PSIKOLOGI TIMUR Psikologi Kepribadian 2 11 Juni 2013

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sabtu, 14 Mei Kebutuhan fisiologis: kebutuhan paling dasar dr hdp manusia Ex: makan, air, kebutuhan seksual, termasuk perlindungan kesehatan. Kebutuhan.
Advertisements

1. SDM (supportif): untuk membantu peg agar berprestasi lebih baik, menjadi org yg lbh bertanggung jawab dan berusaha menciptakan suasana dimana mrk dpt.
NILAI-NILAI NURANI (VALUES OF BEING)
Kepemimpinan dlm Organisasi Sesi 6
KONSEP DASAR SISTEM HO 1 KONSEP DASAR SISTEM.
HUKUM ADMINISTRASI NEGARA
Filsafat Pancasila.
Manusia dan Kegelisahan
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
BEZIT.
PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA
Kebaikan, Kebajikan, dan Kebahagiaan
SEJARAH HUKUM INTERNASIONAL & PERKEMBANGANNYA
BAB IV PERAN ETIKA DAN KEWAJIBAN PROFESI
Manusia dan Tanggung jawab
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
TEORI SELF - ROGERS E.M AGUS SUBEKTI, Drs, M.Kes, M.Psi, Psi
Manajemen Waktu Proyek
TEORI IDENTITAS EGO (ERIKSON)
Tipologi-Tipologi Yang Berdasar Temperamen
PSIKOLOGI KEPRIBADIAN 1 Weni Endahing Warni, M.Psi, Psikolog Selasa, 8 Nopember 2010  FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS HANG TUAH.
VEIT & GOULD, 2004:8, Benefit of Doing Research Mempelajari suatu keahlian dasar (learning an essential skill). Secara pribadi/langsung mendapatkan.
TEORI SOSIOLOGI KONFLIK KLASIK
Social & Community Development
PERSPEKTIF HISTORIS tentang PERILAKU ABNORMAL
TEORI HUMANISTIK (A.H MASLOW)
Kuliah ke 3 dan 4 PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT.
Psikologi Kepribadian 2
PERSEKUTUAN PERDATA (burgerlijke maatschap)
KONSEP-KONSEP PERILAKU
Humanistic Self Actualization Theory - Maslow
Metode Pengembangan Partisipatif
KONSEP MUTU DALAM PELAYANAN KESEHATAN
MANAJEMEN USAHA TERNAK
Pengenalan Terhadap Dinamika Kelompok
Manajemen Waktu Proyek & Penjadwalan Proyek
PENGANTAR PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS
KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI OLEH : ARIS FEBRI RAHMANTO
NILAI-NILAI NURANI (VALUES OF BEING)
Field Theory – Kurt Lewin (1890 – 1947)
Psikologi Kepribadian 2
TEORI IDENTITAS EGO (ERIKSON)
Holistik dan Humanistik
RASIONALISME SUMBER PENGETAHUAN YANG DAPAT DIPERCAYA ADALAH AKAL (RASIO) PENGALAMAN (EMPIRI) BERFUNGSI MENEGUHKAN PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH OLEH AKAL.
TEORI KEPRIBADIAN BEHAVIOR B.F. SKINNER
Integrated Pest Management (IPM)
Kurt Goldstein TEORI ORGANISMIK.
TEORI MURRAY PSIKOLOGI KEPRIBADIAN 1
Pengembangan Bagian Makalah
TEORI FIGURE/GROUND Teori2 figure/ground dipahami dr tata kota sbg hubungan tekstural antara bentuk yg dibangun (building mass) dan ruang terbuka (open.
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.
MANUSIA SBG MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
MENGAPA MANUSIA HARUS BERKOMUNIKASI OLEH : ARIS FEBRI RAHMANTO
KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN
BEZIT.
FUNGSI PENGGERAKKAN SUATU PROSES MANAJEMEN YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIMBINGAN DAN PENGGERAKKAN TERHADAP PARA BAWAHAN AGAR MAU MELAKSANAKAN TUGASNYA.
MELAKUKAN PENELITIAN VEIT & GOULD, 2004:8,
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
TEORI EKSISTENSI (BISWANGER)
JUNG - ADLER PSIKOLOGI KEPRIBADIAN 1
KONSEP DOLLAR & MILLER REINFORCEMENT
Psikologi Kepribadian 1 Weni Endahing Warni, M.Psi, Psi
IMBALAN, HUKUMAN & DISIPLIN
JUNG - ADLER PSIKOLOGI KEPRIBADIAN 1
Review all kepribadian 2
KONSEP MUTU DALAM PELAYANAN KESEHATAN
PENGANTAR HUKUM EKONOMI
SOCIAL LEARNING BANDURA
TEORI PSIKOLOGI STRUKTURALISME Tokoh : WILHELM WUNDT Pendapatnya : Utk mempelajari gejala-gejala kejiwaaan kita hrs mempelajari isi & struktur jiwa.
PENDEKATAN EKSISTENSIAL-HUMANISTIK
Transcript presentasi:

PSIKOLOGI TIMUR Psikologi Kepribadian 2 11 Juni 2013 Drs. E.M Agus Subekti, M.Kes., M.Psi., Psikolog Weni Endahing Warni, M.Psi., Psi Lutfi Arya, M.Psi., Psikolog

Ajaran /kajian kepribadian ttg hidup Ajaran ABHIDAMMA Ajaran Budha Gautama  konsep2 psikologi scr umum yg menyoroti ttg aktivitas jiwa. Banyak dirujuk oleh pemikir Barat, Tokoh Romawi dan Yunani. Psi. Timur tidak berkembang, berkaitan dg metode yg sifatnya sangat subyektif, yaitu metode penghayatan. Hidup melakukan pengorbanan.

Ada 3 konsep dasar Abhidamma: Hidup memiliki 3 prinsip Aktivitas jiwa manusia Pikiran manusia merupakan hasil/produk dr aktivitas panca indera

Hidup memiliki 3 prinsip (objek kajian fenomenologi) a. Hidup adl penderitaan. Yg tdk mau menderita maka mengakhiri hidupnya  pengingkaran thd aktivitas kehidupan. Spt konsep psi. eksistensi  jk mans tdk mau eksis maka dibuang. Mans lahir hrs berusaha, krn memiliki potensi (Growth Need)  aktualisasi diri. b. Dalam hidup sll ada jalan/alternatif. Goldstein : dlm kehidupan ada kanal2/jalan. Apakah manusia mau mencari jalan tsb? Hidup bukan mrpkn hadiah. Manusia hrs mampu memaknai penderitaan  krn ada jln utk melalui penderitaan tsb. c. Hidup memberikan reward/hadiah, jika manusia mampu melalui penderitaan & menemukan alternatif/jalan utk hidup kepuasan.

3 prinsip diatas mrp suatu gejala/fenomena dlm hidup. Jika memakai Psi.Barat maka ke 3 prinsip tsb mjd kajian Fenomenologi (Rogers).

Rogers: Menyoroti ttg gejala yg sll eksis, meng”ada” (fenomenologi) Jung: juga mengembangkan ttg fenomena yg terkait dg ekstravert & introvert. Memadukan dg filsafat timur. Metode penghayatan bukan pd eksperimen (deep feeling). Prinsip Integralistik: Suatu bentuk kesatuan yg tdk bisa terpisahkan Maslow: Integralistik yg holistik (mencakup keseluruhan) Behavioristik: Melihat perilaku dg cara eksperimen.

2. Aktivitas jiwa manusia (ATTA)  menggambarkan seluruh aktivitas jiwa yg menggambarkan suatu dinamika. Jiwa memiliki 2 unsur = suci & tdk suci Mempengaruhi tipologi kepribadian manusia. Suci = Kusula Tipe Tdk suci = Akusula Kepribadian

Jika dikuasai dg unsur suci maka mjd bijaksana shg sifat yg muncul adl ‘wise’, ‘wisdom’, baik, suka menolong, mengabdi pd sesama. b. Jika dikuasai oleh unsur tdk suci, maka mjd pendengki shg sifat yg muncul adl iri hati, tdk suka kedamaian, profokasi. c. Tipe jiwa yg acak2an, campuran silih berganti antara jiwa yg sehat & yg tdk sehat (Delude). Dilihat dr tempat tidur, jika bangun tidur loncat kmd tempat tidur dibiarkan acak2an, maka indikasi memiliki pribadi yg acak2an, mudah melemparkan tanggung jawab.

□ Perubahannya tergantung pada pengendalian diri. □ Menurut prinsip Abhidhamma = membentuk pribadi (sehat), dg ciri: tanpa stres, mengalir, tdk berarti tdk punya prinsip, tdk memiliki tekanan, jk ada tekanan maka dianggap sbg feedback. □ Golongan akhir pribadi Arahat: menuju NIRWANA  alam yg kosong & tdk terkontaminasi byk hal.

3. Pikiran manusia mrp hasil/produk dr aktivitas panca indera. Panca indera memiliki ambang batas (keterbatasan) dlm melakukan proses penginderaan shg pikir tsb arahnya mjd sesat/tersesat. Contoh: melihat laki2 yg tinggi, dipikir dpt melindungi, memayungi, pdhal belum tentu menimbulkan sesat. Shg sbg mans hrs mengembangkan intuisi (indera keenam) kepekaannya perlu dilatih, krn indera keenam tdk memiliki ambang batas. Ada reinkarnasi  perubahan status dr hidup sbg mans, turun mjd level binatang, turun lg mjd level tumbuhan.

KONSEP ANIMA (JUNG) Agar tdk tjd reinkarnasi, maka mans hrs mengolah pikir, mengembangkan intuisi dg cara: □ Konsentrasi: memusatkan perilaku mans POLA tertuju pd satu tujuan/objek. PIKIR □ Mindfullness meditation. (Meditasi scr penuh) SEHAT tdk menyingkirkan obyek2 kehidupan tp sbg (TINGKAT fenomena yg saling menopang dicapai oleh NIRWANA) org2 yg sdh terlatih.

Psikologi Timur Keselarasan pelaksanaan. Mlht konsep harmoni, memotret bgian ujung dr lingkaran keselarasan antar teori. Inti harmoni mengembangkan unsur jiwa yg suci, kemampuan mengelola. Sisi pandang lain yg m’jlskan ttg humanistik Agr tdk sesat “ada karma” yg mrpkn doktrin yg mmlk 3 makna : 1. Kematerialan : keduniawian Tdk suci/ ing menguasai dunia dgn m’halalkan sgl cr menyesatkan

Lanjutan 2. Doktrin kepatuhan Yg tdk pth akn menerima buah ktdkpatuhan, tdk ujian tdk dpt nilai ulang menderita, ada tingkatan2 KESEHATAN MENTAL Pikir Rasa Psikosomatik Dgn mengikuti kaidah2 kusula (kebaikan)

ATAS PERHATIANNYA TERIMAKASIH