Komentar, Identifier dan Tipe Data Bab 2 Komentar, Identifier dan Tipe Data
#include <iostream> using namespace std; int main () { int X; cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat:"; cin>>X; cout<<"Bilangan yang dimasukkan: "<<X; return 0; }
#include <iostream> using namespace std; // contoh komentar sisipan int main () { int X; // contoh membuat komentar 1 baris cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat:"; /* contoh membuat komentar 2 baris atau lebih */ cin>>X; cout<<"Bilangan yang dimasukkan: "<<X; return 0; }
Identifier Identifier: pengenal/pengidentifikasi agar kompiler dapat mengenalinya Jenis identifier: konstanta, variabel, fungsi, kelas, template, dan namespace Identifier konstanta dan variabel berfungsi untuk menampung sebuah nilai yang digunakan dalam program
Cara penamaan Identifier Case sensitive, A dan a berbeda arti. Harus diawali dengan angka long X2 benar long 2X salah Tidak menggunakan spasi Tidak menggunakan simbol #,$,@,!,?,dll Tidak menggunakan keyword C++ seperti break, return
Identifier Konstanta menggunakan preprocessor directive #define menggunakan kata kunci const #include <iostream> #define MAX 5; using namespace std; int main () { int A[MAX]; return 0; } #include <iostream> using namespace std; const int MAX = 5; int main () { int A[MAX]; return 0; }
Identifier Variabel Variabel global Variabel local #include <iostream> using namespace std; int A; int main () { A = 10; cout<<“A=“<<A<<endl; return 0; } #include <iostream> using namespace std; int main () { int A; A = 10; cout<<“A=“<<A<<endl; return 0; }
variabel biasa vs variabel statis #include <iostream> using namespace std; int contoh() { int A = 0; A = A + 10; return A; } int main() { int x, y, z; x = contoh(); y = contoh(); z = contoh(); cout<<"Nilai fungsi pertama : "<<x<<endl; cout<<"Nilai fungsi kedua : "<<y<<endl; cout<<"Nilai fungsi ketiga : "<<z<<endl; return 0; variable biasa: nilai terakhir tidak akan disimpan inisiasi variable = 0 Hasil: nilai fungsi pertama : 10 nilai fungsi kedua : 10 nilai fungsi ketiga : 10
variabel biasa vs variabel statis #include <iostream> using namespace std; int contoh() { static int A = 0; A = A + 10; return A; } int main() { int x, y, z; x = contoh(); y = contoh(); z = contoh(); cout<<"Nilai fungsi pertama : "<<x<<endl; cout<<"Nilai fungsi kedua : "<<y<<endl; cout<<"Nilai fungsi ketiga : "<<z<<endl; return 0; variable statis: nilai terakhir akan terus disimpan inisiasi variable = 0 Hasil: nilai fungsi pertama : 10 nilai fungsi kedua : 20 nilai fungsi ketiga : 30
Tipe data Tipe data dasar Tipe data bentukan tipe bilangan bulat tipe bilangan riil tipe logika tipe karakter/string Tipe data bentukan struktur enumerasi
Tipe bilangan bulat Tipe data Ukuran (bit) Rentang int 16 atau 32 -32.768 sampai 32.767 -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647 unsigned int 0 sampai 65.535 atau 0 sampai 4.294.967.295 signed int sama seperti int short int 16 unsigned short int 0 sampai 65.535 signed short int sama seperti short int long int 32 -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647 signed long int sama seperti long int unsigned long int
Tipe bilangan riil Tipe data Ukuran (bit) Rentang Presisi float 32 1.2E-38 sampai 3.4E+38 6 digit presisi double 64 2.3E-308 sampai 1.7E+308 15 digit presisi long double 80 3.4E-4932 sampai 1.1E+4932 19 digit presisi
Tipe karakter/string Tipe data Ukuran (bit) Rentang char 8 -128 sampai 127 atau 0 sampai 255 unsigned char signed char -128 sampai 127