H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
Alat input ,Output dan pengolongan komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Hardware Komputer.
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF

APLIKASI KOMPUTER PER - 3
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Perangkat Keras Multimedia
H A R D W A R E K O M P U T E R.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
COMPUTER HADRWARE PERTEMUAN 3 : PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI AHMAD FARISI, S. KOM.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
BAB VI ALAT INPUT.
BAB X MEDIA INPUT ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERIMA INPUT. INPUT :
H A R D W A R E K O M P U T E R.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
PERANGKAT KOMPUTER & KEGUNAANNYA
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICE)
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
Pengantar Teknologi Informasi
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Definisi hardware input
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
Input & Output Devices Bab V.
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
Pertemuan 7 Hardware.
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Pertemuan 10 (Lanjutan) F. Menaikkan Kapasitas Penyimpanan Data
Pengantar Teknologi Informasi
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Hardware Komputer.
Piranti Keluaran (Output Device)
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Pengantar teknologi informasi
PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER KELOMPOK 1: MUSTIKA ( ) TAHRIM WARA WARIN ( MUH.IRSAN ( )
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
Transcript presentasi:

H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3

Sub Pokok Bahasan : Perangkat Input Perangkat Output

Secara fungsional perangkat keras komputer dibedakan menjadi empat macam perangkat (devices), yaitu : Hardware Penyusun Komputer Personal Perangkat masukan (input devices), Perangkat proses (process devices), Perangkat keluaran (output devices), dan Perangkat penyimpan (memory/storage devices).

“Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat difahami oleh manusia kepada bentuk yang difahami oleh komputer (machine readable form)”. Perangkat input merupakan peralatan yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer, agar komputer dapat menerima data dan melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Perangkat Input

Perangkat input Input adalah energi yang dimasukkan kedalam suatu sistem, yang dapat berupa : –Signal Input : energi yang akan diolah oleh sistem, berupa data yang dimasukkan ke sistem komputer. –Maintenance input : energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input berupa program yang akan digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi perangkat input selain untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

Perangkat Input Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan : –Perangkat input langsung input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa melalui media lain. –Perangkat input tidak langsung input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan luar (external memory) Contoh perangkat input langsung : keyboard, mouse, joystick, scanner, card reader, touch screen, light pen, microfon, pointing device, optical data reader, sensor, digitizing camera. Contoh perangkat input tidak langsung : pita magnetik (magnetic tape), disk magnetik (magnetic disc), kartu plong (punch card).

Keyboard Merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempunyai antara 85 hingga 120 tombol terdiri atas: -huruf-huruf (A, a, B, b C, c, … Z,z) -angka-angka (0,1, 2, …,9) -simbol-simbol atau karakter khusus %, $, …,dsb) -tombol-tombol fungsi (F1, F2, F3, …, F12) Penekanan tombol pada keyboard bisa dilakukan dengan sendiri- sendiri atau per tombol atau beberapa sekaligus untuk menunjukkan maksud tertentu, sebagai misal CTRL+ALT+DEL, ALT+ 1 huruf tertentu, CTRL+Break, dan sebagainya.

Mouse Merupakan perangkat yang digunakan untuk menginput data dengan cara menekan tombol klik. Terdapat 4 aktivitas utama mouse: -Click atau single click -Double click -Right click -Drag and Drop Ada 3 tipe dasar mouse : Mekanis : memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan berotasi dalam segala arah. Sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan signal untuk menggerakkan kursor pada layar. Optomekanis : sama seperti mouse mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola. Optik : mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse. Tidak ada bola mouse dan gerakan mekanis. Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan atau alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.

Joystick Merupakan tongkat yang penggunaaanya untuk menggerakkan cursor (kursor). Ini dilakukan dengan memegang tongkat yang dapat diputar sampai dengan 360 derajat. Biasanya digunakan untuk permainan Video Games. Microfon Merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara, ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih popular untuk keperluan audio. Juga mampu berperanan sebagai hasil output. Output audio bisa dalam bentuk musik, suara, dan juga kesan khas audio. Touchscreen Difungsikan dengan cara menyentuh layar monitor atau pad untuk merespon obyek program. Lightpen sebuah alat yang berbentuk pena dengan sensor cahaya yang dapat digunakan langsung bersentuhan kepada monitor.

Trackball Merupakan perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untuk menggerakkan kursor diatasnya. Camera Saat ini perangkat input yang lagi banyak digunakan adalah menggunakan camera baik video camera yang datanya berjenis analog yang nantinya bisa dikonversi menjadi data digital, maupun digital camera yang datanya bisa langsung berjenis digital. Scanner Merupakan suatu alat yang memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Perangkat input scanner dapat berupa pembaca pengenal karakter tinta magnetik atau Magnetic Ink Character Recognation (MICR) atau Optical Data Reader yang lebih fleksibel.

Perangkat Output Merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses. Contoh : layar monitor, printer, plotter, display card dan speaker. Perangkat Output merupakan perangkat yang terdiri dari alat² yang menterjemahkan perintah yang telah diproses oleh komputer ke dalam bentuk yang telah dimengerti oleh manusia. Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu: 1.Tulisan terdiri dari huruf, angka, karakter khusus, simbol-simbol lain. 2.Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar. 3.Suara, dalam bentuk musik atau omongan. 4.Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin, dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer. Alat Output dapat berbentuk sebagai berikut: Hard Copy Device : alat yang digunakan untuk mencetak tulisan serta image seperti misalnya kertas atau film. Soft Copy Device : alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image pada media soft yang berupa sinyal elektrik. Drive Device : alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin, misalnya tape magnetik, disk magnetik.

♣ Layar Tampilan ( Monitor ) ada 2 jenis layar tampilan : –Layar monitor berbentuk Pipih atau sering disebut LCD (Liquid Crystal Display) kebanyakan digunakan pada komputer Notebook –Layar monitor tabung atau disebut CRT (Cathode Ray Tube) bentuknya seperti layar televisi yang digunakan untuk komputer jenis Desktop atau PC. Standard dalam kualitas gambar monitor : –CGA (Colour Graphics Adapter) – 640 x 200 pixel –EGA (Enhanced Graphics Adapter) – 640 x 480 pixel –VGA (Video Graphics Array) 640 x 480 pixel –SVGA (Super Video Graphics Array) – 800 x 600 dan 1024 x 768 pixel –XGA (Extended Graphics Array) – 2048 x 2048 pixel. Perangkat Output

♣ Printer dan Plotter Merupakan perangkat pencetak merupakan perangkat hardcopy yang dihasilkan dari hasil pemprosesan komputer dan input dari penggunanya. Tiga macam jenis hasil cetakan dari printer : –Printer Dot-matrik, Pencetak ini mempunyai pengetuk-pengetuk kecil berbentuk titik yang dinamai pin. –Printer Tinta, bekerja dengan cara me- nyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada di dalam cartridge ke kertas. –Printer Laser, bekerja seperti mesin photo- copy yang menyemprotkan serbuk tinta dengan model pencahayaan. Plotter sebenarnya hampir sama dengan printer, namun biasanya digunakan untuk mencetak gambar, grafik, desain teknik yang ukurannya besar.