TONE/VALUE/TERANG-GELAP DAN TEKSTUR

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dosen: Fitri Catur Lestari, S. Si., M. Si. Metode Statistik Nonparametrik Semester Genap Tahun Akademik 2012/2013 GAMBARAN UMUM PERKULIAHAN Maret 2013.
Advertisements

KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Produksi Media Cetak GAMBAR
MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
BAHAN AJAR IPA KELAS V SEMESTER II
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
SKETSA DAN GAMBAR TEKNIK
Menggambar Rekayasa dan Struktur Bangunan Oleh : Ignatius Haryanto.
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
PERTEMUAN 2 Dosen: Putri Anggraeni Widyastuti, S.Sn., M.Des.
Prinsip-prinsip desain dalam komposisi
Lecture 5 – part 1 Gradasi bahan referensi: Principles of Two-Dimensional Design, Wucius Wong, 1972, John Wiley & Sons, Inc.
Huruf sebagai Elemen Desain
Jenis Kertas.
Principles of Two-dimensional Design, Wucius Wong,
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
Menggambar perspektif
PEMBIASAN PADA LENSA CEMBUNG
PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
BAB II BERKARYA SENI RUPA
SHAPE AND FORM.
Nama, Status, Alumni, Pengalaman
PRINSIP dan UNSUR DESAIN GRAFIS
Matakuliah Pembelajaran IPA MI
PRINADA NUSA AJI, Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.
In-studio assignments
MENGGAMBAR TEKNIK (ENGINEERING DRAWING)
TODAY’S COURSE RUNDOWN ±120 MENIT STUDI MANDIRI. Pre-ASSIGNMENTS YAHOO GROUP: Check, apakah yahoo groups untuk kelas A/B Nirmana 2D telah di set-up? Informasi/update.
Komponen / Elemen Desain Grafis
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Komponen / Elemen Desain Grafis
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TOPIK 3 JENIS MEDIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
DIGITAL PUBLISHING – iii LOGO
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
Desain Input & Output.
GAMBAR BENTUK TEAM DKV UPJ.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
PENGANTAR GAMBAR TEKNIK
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
DISAIN DAN PRODUKSI KRIYA KULIT
MEMPERBAIKI PANEL UTAMA YANG DILAS
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Asyiknya Bermain-main dengan Pencahayaan Alami Permainan lighting atau pencahayaan memegang peranan penting dalam food photography. Mood sebuah foto makanan.
DESKOMVIS 1 TOPIK 13 PEMBUATAN KARYA DESAIN RACK DISPLAY
Komponen / Elemen Desain Grafis
RHYTHM dan DEPTH Pertemuan 3
Ilustrasi dan komik (basic)
Media Sederhana (Papan dan Kain Flanel) 008 oleh Drs Zamris Habib, M
PENGANTAR GAMBAR TEKNIK
Galeri Kolase.
OLEH : Siti umi khumaeroh
DESKOMVIS 1 TOPIK 14 PEMBUATAN KARYA DESAIN E X HIBITION DISPLAY
Komponen / Elemen Desain Grafis
KLARIFIKASI TUGAS KRIMA JURUSAN 2.
MEDIA GRAFIS 2 Oleh: ROHKHIMAH dan HENY WULANDARI.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Pengenalan dan Penggunaan Peralatan serta Kelengkapan Gambar Teknik
GAMBAR TEKNIK PENGENALAN ALAT DAN BAHAN
Informasi untuk Guru (Emas dari Laut
MEMBUAT PRODUK DARI DAUR ULANG LIMBAH KERTAS
Komponen / Elemen Desain Grafis
MONKEY COUNT Sherly Rosiana A Ika Rahmawati A
TEKNIK GEOMATIKA DAN GEOSPASIAL
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PPG DALAM JABATAN Mengidentifikasi Unsur-unsur Visual Nirmana : UKURAN DAN TEKSTUR.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
Transcript presentasi:

TONE/VALUE/TERANG-GELAP DAN TEKSTUR WEEK-4

TONE/VALUE/TERANG-GELAP Untuk keperluan studi nirmana 2D, tone dan value dapat menjadi synonim kata. Value adalah tingkatan terang / gelap yang dipantulkan oleh suatu permukaan.

TEKSTUR ADALAH ATRIBUT VISUAL DAN FISIK DARI SUATU BENTUK TONE DAN TEKSTUR MENUNJUKKAN KARAKTER PERMUKAAN OBYEK

TUGAS DI STUDIO (exercise 9) MENGGAMBAR TEKSTUR PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN TONE Tentukan beberapa obyek yang memiliki tesktur permukaan yang berbeda-beda seperti: - obyek yang berkilauan seperti uang logam, pen metal, plastik, dan sebagainya - obyek yang memiliki tekstur dan pola pada permukaannya, seperti sweater, kaus kaki, tas kulit imitasi, lantai kasar, celana jeans, - obyek yang terbuat dari kayu seperti kusen jendela /korek api / papan triplek / penggaris kayu / pensil kayu - obyek yang terbuat dari kertas seperti tissue makan, kertas cat air - obyek makanan seperti cracker / biskuit - obyek berambut seperti kuas cat - obyek yang berbulu seperti bola tenis / boneka bulu. Gambar salah satu obyek dengan menggunakan terang-gelap/tone/value, dan tekstur, untuk merepresentasikan obyek secara realistic, pada area 16x8 cm. Buat gambar detail perbesaran (close-up) dari tekstur obyek tersebut, pada area 8x8 cm. Media: kertas sketsa, pensil (HB-5B), dan drawing pen/rapido Media background untuk menempel kedua gambar: kertas putih tebal ukuran A4. Orientasi kertas: landscape/horizontal

Contoh Hasil Penggambaran Tekstur dengan Tone KIRI: CLOSE UP DETAIL TEKSTUR KANAN: OBYEK LENGKAP DENGAN TEKSTUR SECARA DETAIL

Contoh-contoh Tekstur Nyata MANGKUK KACA KERTAS TISSUE DAPUR SAPU KARDUS BEKAS

Tekstur di Alam

Contoh Tekstur Lain TEKSTUR CEREAL MERK “CHEX” TEKSTUR KAIN CORDUROY

Remas-remas sehelai kertas hingga membentuk bola TUGAS DI STUDIO (exercise 10) MENGGAMBARKAN KUALITAS 3D DENGAN TEKSTUR DAN TONE Lampu kelas dimatikan sebagian untuk membantu terbentuknya shadow/bayangan. Remas-remas sehelai kertas hingga membentuk bola Sketsa obyek tersebut di atas kertas sketsa putih ukuran 10x10 dengan media pensil HB-5B/sesuai keperluan. Perhatikan posisi jatuhnya bayangan, kualitas terang-gelap, karakter permukaan kertas, dsb. Tempel di background tebal warna hitam ukuran A4, beri label standard di bagian depan bawah. Perhatikan komposisi layout keseluruhan (prinsip desain)

Contoh Sketsa Kantong Kertas

Teknik Penggambaran a

TAKE-HOME EXERCISE TEXTURE DISCOVERIES (Ex.11) Buat reproduksi tekstur dengan teknik: 1. Stamping/Printing/cap – min. 7 tekstur nyata 2. Rubbing (dengan pensil) – min. 7 tekstur nyata 3. Drawing (dengan drawing pen/rapido) – min. 7 tekstur buatan / nyata / kombinasi Ukuran masing-masing bidang bertekstur: 5 x 5 cm. Reproduksi tekstur-tekstur tersebut ditempel pada kertas putih tebal ukuran A3. Orientasi kertas background: landscape. Layout lihat pada halaman berikut. Dikumpulkan Senin tanggal 4 Oktober 2010, di awal studio. Jika terlambat, hanya bisa dikumpulkan minggu depan, dan ADA PENGURANGAN NILAI.

Layout Tugas Texture Discoveries

Printed Texture (CAP/STAMPING)

DRAWN TEXTURE RUBBED TEXTURE

Tekstur dengan Teknik Rubbing

Untuk Persiapan Minggu Depan Siapkan material sebagai berikut: Karton hitam (untuk 2 background A4, dan cadangan untuk membuat tugas figur-ground) Kertas “art paper” 100 gram ukuran A4 Siapkan bulatan-bulatan dari kertas putih (kertas HVS), dan hitam (warnai HVS dengan tinta bak hitam/kertas hitam setebal HVS), dengan menggunakan pelubang kertas. Buat cukup bulatan untuk mengisi bidang 10x10 cm Lem pvc (fox, dsb)/lem kertas Siswa menyiapkan 3 rencana komposisi dengan bantuan komputer di rumah, dan dibawa untuk direalisasikan saat studio. Bentuk-bentuk overlapping (ingat interrelationship of forms) juga dapat disiapkan di rumah jika diperlukan.

Contoh Komposisi Repetition (tugas 1)

Contoh Komposisi Repetition (tugas 2)

Bahan Referensi (dibaca sebelum pertemuan minggu depan) Principles of Two –Dimensional Design. Wucius Wong. John Wiley & Sons, Inc. 1972. Pg. 15-32 (Chapter 3: Repetition, Chapter 4: Structure)  untuk tugas studio minggu depan tgl 5 October 2010 Untuk bahan bacaan sebelum tugas minggu berikutnya (2 minggu lagi): halaman 33-60 (Chapter 5: Similarity, Chapter 6: Gradation, Chapter 7: Radiation). Tugas structure = take home. Dikumpulkan tgl. 12 October 2010

Tugas 3 di studio: Shape and Form (Ex. 12) Baca copy referensi yang dibagikan hari ini (buku: Design Principles and Problems, second edition. Paul Zelanski and Mary Pat Fisher. Thomson Wadsworth. 1996. Pg. 110-114) Siapkan material karton hitam dan art paper putih 100 gr. Untuk membuat komposisi-komposisi dari referensi di atas. Komposisi berukuran 8x8. Background berukuran A4. Label standard. Pengumpulan awal studio minggu depan