Task Analisys (Analisa Tugas)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Advertisements

Analisis & Informasi Proses Bisnis (CSA221)
BENTUK DATA FLOW DIAGRAM DFD SISTEM, SUBSISTEM, DAN KEJADIAN
ANALISIS PROSES BISNIS
Siti Mukaromah, S.Kom.  Model yang menggambarkan requirement software dalam bentuk use case - use case  Use case model terdiri dari satu atau beberapa.
Sistem Informasi Perpustakaan
ANALISIS PROSES BISNIS
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
MODEL ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM
USE CASE DIAGRAM.
Analisis Sistem Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi.
USE CASE DIAGRAM.
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
Analisis Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak
Analisis dan Perancangan Sistem
THE REQUIREMENTS ANALYSIS PHASE
Tehnik Berbasis Relasi Entitas
UML mendukung pengembangan aplikasi Kelas application partitioning Objek-objek Business Relationships Business Process Objek-objek Use Cases Sistem untuk.
Activity Diagram Shinta P.. For Bussiness Modeling, Activity diagrams describe the activities of a class. It is used for the following purposes: (Bennet.
Matakuliah : M0044/Interaksi Manusia dan Komputer
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
PERANCANGAN BASIS DATA
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia dengan Komputer
Data Flow Diagram and Flow Chart
Materi 4 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., M.T.
Mengidentifikasi kebutuhan dan Menetapkan persyaratan
1 Pertemuan > Mahasiswa Mampu Mendesign Alternatif Interface Sesuai dengan Kebutuhan Matakuliah: M0044/Interaksi Manusia dan Komputer Tahun: 2005 Versi:
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
USE CASE DIAGRAM.
KONSEP USER INTERFACE.
EIS (Executive Information Systems)
Analisis Sistem Istiqomah, S.Kom.
Dosen : Acun Kardianawati
USE CASE DIAGRAM.
ANALISIS SISTEM.
KONSEP INTERFACE
Rekayasa Perangkat Lunak
Pemodelan objek.
4 Managing Software Requirement Analisis Kebutuhan
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Data Flow Diagram Book:
UML mendukung pengembangan aplikasi
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
Analisis Kebutuhan.
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
Mengidentifikasi kebutuhan dan Menetapkan persyaratan
Tugas Perorangan Service Elektronik “Pasti” menerima reparasi barang-barang elektronik seperti Radio, VCD, Televisi dan Tape. Setiap ada pelanggan yang.
EIS (Executive Information Systems)
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
Data Flow Diagram.
ANALISIS & DESAIN SISTEM
PERTEMUAN 3 DATA FLOW DIAGRAM (Sistem Berjalan).
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 6
UML- UNIFIED MODELING LANGUAGE
Task Analysis.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Analysis Kebutuhan dengan Use Case Modeling
ANALISIS PROSES BISNIS
PERTEMUAN 3 DATA FLOW DIAGRAM (Sistem Berjalan).
Rekayasa Perangkat Lunak
- CONTEXT DIAGRAM - DATA FLOW DIAGRAM
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Task Analisys (Analisa Tugas)

Task Analisis : Proses untuk menganalisis cara manusia melakukan pekerjaanya, hal-hal yang mereka kerjakan, hal-hal yang mereka kenai tindakan, dan hal-hal yang perlu mereka ketahui Keluaran dari task Analysis : Breakdown dari task yang dilakukan oleh manusia, hal-hal yang mereka gunakan, rencana dan tindakan yang biasa dilakukan untuk penyelesaian task Task Analisis tidak pernah selesai , Tetapi digunakan untuk mempermudah pembangunan antar muka yang mendukung cara kerja manusia yang diinginkan

Mengapa Perlu Task Analysis? Untuk memasukan elemen manusia secara langsung pada perancangan , secara sistematis dan terbuka sehinggadapat diperiksa dengan sangat teliti Elemen manusia harus di optimasi dan potensi kesalahan harus diminimasi

Istilah-istilah dalam Task Analysis Sasaran (external task) : adalah keadaan sistem yang ingin dicapai manusia Contoh : Menulis surat, pergi ke toko Task (internal task) : Himpunan terstruktur dari aktivitas yang dibutuhkan, digunakan atau dipercayai penting untuk mencapai sasaran menggunakan perangkat tertentu Menulis (mengetik) perintah pada keyboard Aksi (action) : adalah task yang tidak mengandung pemecahan persoalan atau komponen struktur kendali Contoh ; Memindahkan pointer, menekan kunci Rencana (method) terdiri atas sejumlah task atau aksi yang dihubungkan dalam urutan

Penggunaan Task Analysis Manual dan Pengajaran Mengajarkan cara melakukan task Menyusun manual atau materi ajar Membantu user menjelaskan sisitem ke orang lain Menangkap kebutuhan dan merancang sistem Membantu perancangan sistem baru Membantu perancang dalam memilih model internal untuk sistem yang sesuai dengan harapan user Meramalkan sistem baru Merancang Antar Muka (detail) Mengklasifikasi task atau objek yang digunakan dalam perancangan baru Menghubungkan antara objek dan action (OOP)

Contoh Task Analysis : Membersihkan kamar Ambil vacuum cleaner Tancapkan vacuum cleaner ke alat penghubung listrik Bersihkan kamar Jika kantong vacuum cleaner penuh, kosongkan Pasang kembali vacuum cleaner dan segala peralatan pendukungnya

Untuk melakukan task : membersihkan kamar user harus : Vacuum cleaner Alat pendukung (koneksi listrik) Kotak debu Lemari Ruangan dll

Teknik Task Analysis Dekomposisi Tugas Analisi berbasis pengetahuan Teknik Berbasis relasi entitas

Dekomposisi Tugas Hierarchical Task Analysis (HTA) : adalah metode yang sering digunakan dalam pendekatan dekomposisi task HTA : deskripsi task dalam lingkup operasi (hal yang dilakukan manusia dalam mencapai sasaran), dan rencana (Pernyataan/kondisi saat tiap himpunan operasi harus dijalankan untuk mencapai sasaran operasi) Keluaran HTA adalah hirarki task dan sub task serta rencana yang menggambarkan urutan dan konndisi yan memungkinkan subtask berjalan

Proses Pembuatan HTA

Contoh HTA : Pengeditan Teks

Contoh HTA : Membuat secangkir Teh

Contoh HTA : Membuat beberapa cangkir Teh

Desain Antarmuka Contoh Reservasi Hotel Pendaftaran mahasiswa baru Rental DVD

Requirement Functional : berkaitan dengan fungsi Data : data yang terlibat dalam sistem Environmental : konteks dan lingkungan sekitar ex: ATM

Pengumpulan Data Interview Focus Group Kuisioner Observasi Pelajari dokumentasi Cari produk yang mirip

Task Description Skenario : deskripsi narasi yang informal untuk jelaskan kegiatan manusia dalam sebuah cerita Use case : fokus pada user-system interaction. Berkaitan dengan fungsi yang disediakan sistem untuk user

DVD Rental Store Gunakan Use Case untuk mengidentifikasi user requirement, dan task flow Sewa Pengembalian Pengembalian Kasir Print Remainder

Task A task is a set of physical and cognitive procedures that when combined serve to achieve a particular goal. Characteristics that help define a task include: The starting and ending conditions The input event or stimuli that initiates the need for the task goal The output or results required and/or achieved The procedures, events, or items required to accomplish the task goal, including: Decisions or choices Actions or transformations Feedback information throughout task performance Error indicators for inappropriate actions or choices Knowledge to be retrieved (from memory or information sources) Task Flow: A task flow is a written or graphical representation of the interrelationships between tasks, particularly with regard to order of performance. Task flows often include information about the procedures, events, or items required to accomplish each task goal.   Task flows are useful for identifying task scenarios for usability testing and also for identifying the locations for task controls and displays.

User Task Kasir Uraian Pekerjaan / Task: Entry Penyewaan VCD Menerima pembayaran Mengecek Apakah sudah terlambat Membuat Remainder Entry Pengembalian Perhitungan Denda Pengiriman Remainder

Use Model A use model is the general, overall system design concept into which the tasks, task terminology, and task navigation are built.  It is the environment, or metaphor, in which the user must identify and access the system functions.  The use model involves the placement and layout of the functional areas of the system and the logical and inherent methods for navigating between the functional areas. Example:  A software interface contains menubars, toolbars, work areas, dialog boxes, backgrounds, and status information.  A properly designed use model assures that each of these components is properly placed within the system such that a user can easily understand how the information is arranged, what actions they can perform, how to get from one place to another, how to interpret terminology, and where they are within the system.  Briefly, a use model is said to be the mapping of the user's cognitive model onto the system.

User Model Four main patterns/styles menu form filling command language direct manipulation Pilih dari empat patterns/styles yang ada sesuai dengan TASK dan User Profile dan GOAL yang hendak dicapai

User Model Untuk kasus Video ini cocok gunakan: Menu , Karena banyak perbedaan tugas yang harus dikerjakan oleh Kasir Form Filling, untuk entry sewa, pengembalian

Quiz Buat HTA dari Proses peminjaman buku di perpustakaan

jawaban Pinjam buku di perpus (tujuan) Pergi ke perpustakaan Cari buku yang diperlukan Akses OPAC Akses fasilitas search Masukkan kriteria pencarian Identifikasi buku yang dicari Catat lokasi Ke rak dan ambil buku Bawa buku ke meja sirkulasi

Pilih satu diantara 2 kasus berikut ini Kumpulkan

Toko Bangunan Maju Terus Toko bangunan “Maju Terus” menjual bahan bangunan seperti semen, paku, pasir, cat dll. Setiap melakukan penjualan pada pelanggan dibuatlah nota penjualan dan pembayaran dilakukan secara tunai. Bila ada pelanggan akan membeli barang, dilayani oleh penjaga toko dan pembayaran diberikan pada kasir. Pembelian barang pada supplier juga dilakukan secara tunai. Toko Maju Jaya mempunyai banyak supplier dan setiap supplier mesupply barang yang berbeda. Buat User Task dan User Model

SERVICE ELEKTORNIK “PASTI” Service Elektronik “Pasti” menerima reparasi barang-barang elektronik seperti Radio, VCD, Televisi dan Tape. Setiap ada pelanggan yang akan memperbaiki barang elektroniknya diterima oleh bagian penerimaan barang dan diberikan bukti reparasi. Setiap barang yang akan direparasi diberikan pada Montir tertentu dan Service Elektronik “Pasti” mempunyai beberapa Montir. Pada saat memperbaiki, bila diperlukan spare part, maka Montir akan meminta spare part dan dicatat oleh bagian Administrasi utk pelanggan mana. Setelah selesai pada bukti reparasi akan ditulis spare part yang digunakan dan biaya reparasinya. Buat User Task dan User Model