INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Proses-proses Perangkat Lunak
Advertisements

PROTOTYPING MODEL >> Kelompok 1: Windandini B.M.
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan komputer
Prototype.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Pengantar basis data PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK) JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
Perancangan Perangkat Lunak
Pengantar basis data Mata Kuliah
Methods for Software Engineering
PROTOTYPING MODEL PROSES
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
PROTOTYPING.
DEDED RAMAD KAMDA, S. KOM. Untuk menyelesaikan masalah aktual didalam sebuah setting industri, rekayasa perangkat lunak atau tim perekayasa harus menggabungkan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Spesifikasi Perangkat Lunak
Interaksi Manusia Dan Komputer
Model Proses Perangkat Lunak
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Review Rekayasa Perangkat Lunak
proses PERANGKAT LUNAK
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
TEKNIK EVALUASI.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
Interaksi Manusia & Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PARADIGMA DAN PRINSIP INTERAKSI
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Human Computer Interaction (1)
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia Dan Komputer
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Pertemuan 8 Tujuan Instruksional Umum
Tujuan instruksional umum:
PEMBUATAN APLIKASI E-LEARNING INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Ullya Chaerunnisa for further detail, please visit
ANALISIS DAN PEMODELAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Review Rekayasa Perangkat Lunak
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Pengantar basis data Mata Kuliah
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK) JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Mata Kuliah INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Tujuan: Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi

Ruang lingkup • Membahas prinsip dasar perancangan sistem interaksi • Teori pendukung dari ilmu psikologi kognitif (pengertian) • Tinjauan berbagai peralatan, teknik dan perangkat bantu sistem interaksi

Materi Human/manusia Computer / Komputer The Interaction Human-Computer Interactive Design dan Interactive style

Interaksi manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi; yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

PROSES PERANCANGAN (DESAIN) Tujuan umum… Software engineering memberikan suatu cara untuk memahami struktur proses perancangan (desain), dimana proses tersebut dapat mendu-kung efektivitas perancangan sistem interaktif. Aturan-aturan perancangan (design rules) dalam bentuk standard dan guidelines membe- rikan arah perancangan, baik dalam bentuk umum maupun dalam bentuk kongkrit, dalam rangka meningkatkan sifat- sifat interaktif dari sistem.

Usability engineering (rekayasa dayaguna) menawarkan penggunaan kriteria secara eksplisit untuk menilai (judge) keberhasilan suatu produk dalam bentuk dayagunanya. Perancangan iterative memungkinkan kerja sama antara customer dengan perancang (designer) untuk mendapatkan feedback (umpan balik) yang berbentuk keputusan yang kritis yang mempengaruhi dayaguna, di awal proses perancangan Perancangan melibatkan pengambilan berba-gai keputusan diantara sejumlah alternatif.

Desain Iteratif dan Prototyping Tiga pendekatan utama prototyping: • Throw-away : prototype dibuat dan ditest. Pengalaman yang diperoleh dari pembuatan prototype tersebut digunakan untuk membuat produk akhir (final), sementara prototype tersebut dibuang (tak dipakai) • Incremental : produk finalnya dibuat sebagai komponen- komponen yang terpisah. Desain produk finalnya secara keseluruhan hanya ada satu, tetapi dibagi-bagi dalam komponen-komponen lebih kecil yang terpisah (independent) • Evolutionary : Dalam metode ini, prototypenya tidak dibuang tetapi digunakan untuk iterasi desain berikutnya. Dalam hal ini, sistem atau produk yang sebenarnya dipandang sabagai evolusi dari versi awal yang sangat terbatas menuju produk final atau produk akhir.

TERIMA KASIH   