ABDUR RAHMAN, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MACROMEDIA FLASH MX
Identitas Mahasiswa - NAMA : ABDUR RAHMAN - NIM : PRODI : Teknik Elektro - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik - eman_g12345 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Ir. Rudy Hartanto M.T - PEMBIMBING 2 : Drs. Djunaidi M.T - TGL UJIAN :
Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MACROMEDIA FLASH MX
Abstrak Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Dalam upaya ikut menjaga peninggalan budaya, suatu media pembelajaran tentang aksara Jawa dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer berbentuk multimedia interaktif. Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya adalah Macromedia Flash MX. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX. Sasaran dari pengguna media pembelajaran ini adalah kalangan umum bagi siapa saja yang memebutuhkan. Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk membantu pembelajaran aksara Jawa dengan pokok bahasan sejarah aksara Jawa dalam cerita ajisaka, aksara carakan beserta pasangan, sandhangan, aksara murda, aksara swara, aksara rekan, angka Jawa, tanda baca serta evaluasi yang dikembangkan dengan Macromedia Flash MX. Manfaat yang diharapkan dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah : bagi dunia teknologi, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Macromedia Flash untuk media pembelajaran interaktif. Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai masukan, referensi media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif. Bagi dunia kebudayaan, memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian aksara Jawa berbentuk teknologi multimedia. Prosedur kerja dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah menentukan materi, menentukan skenario pembelajaran, menentukan diagram alir program, menentukan naskah program, membuat prototipe program, dan yang terakhir adalah uji coba dan evaluasi. Dari hasil uji coba performance sistem, program pembelajaran aksara Jawa ini dapat dijalankan pada komputer manapun tanpa proses instalasi. Pada pengujian yang dilakukan kepada pakar multimedia, ahli budaya dan bahasa, serta koresponden umum menyebutkan program ini layak dijadikan media pembelajaran aksara Jawa. Kekurangan dalam program ini dapat diperbaiki pada pengembangan program selanjutnya ke arah yang lebih sempurna.
Kata Kunci Aksara Jawa, Media Pembelajaran, Macromedia Flash MX
Referensi 1. Andi, Andreas Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash MX. PT Elex Media Komputindo : Jakarta 2. Arsyad, Azhar Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta 3. Avellino, Andreas Panduan Praktis Menguasai Macromedia Flash MX. Teknomedia : Yogyakarta 4. Ena, Auda Teda Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta : Indonesian Language and Culture Intensive Course) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (Download tanggal : 28 Maret 2007) 5. Hadisoebroto, T Tatanan Panulise Basa Djawa Nganggo Aksara Djawa Sarta Latin. Pantjawarna : Surakarta 6. Opi Aksara Jawa Cikal-Bakal Sejarah Jawa. Yogyakarta : CV Truly Cyber Media (Download tanggal : 3 April 2007) 7. Prastiti. KA, Sri Paparan Perkuliahan Mahasiswa “Membaca dan Menulis Huruf Jawa”. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. 8. Salim, Ali Trik Membuat Animasi Teks dengan Macromedia Flash MX PT Elex Media Komputindo : Jakarta Sayoga, Teguh Budi Komputerisasi Aksara Jawa sebagai media Pembelajaran Membaca dan Menulis Aksara Jawa. (Download tanggal : 19 April 2007) 10. Sutopo, Ariesto Hadi Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu : Yogyakarta 11. Thofani, M. Abi. Sari-Sari Basa Jawi Pepak. Yayasan Amanah : Tuban
Terima Kasih