BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIVE Pengembangan Bahan ajar BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIVE Dr Widyo Nugroho. MM
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar
Bentuk Bahan Ajar Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, Audio Visual seperti: video/film,VCD Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH Visual: foto, gambar, model/maket. Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
Cakupan Bahan Ajar Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru) Tujuan yang akan dicapai Informasi pendukung Latihan-latihan Petunjuk kerja Penilaian
Penyusunan Peta Bahan Ajar (Contoh Mapel Biologi) Materi Pembelajaran/Judul bahan Ajar 1. Obyek Biologi SK KD 2. Persoalan Biologi Siswa mampu memahami hakekat biologi Sebagai ilmu, menemukan obyek dan ragam persoalannya dari...... Mempelajari ruang lingkup biologi, manfaat dan bahayanya 3. Tingkat organisasi kehidupan 4. Permasalahan biologi 5. Manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan
ALUR ANALISIS PENYUSUNAN BAHAN AJAR Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator 1. Berkomunikasi lisan dan tertulis menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk naratif, prosedur, spoof/recount, report, dan news item. 1.1. Mendengarkan Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan dan/atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacana berbentuk report. Mengidentifikasi kelompok kata sifat …..Lainnya BAHAN AJAR Kegiatan Pembelajaran Materi Pembelajaran LKS Modul Kaset dll. Mendiskusikan teks report yang didengar. Mengidentifikasi adjective phrase. Teks berbentuk report. Adjective phrase.
MULTIMEDIA Sistem komputer yang menggabungkan audio dan vidio untuk menghasilkan aplikasi interaktif dengan menggunakan teks, suara, gambar (diam, bergerak atau video)
adanya lebih dari satu media yang konvergen MULTIMEDIA adanya lebih dari satu media yang konvergen interaktif kontrol ada pada pengguna keterhubungan antar bagian secara leluasa (hypertext dan hyperlink)
PROSES KBM SEBAGAI PROSES KOMUNIKASI Media A Pesan
JENIS-JENIS MEDIA YANG MENJADI KOMPONEN MM & MANFAATNYA : TEKS = efektif untk : - menyampaikan informas verbal - merangsang daya fikir koknitif - memperjelas / memperkuat media lainnya AUDIO = efektif untuk : - memancing perhatian - menumubuhkan daya imajnasi - menambah atau membentuk suasana menjadi hidup GRAFIS, FOTO dan GAMBAR= efektif ntuk : - mengkongkritkan sesuatu yang aftrak - menghilangkan ferbalisme pada anak VIDIO = efektif untuk : - menujukkan peristiwa masa lalu sesuai kejadian yang sebenarnya - menyajikan peristiwa penting, maupun kejadian yang langka yang sulit di dapatkan - menampilkan gerakan obyek yang terlalu cepat atau terlalu lambat menjadi normal shg dapat dilihat dengan mata Animasi = efektif untuk: - menjelaskan suatu proses yang sulit dilihat dengan mata -
Multi media interaktif (CAI) PROSEDUR PENGEMBANGAN Multi media interaktif (CAI) Pengembangan RMK Mengembangkan Peta Kompetensi (PK) MK Menyusun GBPP Memilih Topik Mengembangkan Peta Kompetensi (PK) Topik Mengembangkan Frame Menyusun Flowchart Menyusun GBP CAI Perancangan Pemrograman Key-in Materi Ke dalam Authorware Ev. Program Media
LANGKAH PRODUKSI PROGRAM MULTIMEDIA Script Conference Rreview & Revisi ? Naskah Final Desainer Grafis Animator Digitizer Penyediaan Media Progarammer Team Leader Pemrograman Testing & Revising Premastering Packaging Master Progar MM
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FORMAT PROGRAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN Latihan dan Praktek (drill and practice) Tutorial Pemecahan masalah Simulasi Permainan (games) Inkuiri (mengeksplorasi)
BENTUK PRESENTASI MULTIMEDIA Berbentuk Stand Alone / Off Line: Seluruh program beserta data dan informasi pendukungnya dikemas ke dalam bentuk CD-Rom Berbentuk Jaringan / On Line : pendukungnya dikemas ke dalambentuk jaringan baik melalui LAN (local area network) atau WAN (wide area network) ON LINE INTERNET OFF LINE TEKS, GRAFIS, FOTO, VIDEO, ANIMASI, AUDIO, FX, MULTIMEDIA MEDIA BERBASIS TKI
BELAJAR BERBANTUAN ANEKA SUMBER PRINSIP PEMBELAJARAN - Sederhana - Kompleks - Kongkrit - Abstrak - Pengulangan - Respon yang menyenangkan - Individualisasi - Informasikan kemajuan - Langkah kecil untuk tujuan besar BELAJAR BERBANTUAN ANEKA SUMBER Mahasiswa Sumber Belajar Orang Bahan Media Latar, dll
UNSUR PENTING DLAM PRODUKSI MPI Kurikulum Isi materi Instruksional Cosmetic
12 KARAKTERISTK YANG DAPAT MENGEFEKTIFTKAN PROGRAM MPI Program hendaknya dirancang berdasarkan tujuan instksional Dibuat sesuai karakteristik siswa Memaksimalkan interaktif Bersifat indvidual Dapat mempertahankan minat siswa Dirancang sesuai dengan pendekatan siswa Mampu memberikan berbagai macam umpan balik Disesuaikan dengan lingkngan belajar Tampilannya terlihat menarik Memanfakan kemampuan komputer secara maksimal Diranmcang sesai prinsip desain intruksional Di evaluasi secara keseluruhan dari berbagai segi, sebelum disebarluaskan ( M.J. HANNAFIN. 1988)
SYARAT PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN Visibel (mudah dilihat) Interesting (menarik) Simple (sederhana) Useful (bermanfaat) Accurate (benar) Legitimate (sah, masuk akal) Structure (terstruktur)
SYARAT MENULIS NASKAH PROGRAM MULTI MEDIA Penulis harus menguasai bidang yang akan diajarakan Penulis harus menguasai media komputer Mampu menghadirkan materi pembelajaran dengan bahasa visual Terbuka dalam menerima masukan-masukan dari orang lain Mau melihat karya-karya orang lain dengan menggali sumber-sumber lain yang berguna Komitmen terhadap waktu yang disepakati
Langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum menulis naskah Mengidentifikasi sasaran yang akan menggunakan program multimedia tersebut Mengembangkan atau mendeskripsikan tujuan pembelajaran dengan jelas Menyiapkan materi yang relevan dengan apa yang ditulis Identifikasi materi yang sudah terkumpul untuk diseleksi mana yang cocok dengan teks, gambar, foto, audio, animasi dan video Tentukan navigasi untuk program yang akan dibuat Membuat flowchart sesuai alur materi Melakukan penulisan naskah program multimedia dengan teliti