AGAMA BUDHA(仏教).

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kelas : XI IPA 4 Jajar Martono
Advertisements

IndiaChinaJepang Oleh Budhidharma Pada akhir tahun 1100’an.
 Istilah “Kami” mengacu pada beragam dewa di surga dan bumi seperti yang terlihat pada kisah-kisah klasik, dan semua roh yang ada di kuil-kuil shinto.
 Konsep Kami pada Periode Awal  Masuknya Pengaruh Budha  Pendewaan kepada Manusia.
PPMJ 8 November 2012 Nadya Inda Syartanti KONSEP KETUHANAN.
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 Agama Shinto   Nama Mahasiswa: Ahmad Chaidoni/TH/III   Mata Kuliah: Agama-Agama Dunia   Dosen Pembimbing:Siti.
Kebudayaan Jepang ; Suatu Pengantar
BAB 6 PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDDHA DI ASIA
SEJARAH PENDIDIKAN INDONESIA
ZENSHU.
KONSEP KETUHANAN.
Sejarah Peradaban Lembah Sungai Kuning (Hoang Ho)
PPMJ 1November 2012 Nadya Inda Syartanti.  Konsep Kami pada Periode Awal  Masuknya Pengaruh Budha  Pendewaan kepada Manusia.
Ekstra komputer Sma n 1 sentolo
Jaman Heian  平安時代  ( ) Nihonshi, 15 Maret 2012.
PPMJ, 6 Desember 2012 Nadya Inda Syartanti
PPMJ –Fitriana Puspita
PPMJ, 29 November 2012 ZENSHU.
Nihonshi, 1 Maret 2012 JAMAN MONARKI AWAL Jaman Yamato (大和時代) (250 M – 710 M)
1573 – 1603 M NIHONSHI 19 APRIL 2012 安土桃山時代 (あづちももやまじだい)
Jaman monarki awal Jaman Yamato (大和時代) (250 M – 710 M)
AMELIA WIDYASTUTI EGA PUSPITRIANI ERLIN AGUSTINA NUR AMELIA
PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti
Pola Pemikiran Masyarakat Jepang Kelompok 2 Nama Anggota : Leni Maslakhah ( ) Nikita Ekky ( ) Ria Ma’rifatun Nisa ( )
KONFUSIANISME.
PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti
Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi
Zaman Feodal Awal (Lanjutan) Pertemuan ke-4
Nihonshi, 8 Maret 2012 Nara Jidai
Pertemuan ketiga Shodou/shuuji(書道・習字)
Three Major Traditions of Japanese Thought
Pendidikan zaman Tokugawa
Pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia Sejarah kelas XI IPS / 1.
第 8 課. 文型  ふじやまは たかい やま です。 (Gunung Fuji adalah gunung yang tinggi)  さくらは きれい な はな です。 (sakura adalah bunga yang indah)  ならは どんな まち ですか。 (Nara kota.
PENGARUH HINDU – BUDDHA di INDONESIA
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
BUDDHISME ZENIVA IKHTIARA ( ).
DIFERENSIASI SOSIAL.
120 menit Sejarah / program: IPA 1.
Korea juga memiliki keberagaman dalam karya prosanya
Menyusuri Kyoto, Kota Seribu Kuil
AGAMA HINDU-BUDHA.
Introduction of Japanese Thought Pertemuan 1
KONSEP KEPERCAYAAN 信教 PPMJ 1 November 2012 Nadya Inda Syartanti.
Teori Penyebaran Hindu-Budha
Kamakura-Muromachi-Azuchi Momoyama
YESUS MEMANGGIL MURID-MURIDNYA
SEJARAH PERKEMBANGAN AKUAKULTUR
TAO (TAOISME).
DIALOG DENGAN AGAMA BUDHA Agama Budha berasal dari Gautama Sidharta Inti ajaran: CATUR ARYA SATYA
安土桃山時代 ( ).
AMELIA WIDYASTUTI EGA PUSPITRIANI ERLIN AGUSTINA NUR AMELIA
Pertemuan ketiga Shodou/shuuji(書道・習字)
Sejarah Yunani Kuno.
Proses Masuknya Pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia.
Kebangkitan Shinto dan Agama baru
ZEN BUDHISME OLEH : MUHAMMAD LUTHFI DAMANHURI ( )
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA
Nihonshi, 26 April 2012 江戸時代 (えどじだい) 1603 – 1867M.
AGAMA SHINTO OLEH KHAIRUL UMAM TAFSIR HADITS USHULUDDIN dan FILSAFAT
Oleh : Joni Ahmad Mughni, S.EI., M.E.Sy
QUOTATION of DALAI LAMA
TES ISIAN.
KEDATANGAN ISLAM DI TANAH MELAYU SEMINAR TAMADUN dan TUNJUK AJAR MELAYU Judul Topik : Agama Kelompok 5 : 1. NADIA WAHYU W EBET OKTAFIANSAH.
PERKEMBANGAN NEGARA TRADISIONAL BERLATAR BELAKANG HINDU-BUDHA
TAMADUN CINA PANDANGAN SEMESTA.
KERANGKA MASA TAMADUN HWANG HO PALEOLITIK (PEKING MEN)-400,000SM
Nihonshi Oleh : Kelompok 3.
Awal Zaman Azuchi Momoyama
Transcript presentasi:

AGAMA BUDHA(仏教)

Agama Budha Budha 仏教 Ajaran Roh

AGAMA BUDHA Ajaran, Perkembangan & Tokoh Penyebarnya

AJARAN AGAMA BUDHA Ajaran Pencerahan hati Usaha sendiri Tanpa dewa

Perkembangan Agama Budha Agama Budha masuk ke Jepang pada tahun 538, ketika penguasa Korea, Raja BaekJe mengirim ornament dan lukisan Budha ke epada kaisar Kimmei. 40 Tahun kemudian, di masa Kaisar Shotoku, agama Budha dijadikan agama nasional Kaisar Shotoku membangun kuil Budha nasional yaitu Horyu ji di Nara Horyu Ji menjadi bangunan berstruktur kayu tertua di dunia

Horyu Ji Temple in Nara

Perkembangan Agama Budha Ketika agama Budha baru masuk, banyak yang menentang Alasan diterimanya agama Budha; pihak Istana tertarik dengan agama Budha, menggabungkan antar klan, memperkaya budaya(tulisan)

Tokoh Penyebar Agama Budha Saicho Kukai Hoonen Shinran Eisai Dooden Nichiren

Perkembangan agama budha Kaisar Kanmu mengirim 2 rahib terpelajar yaitu Saicho dan Kukai untuk mengunjungi China dan belajar agama Budha Saicho mendirikan sekolah agama Budha Tendai di Gn.Hie di Kyoto, sementara Kukai mendirikan sekolah agama Budha Shingon di Gn. Koya, Wakayama. Saicho : Theravada dan Mahayana Kukai : Vajrayana

Saicho & Kukai Kaisar Kanmu mengirimkan 2 rahib terpelajar, yaitu Saicho dan Kukai untuk mengunjungi Cina.

Saicho & Kukai Tendai Shingon Sankaku Bukkyou

Sankaku Bukkyou Theravada ; Ajaran paling tua di agama Budha, fokus kepada penyelamatan diri sendiri dengan hidup sebagai biksu untuk memperoleh pembebasan jiwa. Mahayana ; Mengajarkan cara lain untuk memperoleh keselamatan selain cara Theravada (yang dianggap susah diikuti oleh orang biasa)  Vajrayana ; Percaya bahwa seseorang dapat memperoleh pencerahan sekali dalam hidupnya.

Saicho & Kukai Hal yang diutamakan dalam kedua ajaran itu adalah latihan mental yang disebut dengan Shugyou (meditasi). Meditasi ini bukan sekedar untuk diri sendiri saja, melainkan juga untuk persembahan kepada dewa2.

Hoonen Pada akhir zaman Heian, kekuasaan bangsawan runtuh dan diganti oleh golongan militer (samurai). Golongan samurai sangat simpatik terhadap ajaran Budha yang dibawa oleh Hoonen.

Hoonen Hoonen membawa ajaran yang benar2 Nenbutsu Tariki (ajaran yang betul2 dari ajaran Budha). Ajaran ini tidak mengutamakan shugyou, yang penting adalah manusia harus membekali diri dengan gakumon (ilmu pengetahuan).

Shinran Pendeta Shinran, sebagai pengikut Hoonen, turut menyebarkan agama Budha yang sudah diluruskan itu. Mereka mempercayai adanya dunia akhirat, dan yakin Budha akan menolong jika manusia melaksanakan ajaran Budha dengan baik.

Eisai & Dooden Eisai & Dooden Zenshuu Zazen

Eisai & Dooden Ajaran ini dianggap sangat berat karena menitikberatkan pada Jiryokukyodo. Ajaran ini banyak dianut dan disebarkan oleh golongan samurai yang kehidupannya keras dan berdisiplin tinggi.

Eisai & Dooden Jirikikyodo じりききょうど 自力強度

Eisai & Dooden 自力強度 Tingkat kekuatan diri

Eisai & Dooden Zenshuu menekankan bahwa manusia bukan hanya menggantungkan diri pada Amidabutsu, tetapi juga perlu memiliki kekuatan dari dalam dirinya sendiri.

Ajaran ini masih banyak dianut oleh orang Jepang hingga saat ini. Nichiren Pendeta Nichiren menyebarkan ajaran Nichirenshuu yang berpedoman ajaran Budha melalui kitab Hokekyo. Ajaran ini masih banyak dianut oleh orang Jepang hingga saat ini.