Agnes Llewelyn 50406040.  Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
“Segalanya Berbicara ; Apa Yang Kita Katakan dan Cara Mengatakannya”
Gambar Ilustrasi.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Grafika Komputer (TIZ10)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
RUSITO 43A PRESENT.
Informasi Bahaya Rokok dan Cara Pencegahannya Dengan
TINGKATAN KOMUNIKASI DAN ETIKA DALAM KEPERAWATAN
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas PEMBUATAN GAME KETANGKASAN BOLA PANTUL for further detail, please visit
PEMBUATAN FILM ANIMASI MENGENAI EFEK RUMAH KACA Dian Purnama Sari,
APLIKASI MULTIMEDIA AUTISME DENGAN MENGGUNAKAN Desi Fuspitasari Saiz
PEMBUATAN ANIMASI PESAWAT NRL07277 MENGGUNAKAN 3D Nurul Inayati
PEMBUATAN GAME “PETUALANGAN TUX” DENGAN MENGGUNAKAN Rahmi Haditama
ADOBE FLASH CS 3 PROFESIONAL PROSES FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN for further detail, please visit
PEMBANGUNAN OBJEK 3D DAN TRANSFORMASI TERHADAPNYA Mirna Ratnawati,
PEMBUATAN CUSTOM TOOL PADA APLIKASI 3DS MAX DENGAN Albertus Bayu Aji Priyono for further detail, please visit
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8
Biografi Kehidupan R.A Kartini Dengan Menggunakan Macromedia Flash MX SUSANTI for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PRODUK “EAT347” DISTRO Freddy Harahap
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
Oleh : Maria Etik Sulistiyani
Animasi Komputer.
1 Pertemuan 06 Manusia, Hewan, dan Lingkungannya Matakuliah: UO112 / Menggambar II Tahun: 2006.
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Pelatihan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Baru Universitas Nasional Tahun 2015 RETORIKA DAN PROTOKOLER.
Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital
PERTEMUAN I ILMU UKUR TANAH II Survei dan Pemetaan
Bagian-bagian komputer
2.Memilih Cerita dan Sesuaikan dengan usia anak
Persepsi Benda dan Persepsi Sosial
PRAKTIK KETERAMPILAN BERBICARA
Animasi 3D dengan Blender
Garis-garis Besar Program E-Learning
DESAIN EFEK GRAFIS 3 DIMENSI DAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D S MAX 9 Shinta Julia, for further detail, please visit
Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembuatan Animasi gerhana Bulan Dengan Menggunakan Macromedia Flash 8.0 for further.
4. Presenting Skill : Olah Tubuh
REPLIKA MOBIL TIGA DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN MAYA 4
PI, Sistem Informasi. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Materi 3 - Komputer Multimedia
Tema TA RTI.
Presentasi Efektif Dengan Microsoft Power Point
PEMBUATAN MODEL KAMPUS DEPOK UNIVERSITAS GUNADARMA Rahman Makmun,
PRAKTIK KETERAMPILAN BERBICARA
JUPITER – Z DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX PEMBUATAN ANIMASI LAYANAN INFORMASI MOTOR YAMAHA for further detail, please visit
Grafika komputer 1.
Tahap analisa karya (E. feldman)
PEMBUATAN WEBSITE KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH Budi Rahmawanto
PERSENTASI ILMIAH 1. Pengertian Presentasi Ilmiah
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Cabri, diperkenalkan untuk membuat ilmu ukur dua dimensi supaya lebih mudah mempelajarinya
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
Manajemen Presentasi Tahap I
Pembuatan Animasi Kartun Apa itu Animasi ? Mengapa harus kartun ? Jenis Animasi ? Manfaat Animasi ?
Rumasti Sianturi Sistem Gerak manusia Susunan Rangka Tubuh manusia.
UNIT 9: TEKNOLOGI ANIMASI
Memahami etimologi multimedia
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Keterampilan Berbicara. Hakikat Berbicara 1. Pengertian Berbicara secara umum dapat diartikan suatu penyampaian maksud baik berupa gagasan, pikiran, isi.
NoNamaPenjelasan 1 Header Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render dan Help 2 Viewport tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek.
PEMBUATAN ANIMASI KARAKTER MENGGUNAKAN AUTODESK Agnes Llewelyn
Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
1. Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
Transcript presentasi:

Agnes Llewelyn

 Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih menarik untuk dilihat.  Karakter 3D manusia akan digunakan sebagai objek dalam simulasi penyelamatan gempa bumi, untuk memberi pengarahan bagaimana cara penyelamatan diri dan memberi gambaran keadaan sekiranya jika seseorang berada dalam situasi tersebut.

 Pembuatan sebuah karakter 3D manusia untuk simulasi penyelamatan gempa bumi yang dapat dianimasikan, serta dapat berekspresi melalui mimik wajahnya.

 Membuat karakter 3D yang dapat berekspresi melalui animasi dan face morphing, yang nantinya akan digunakan pada simulasi.  Simulasi untuk penyelamatan dasar jika terjadi gempa bumi.

 Tahap pertama ◦ Membuat sebuah objek 3D manusia (perempuan), meliputi bentuk tubuh keseluruhan, proses morphing (mimik wajah), dan penganimasian.  Tahap kedua : ◦ Membuat environment/lingkungan untuk simulasi ◦ Membuat simulasi.

 Teknik yang dilakukan adalah membangun objek 3D dengan line/ garis, kemudian dirangkai sedemikian rupa mengikuti gambar referensi wajah perempuan yang telah disiapkan.

 Teknik yang digunakan berbeda dari pemodelan untuk wajah. Pada pemodelan tubuh, objek 3D dibangun dari cube/ kubus yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk tubuh manusia. Cube ini dibentuk mengikuti gambar referensi tubuh manusia (perempuan) yang telah disiapkan sebelumnya.

 Digunakan sebagai “tulang” dari tubuh karakter 3D yang telah selesai dibuat. Biped berfungsi sebagaimana fungsi tulang yang sebenarnya pada tubuh manusia, untuk bergerak, dalam hal ini untuk dianimasikan.

 Perbandingan

 Proses pembuatan karakter 3D (Modeling) dengan jumlah polygon tinggi/ high detail object memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pemodelannya.  Ekspresi mimik wajah karakter 3D, serta animasi tubuhnya berubah sesuai dengan keadaan dalam simulasi. Dengan begitu, hal- hal tentang proses penyelamatan dapat disampaikan kepada penerima informasi.

 Spesifikasi VGA card yang tinggi berpengaruh selama proses pemodelan, yaitu dapat mengurangi terjadinya “hang” yang disebabkan oleh beratnya kerja komputer.  Spesifikasi prosesor tidak terlalu berpengaruh terhadap waktu pengerjaan baik dalam pemodelan maupun proses rendering.

 Simulasi ini dapat dikembangkan lagi dengan penambahan suara dan efek-efek yang berkaitan dengan simulasi, sehingga simulasi dapat menjadi lebih hidup.