Perencanaan Desa Mandiri dengan GAME! My Village

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Apa itu Peningkatan Peran Kelompok Perempuan?
Advertisements

kompetisi inovasi pelayanan publik TAHUN 2014
PERUMUSAN KONTRAK SOSIAL
UU Desa dan Arah Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengaturan Desa Terkait Pemanfaatan Data Base Partisipatif.
Langkah-Langkah Pendampingan KSM Juni 2014.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENYULUHAN PARTISIPATIF
QUALITY ASSURANCE SPECIALIST (QAS) dan KETERKAITAN DENGAN PPM
Sesi 2 Pengenalan Terhadap EDS/M dan Instrumen EDS/M
Konsep & Prinsip Analisis
Hand in hand to inspire the children Contoh Panduan.
Asosiasi Masyarakat Kehutanan
BAB III KELOMPOK PROSES MANAJEMEN PROYEK
Renstra Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak
SISTEMATIKA DOKUMEN RKP-Des
Analisis Sistem By: Mr. Haloho.
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
KEMENTERIAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL/ BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL Oleh: Dr. Lely Yulifar, M.Pd/ Ketua Tim Fasilitasi TANGGAPAN TERHADAP.
SIKLUS KKN SISDAMAS UIN SGD BANDUNG
KEBERHASILAN PEMBANGUNAN
RAKOR SOSIALISASI SEKOLAH MODEL
Disampaikan Pada Workshop Program Pengabdian Kepada Masyarakat
KONSEP DAN SISTEM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA
Bappeda Kota Surakarta
PNPM – MPd. PERTANIAN (RESPEK - PERTANIAN)
PANDUAN PRAKTIS TRAINING PENINGKATAN MUTU MADRASAH
PEMBERDAYAAN POKJA PKP PROVINSI
SISTEM INFORMASI PEMBANGUNAN DAERAH (SIPD)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Bappeda Kota Surakarta
SEKRETARIS BPM KOTA BANDA ACEH
IMPLEMENTASI SAKIP KECAMATAN PANGGUNGREJO KABUPATEN BLITAR
Tugas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) BSPS Tahun 2016
BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA
TEKNIK PEMBERDAYAAN RRA PRA PLA CSS/SMD MMD.
Inovasi pusbang asn 2017 pengembangan aplikasi e-learning
THE VISIONING PHASE Pertemuan ke M. Chodzirin
DOKUMENTASI INOVASI Disampaikan dalam kegiatan “Workshop Pembekalan Tahap Display” Yogyakarta, 6 November 2015.
PENGERTIAN, PERANAN DAN PROSES AMDAL
FUNGSI – PERAN, SIKAP, CIRI & KIAT FASILITATOR
Panduan Langkah Penyusunan Memorandum Program
PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN ANGKA KREDIT DAN KARYA ILMIAH (SIPAKARIL) MODUL KARYA ILMIAH Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi.
PERENCANAAN TINDAKAN DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS(PTK)
Rekayasa Kebutuhan.
MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA TIM PEMBINA ADIWIYATA PROPINSI JAWA TIMUR
MELAKSANAKAN PERSIAPAN PEKERJAAN
Pertemuan 8 Rekayasa Kebutuhan
SOSIALISASI PEDOMAN PELAKSANAAN MUSRENBANG TAHUN 2018
PADA BINTEK LPM DESA CANGGU BAPPEDA LITBANG KABUPATEN BADUNG
LOGO Ady Sriyono Ketua DPD GMPK Kabupaten Sragen Kabupaten Sragen Telp/WA :
KONSEP DESA/KELURAHAN TANGGUH BENCANA
TUPOKSI TIM PENYUSUN RPJM DESA Ir
Kepala Bappeda Kabupaten Pangandaran
Konsep Desa dan Kelurahan Tangguh
MEDIA TAYANG SPB 1.1 PERUBAHAN MENDASAR DESA
PEMBERDAYAAN POKJA PKP PROVINSI
TAHAPAN AKREDITASI PUSKESMAS
Delivery Inovasi Disampaikan dalam Workshop Peningkatan Kompetensi Fasilitator Program Prioritas Nasional 2018 “Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan.
PENGERTIAN, PERANAN DAN PROSES AMDAL
1  Pemberdayaan masyarakat adalah suatu proses pengembangan potensi dan kemampuan sehingga tumbuh kapasitas untuk memecahkan masalah- masalah yang mereka.

Metode Fasilitas KELOMPOK 9: AULIA RIZKY REZDA BUNGA YULIA MAYASTIKA
Monitoring And Evaluation Communities and Education Program in Aceh CEPA - Phase 2 Presented by Irwansya Yahya.
FORUM KONSULTASI PUBLIK
Pemerintah Kabupaten Banjarnegara
SIMULASI 3D ART GALLERY DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX Sinta Nuraini Ikhsan for further detail, please visit
PENYUSUNAN PROGRAM PELATIHAN
Peran Pusat Kemasyarakatan Desa dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
KETERBUKAAN INFORMASI DI PEMERINTAH DESA
SANITASI PERKOTAAN BERBASIS MASYARAKAT KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA PERENCANAAN PARTISIPATIF.
Transcript presentasi:

Perencanaan Desa Mandiri dengan GAME! My Village Game! Village - Sinergantara

Latar Belakang UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa merupakan kemajuan pembangunan desa  Block Grant besar ke desa. Perlu inovasi  kuatkan partisipasi masyarakat, transparansi, akuntabilitas  pemenuhan hak dasar dan tingkatkan kesejahteraan. Perkembangan Teknologi Informasi  kualitas perencanaan dan pengendalian pembangunan desa.

Game! My Village Sebagai Instrumen Perencanaan Desa Metoda pendukung perencanaan pembangunan desa Menampilkan peta desa dan visualisasi data dalam bentuk objek- objek dalam peta di hadapan peserta musyawawah desa Proses musyawarah akan akan dipandu seperti sedang memainkan game Prinsip-Prinsip GM: Gamifikasi dalam proses pengambilan keputusan Visualisasi Data atas situasi desa Pengambilan Keputusan Partisipatif Game! Village - Sinergantara

Komponen GMV Fasilitasi Forum Aplikasi Software Pemetaan Digital Partisipatif Aplikasi Software Fasilitasi Forum Sinkronisasi Game! Village - Sinergantara

1. Pemetaan Digital Partisipatif Proses mengkoleksi data desa secara langsung (data primer) oleh masyarakat / relawan dengan memanfaatkan smartphone dan peta digital di internet Data yang dipetakan adalah objek-obek fisik dan non-fisik yang ada di desa. Penentuan objek-objek fisik dan non-fisik tersebut dilakukan dengan suatu workshop sebelum penetaan dilakukan Peta digital yang digunakan www.lihat.net (dibuat oleh Oopen Sky Institute) Game! Village - Sinergantara

Game! Village - Sinergantara 2. Aplikasi Software GMV Lanskap (peta) desa: peta nyata desa ditambah objek-objek (fisik dan non-fisik yang telah dikoleksi dalam proses pendataan digital desa). Ikon-ikon desa: menggambarkan apa saja objek yang mungkin akan diusulkan peserta dalam musyawarah desa. Suatu ikon dalam GMV merupakan representasi dari suatu objek tertentu. Aksi-aksi usulan pembangunan: tindakan- tindakan yang mungkin diusulkan atas suatu objek tertentu, seperti: menciptakan, memperbaiki, menambah, dan lain- lain. Game! Village - Sinergantara

Tampilan Objek Desa dalam GMV Game! Village - Sinergantara

3. Fasilitasi Forum dengan GMV Menggunakan fasilitator dan co-fasillitator untuk memandu forum musyawarah desa. Dipajang GMV dihadapan peserta, pengoperasiannya dilakukan oleh fasilitator atau co-fasilitator. Display GMV ini diletakan di hadapan peserta dengan layar yang harus dapat dilihat oleh seluruh peserta. Fasilitator memandu proses-proses diskusi termasuk pengambilan keputusan dengan selalu mengacu dengan data yang ada dalam display GMV. Dapat menggunakan beberapa tools tambahan, seperti kertas plano, metaplan, video dan lain-lain untuk membantu kelancaran proses fasilitasi. Game! Village - Sinergantara

Langkah-langkah Fasilitasi Forum Fase membangkitkan semangat peserta untuk menumpahkan keinginan-keinginan atau cita-cita tentang desanya. Mengajak peserta memahami sejumlah Isu-Isu Utama yang harus dijadikan acuan dalam proses perencanaan pembangunan desa Melakukan peninjauan lebih dalam terhadap prioritas dan fokus isu dengan mengacu pada objek-objek dalam display GMV Metemukan objek-objek yang harus “dibangun” serta persoalan-persoalan yang ada pada objek tersebut Menentukan usulan-usulan yang diterima dan yang ditolak atau ditunda. Fase decision dilakukan setelah daftar usulan-usulan dimasukan dalam aplikasi GMV.

Game! Village - Sinergantara Hasil Akhir Proses GMV Daftar Usulan beserta Anggarannya Berita Acara proses fasilitasi Forum Informasi-informasi lain seperti: Infografis Sektor yang Akan Dibiayai, Sebaran Anggaran menurut Lokasi, dll. Dokumen Kesimpulan dan Rekomendasi atas hasil Forum Game! Village - Sinergantara

Piloting di 4 Desa Kab. Bojonegoro No Desa Keterangan 1 Ngringinrejo Dilaksanakan pada 19 November 2014. Menghasilkan identifikasi masalah dan usulan tindakan 2 Napis Dilaksanakan pada 20 November 2014, peserta fokus pada objek-objek desa dan aktif menyampaikan pendapat dan usulan. 3 Duwel Dilaksanakan pada 24 November 2014, berjalan riang santai tapi serius. Peserta bisa mengajukan berbagai usulan. 4 Klampok Dilaksanakan malam hari pada 25 November 2014. Proses berjalan sangat demokratis dan dialogis. Game! Village - Sinergantara

Pembelajaran dari Piloting di 4 Desa Adanya tayangan GMV yang lengkap dengan peta dan objek-objek desa membuat peserta bisa tetap fokus mengikuti forum. Usulan dibuat lebih kongkret dengan menunjuk objek, lokasi objek di peta desa, dan disertai besaran usulan tindakan yang akan dilakukan. Peserta yang menyampaikan pendapat merata, tidak hanya didominasi oleh orang-orang tertentu. Pemuda aktif berperan karena terlibat dalam pendataan yang menggunakan teknologi informasi. Game! Village - Sinergantara

Manfaat GMV dalam Perencanaan Desa Partisipasi Masyarakat Meningkat Rencana Program Lebih Berkualitas dan Konkrit Transparansi Basis Data Desa Partisipasi masyarakat meningkat, tidak hanya kehadiran melainkan menjadi lebih aktif menyampaikan informasi, pandangan dan usulan. Hal ini terjadi karena semua peserta sama-sama melihat peta dan objek-objek di desa yang ditayangkan dalam GMV. Dalam uji coba di 4 desa, terbukti masyarakat ikut forum sampai selesai dan semangat menyampaikan pendapat. Dengan adanya tayangan kondisi riil desa forum menjadi lebih terbuka, memberikan kesempatan lebih besar kepada masyarakat dan lebih fair. Transparansi: Kondisi permasalahan desa bisa dilihat bersama-sama secara langsung oleh peserta, penyampaian usulan dan pemilihan program prioritas juga diketahui bersama. Selain itu, hasilnya direkam di dalam GMV yang online sehingga bisa diakses dengan mudah. Akuntabilitas Sosial: Menguatnya partisipasi masyarakat dan informasi yang mudah diakses, memudahkan masyarakat tahu keberpihakan rencana pembangunan pada masyarakat, serta bisa ikut mempengaruhi rencana pembangunan agar berpihak pada masyarakat. Data dan fakta yang didokumentasikan secara elektronik dan mudah diakses juga memudahkan pemerintah desa untuk menyediakan informasi kepada masyarakat. Kualitas Rencana yang Dihasilkan: Usulan-usulan yang disampaikan oleh peserta menjadi lebih kongkret, menunjuk objek yang jelas, yang jelas juga lokasi dan besarannya di atas peta desa. Karena objek yang diusulkan ditayangkan dan bisa dilihat bersama, peserta lain bisa memberikan tambahan informasi, klarifikasi maupun koreksi. Usulan yang dipilih lebih berkualitas karena melalui proses klarifikasi dan verifikasi dari sesama peserta. Pengembangan Basis Data Desa: Kondisi desa, objek-objek prasarana dan sarana publik desa, usulan-usulan maupun rencana desa diinput secara digital dan didokumentasikan dalam sistem komputer yang muda diupdate dan mudah diakses. Hal ini membuat pemerintah desa mudah memperbarui data dan informasi tentang kondisi desa dan kondisi objek-objek desa serta mudah menggunakan data karena mudah diakses. Neraca Anggaran sebagai Reminder: GMV menyediakan menu neraca penggunaan anggaran. Menu ini menyediakan informasi tentang plafon, jumlah alokasi rencana yang diterima dan sisa anggaran. Hal ini memudahkan pemerintah desa untuk menentukan kecukupan anggaran dan menentukan skala prioritas usulan program untuk segera direalisasi atau direalisasi di tahun berikutnya. Akuntabilitas Sosial Diingatkan oleh Neraca Anggaran Game! Village - Sinergantara