3 bilangan dengan flowchart :

Struktur dasar Algoritma Macam-macam struktur dasar algoritma Sekuensial (runtunan) Digunakan untuk program yang pernyataannya sequential atau urutan. Seleksi Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi. Pengulangan Digunakan untuk program yang pernyataannya akan dieksekusi berulang-ulang.

Latihan 1. Diketahui tiga buah bilangan a,b dan c. buatlah flowchart untuk mendapat nilai terkecil diantara ketiga bilangan tersebut. 2.Buatlah flowchart untuk membuat output seperti berikut dengan struktur pengulangan 1 4 9 16 25 36 49 64 81 100 3. Diketahui a=5 dan b=8. buatlah flowchart sehingga a=8 dan b=5 dengan struktur dasar sekuensial

4. Terdapat tiga sub bagian (menu) dari program konvensi 4. Terdapat tiga sub bagian (menu) dari program konvensi. Pertama konversi nilai dolar ke rupiah. Nilai tukar dan jumlah dolar diinput dari piranti masukan. Kedua, konversi kilo meter (Km) ke meter (m). Ketiga, konversi celcius ke fahrenheit. Nilai celcius diinput dari piranti masukan. Ketiga nilai diolah dengan masing-masing rumus yang berbeda. Hasilnya dicetak ke piranti keluaran Buatlah flowchart dengan ketentuan sebagai berikut a. pilihan 1 = nilai tukar * nilai dolar b. pilihan 2 = km * 1000 c. pilihan 3 = celcius * 1.8 + 32 ~~~~selamat mengerjakan~~~~