INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Interaksi Manusia dan Komputer TI1143
Advertisements

PERTEMUAN – 2 KULIAH SISTEM OPERASI PENGANTAR SISTEM OPERASI
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Pertemuan ke-1 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER ( Muhtajuddin Danny )
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pemodelan & Kualifikasi
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PENDAHULUAN. Latar Belakang IMK  Manusia ( user ) ingin bisa mengoperasikan komputer meskipun awam dengan komputer itu.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengantar basis data Mata Kuliah
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Antar Muka Pengguna.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
Paradigma and Prinsip Interaksi
Interaksi Manusia & Komputer
Pengantar INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
PARADIGMA DAN PRINSIP INTERAKSI
PARADIGMA & PRINSIP IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
DIALOG.
MINGGU 14 Groupware Suzan Agustri.
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
PEMBUATAN APLIKASI E-LEARNING INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Ullya Chaerunnisa for further detail, please visit
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Pertemuan Keenam Paradigma dan Prinsip Penggunaan
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Paradigma dan prinsip interaksi
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
PENGENALAN KONSEP IMK.
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER PENDAHULUAN.
PHP DAN MYSQL PEMBUATAN WEB E-LEARNING ROUTER DENGAN MENGGUNAKAN
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK) JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Mata Kuliah INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Tujuan: Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi

Ruang lingkup • Membahas prinsip dasar perancangan sistem interaksi • Teori pendukung dari ilmu psikologi kognitif (pengertian) • Tinjauan berbagai peralatan, teknik dan perangkat bantu sistem interaksi

Materi Human/manusia Computer / Komputer The Interaction Human-Computer Interactive Design dan Interactive style

Interaksi manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi; yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

PARADIGMA DAN PRINSIP INTERAKSI Sistem Interaktif memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem interaktif harus dapat didayagunakan (usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu sistem aplikasi.

Dua pertanyaan (masalah) tentang pendayagunaan (usability) sistem interaktif : Bagaimana suatu sistem interaktif dibuat/ dibangun supaya mempunyai dayaguna yang tinggi ? Bagaimana mengukur atau mendemontrasikan dayaguna (usability) suatu sistem interaktif ?

LANJUTAN… Dua pendekatan untuk menjawab pertanyaan/masalah di atas: Paradigma : Sistem interaktif yang berhasil /sukses pada umumnya diyakini akan mening- katkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut. Prinsip : Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya-guna sistem tersebut.

JENIS – JENIS PARADIKMA Time-Sharing Satu komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh) multiple user Meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem Video Display Units (VDU) Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda Mampu memvisualisasikan abstraksi data

Lanjutan… Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman) Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya 4. Komputer Pribadi (Personal Computing) Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal. 5. Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers) Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda

6. Metapora (Metaphor) Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya. Contoh metapora (dalam domain PC): Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling Keyboard adalah metapora dari Mesin Tik

… 7. Manipulasi Langsung (Direct Manipulation) Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat. Contoh Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see is what you get) 8. Bahasa vs. Aksi (Language versus Action) Bahasa digunakan oleh user untuk berkomu-nikasi dengan interface Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user

9. Hypertext Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan infor-masi secara random dan browsing asosiatif. Hypertext merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random. 10. Multi-Modality Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple) saluan (channel) komunikasi pada manusia. Contoh channel komunikasi pada manusia : visual (mata), haptic atau peraba (kulit), audio (telinga). 11. Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) Perkembangan jaringan komputer memung-kinkan komunikasi antara beberapa mesin (personal komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup. Sistem CSCW dirancang untuk memungkin-kan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk. Contoh CSCW: e-mail (electronic mail)

TERIMA KASIH   