MINGGU 1 Java Programming (MKB614C)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CARI ERROR !!! ADA BERAPA KESALAHAN ??? Apa beda JRE dan JDK ??? JDK JRE.
Advertisements

Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep.
Malang,22 November 2012
Membuat class sendiri.
Java Progamming Operasi I/O
Array.
Praktikum Bahasa Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
Workshop SCS: Java Game Programming
Flow Control & Exception Handling
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Modul 1- Review Java.
MINGGU 2 Java Programming (MKB614C)
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Mendapatkan input dari keyboard
BAB 2 DASAR PEMROGRAMAN JAVA
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Object Oriented Programming (OOP)
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
1 Pertemuan 4 ELEMEN DASAR C++ Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA
OOP Java 06 Polymorphism.
Struktur Program Java Tipe data.
Dasar pemrograman.
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Struktur kontrol.
03 Elemen Dasar Bahasa Java
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Pengenalan Pemrograman Java
Pemrograman berorientasi objek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
VARIABEL DAN JENISNYA A. Ridwan Siregar.
JAVA FUNDAMENTAL.
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pertemuan 5 Tipe Data, Operator, Tata Bahasa
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
(IDENTIFIER, KEYWORD, LITERAL DAN TIPE DATA, OPERATOR, SEPARATOR)
Pemrograman berorientasi Objek
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan dan Struktur Java (Operator dan Input)
Pengenalan Program Java
Elemen-elemen Dasar Pada Bahasa C++
Tipe Data Dasar Variabel dan Konstanta
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Melda Dahoklory,S.Kom,MT
Review Materi Java Fundamental
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
S. Indriani Lestariningati, M.T
Pendahuluan PBO.
Dasar Bahasa Java.
Pengenalan JAVA Pengenalan JAVA.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mengulang Kembali Type Data Input Output Struktur Kontrol
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Pengenalan Pemrograman 1
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

MINGGU 1 Java Programming (MKB614C) Pokok Bahasan: Informasi matakuliah Tujuan Instruksional Khusus: Agar mahasiswa mendapatkan gambaran umum mengenai materi-materi akan ddiperoleh dari mata kuliah ini. Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 1

Java Programming (MKB614C) Deskripsi & Tujuan Buku Pegangan Bobot Penilaian Waktu Kuliah & Konsultansi Rencana Perkuliahan Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 2

Java Programming (MKB614C) Deskripsi dan Tujuan Deskripsi Tujuan Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 3

Java Programming (MKB614C) Buku Pegangan Y. Daniel Liang (2015), JAVA PROGRAMMING COMPREHENSIVE VERSION, Tenth Edition, Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall. Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 4

Java Programming (MKB614C) Penilaian Bobot penilaian (Kelas dan Lab) Nilai Harian 40% Quiz /Tutorial / Homework UTS 30% UAS 30% Total 100% Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 5

Waktu Kuliah & Konsultansi Jadwal Kuliah: Kamis: 10:00-13:00; (LK.B) Konsultasi Email: Agung.made@kwikkiangie.ac.id Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 6

Rencana Perkuliahan (1) W01 – Dasar pemrograman Java W02 – Selections & Loops di Java W03 – Fungsi matematika, character, string W04 – Methods, fungsi & array W05 – OOP: Objects & Classes W06 – Inheritance & Polymorphism W07 – Abstract Classes and Interfaces Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 7

Rencana Perkuliahan (2) W08 – Exception Handling & Binary I/O, Eclipse W09 – Collection Iterators, List W10 – Multithreading & Parallel Programming W11 – JDBC W12 – GUI Basics W13 – Applets and Multimedia W14 – JSP & Servlet Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 8

MINGGU 1 Java Programming (MKB614C) Pokok Bahasan: Dasar pemrograman Java Tujuan Instruksional Khusus: Agar siswa memahami dasar-dasar pemgrograman di Java Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 9

Agenda Java Spesifikasi, JDK & IDE Style pemrograman dan dokumentasi Membuat, mengkompile & menjalankan java Menerima input dari console Indentifier & variabel Assignment statement Nilai konstan Tipe data numerik Operator aritmatika Minggu 1 Page 10

Java spesifikasi, API & JDK Java syntax adalah syntax penulisan bahasa java yang didefinisikan dalam Java language specification (bahasa java) Java library didefinisikan dalam java API JDK (Java Development Kit) adalah software untuk membuat dan menjalan program Java JRE (Java Runtime Environtment adalah software untuk menjalan program Java IDE adalah aplikasi yang menyediakan lingkungan khusus untuk pengembangan aplikasi (Netbeans & Eclipse).

Platform Java

Aplikasi Java

Sekilas Java SE

Java Virtual Machine (JVM) JVM adalah landasan dari platform Java. Komponen Teknologi JVM: Memberikan lingkungan agar program/aplikasi Java dapat berjalan tanpa bergantung hardware & sistim operasi. Menjaga binary program/aplikasi Java (Java bytecode) tetap kecil. Melindungi pengguna dari malicious program.

Arsitektur JVM pada Spesifikasi Java SE 7 Edition

JCP & JSR Java Community process: mekanisme untuk pengembangan spesifikasi teknis standar Java (Java Spesification Request). JSR untuk Java di kelompokan berdasarkan platform Java Micro Edition JSR 85 Java Standar Edition JSR 62 Java Enterprise Edition JSR 57 https://www.jcp.org/en/home/index

Style pemrograman & dokumentasi Style pemrograman berhubungan dengan gaya penulisan source code Style pemrograman yang baik, akan memperkecil error dan memudahkan source code di baca. Dokumentasi berhubungan dengan penjelasan dari program/source code. Umumnya dalam source code, dokumentasi di letekan dalam tag comment. Yang perlu diperhatikan dalam style pemrograman: Comment pada program Proper indent & spasi Block style

Comment pada program Inline: koment inline dimulai dengan // Multiline: koment multiline (block) dimulai dengan /* diakhiri dengan */ Multi line koment yang dimulai dengan /** akan di extract menjadi dokumentasi proram dengan tools javadoc.exe

Proper indent & spasi Konsistensi dalam gaya penulisan source code dengan memanfaatkan indent dan spasi akan membuat: Source code jelas & mudah dibaca. Mudeh didebug. Mudah dimaintenance Contoh: System.out.println(3+4*4); Bad style System.out.println(3 + 4 * 4); Good style

Block style Block adalah source code yang di group, umumnya untuk menyelesaikan suatu proses/perhitungan. Block dalam java di awal { diakhiri dengan } Contoh: public class ShowSyntaxErrors { public static main(String[] args) { System.out.println("Welcome to Java); }

Tools untuk membuat program/aplikasi Java Program/aplikasi java dapat ditulis tanpa menggunakan tools/IDE khusus atau dengan menggunakan tools/IDE. Tanpa tools/IDE Notepad Notepad++ Dengan tools/IDE Eclipse Netbeans NOTE: File yang berisi source code, harus berupa text (latin) dan dismpan dalam file berekstensi .java

Mengkompile & menjalankan program Java Untuk dapat mengkompile program/aplikasi java, dibutuhkan JDK (Java Development Kit) > javac helloworld.java Untuk dapat menjalan program/aplikasi java (Java bytecode), dibutuhkan JRE (Java Runtime Eniveronment). Note: JRE sudah disertakan dalam software JDK. >java helloworld Note: tools/IDE membutuhkan JDK agar dapat berjalan.

Bagaimana program Java berjalan

Menulis program Java Setiap program Java dikenal sebagai class. Nama file harus sesuai dengan nama class. Java program harus memiliki 1 method main public & static Contoh HelloWorld.java public class HelloWorld { public static void main(String[] args ) { System.out.println("I Love Java"); }

Kelas System Kelas System adalah kelas yang tersedia di Java, yang menyediakan Fasilitas untuk mengakses input, output dan error. Fasilitas untuk mengakses eksternal property dan variabel lingkungan (system). Fasilitas untuk me-Loading file & library. Fasilitas untuk mengcopy suatu bagian dari array.

Menerima input dari console Salah satu cara untuk menerima/mengambil input dari user adalah menggunakan class Scanner dari library java.util. Untuk membuat object Scanner digunakan syntax: Scanner input = new Scanner(System.in);

Method Scanner untuk membaca input dari console String Membaca per token string: next() Membaca per line string: nextLine() Number Membaca integer: nextInt() Membaca float: nextFloat() Membaca double: nextDouble()

Identifier di Java Identifier adalah nama/identitas dari class, method dan variabel. Aturan indentifier dalam Java: Identifier terdiri dari huruf, angka, underscore (_) dan dollar ($) Identifier harus dimulai dari huruf, underscore atau dollar ($). Identifier tidak boleh berupa reserved word. Identifier tidak boleh berupa true, false atau null. Ukuran identifier bebas. Contoh identifier yang benar: Name _id $name

Reserved word di Java abstract assert boolean break byte case catch char class const continue default do double else enum extends final finally float for goto if implements import instanceof int interface long native new package private protected public return short static strictfp* super switch synchronized this throw throws transient try void volatile while

Variable di Java Variable adalah tempat menyimpan suatu nilai yang dapat diproses. Contoh variable untuk mengihutng luas suatu persegi empat: double panjang = 4; double lebar = 2; double luas = panjang * lebar; Variable constant: adalah variable dengan nilai tetap (tidak dapat dirubah), yang ditandai dengan final

Convensi penamaan di Java Tujuan convensi penamaan di Java adalah untuk memudahkan dalam membaca program dan penanganan kesalahan. Convesi penamaan di Java: Gunakan huruf kecil untuk penamaan variabel dan method. Bila merupakan gabungan 2 kata atau lebih, huruf awal pada kata ke-2 dst dimulai dengan huruf besar. Contoh: nilaiUjian, luasKotak, dll. Penamaan class dimulai dengan huruf besar. Contoh class HelloWorld. Penamaan variabel konstan, menggunakan huruf besar semua. Contoh: PI, MAX_VALUE, dll.

Tipe data numeric IEEE 754

Numeric Literal Numeric literal adalah nilai konstan di Java Integer literal Untuk menunjukan variabel integer bertipe long digunakan huruf L atau l. Contoh: long l = 83648L; Floating point literal Untuk menunjukan variabel float atau dobule digunakan huruf f/F dan d/D Contoh: float f = 100.2f Scientific Notation Untuk menunjukan variabel scientific digunakan huruf e/E Contoh: 1.23456 * 10-2 ditulis double d = 1.23456E-2;

Urutan dalam perhitungan aritmatik Java melakukan perhitungan dengan urutan sbb: Perkalian, pembagian & modulo dilakukan diawal dari kiri ke kanan. Penambahann & pengurangan dilakukan terakhir dari kiri ke kanan. (3 + 4 * x) / 5 – 10 * (y - 5) * (a + b + c) / x + 9 * (4 / x + (9 + x) / y)

Ilustrasi perhitungan aritmatik

Waktu system Untuk mendapatkan waktu system digunakan method currentTimeMillis dari kelas System. Contoh: long totalMilliseconds = System.currentTimeMillis(); long totalSeconds = totalMilliseconds / 1000; long currentSecond = totalSeconds % 60; long totalMinutes = totalSeconds / 60; long currentMinute = totalMinutes % 60; long totalHours = totalMinutes / 60; long currentHour = totalHours % 24; System.out.println("Current time is " + currentHour + ":" + currentMinute + ":" + currentSecond + " GMT");

Operator Assignment

Operator penambahan & pengurangan

Conversi numeric Floating-point numbers dapat diconversi menjadi integers dengan eksplisit casting. Contoh: (int)1.7 -> 1 (double)1 / 2 -> 0.5 1 / 2 -> 0

Latihan & Review W01 Buatlah program untuk menghitung Diameter lingkaran Keliling lingkaran Luas lingkaran Input dari console “Masukan nilai jari-jari lingkaran: ” Output dari console bila jari-jari 10: Diameter lingkaran = 20.0 Keliling lingkaran = 62.8 Luas lingkaran = 314 PI adalah variable constan final

Buatlah program untuk mengkonversi suhu dari celcius (°C) ke : Kelvin -> K = °C + 273,15 Fahrenheit -> °F = °C × 1,8 + 32 Rankine -> °Ra = 1,8 × (°C + 491,67) Delisle -> °De = (100 − °C) × 1,5 Newton -> °N = °C × 33/100 Réaumur -> °Ré = °C × 0,8 Rømer -> °Rø = °C × 21/40 + 7,5 Input dari console “Masukan suhu dalam celcius: ” Kirim jawaban ke email agung.made@kwikkiangie.ac.id Subject: W01 [no mahasiswa], Contoh Subject: W01 1230123