Deni Hardianto1 APC Deni Hardianto2 Akhir Abad 20-an Model abad ke 21.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEDIA PENDIDIKAN.
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer
Media Pembelajaran Dosen Pengampu: Syafi’i S.Pd. M.Pd
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
BAB I Dasar Teknologi Informasi
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
PERKEMBANGAN DAN PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
STMIK AKBA MAKASSAR.
KONSEP DASAR Konsep Sistem Konsep Informasi
Komputer untuk Pendidikan
Hardware Software Brainware
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Komang Kurniawan W..
GAMBARAN UMUM KOMPUTER
Pertemuan 2 Perkembangan Komputer. Francis Matheos Sarimolle,S.Kom,M.Kom.
DRS. CIPTO BUDY HANDOYO,M.PD./uny/fbs/musik.  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA Kata para ahli berkaitan.
BAB I SISTEM INFORMASI.
PENGERTIAN KOMPUTER 1 Komputer berasal dari bahasa latin computare artinya menghitung. 2 Hamacher, 2001: komputer adlh mesin penghitung elektronik yg cepat.
Dosen : Safarindra T. S. Updated : 03/11/2009. Komputer (computer) diambil dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon)
Dunia Kini & Masa Depan Untuk pertama kali dalam sejarah hampir segala hal mungkin dilakukan Informasi dapat diakses dengan cepat Ilmu tersedia dimana.
PERTEMUAN KEDUA PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE.
MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Computare (Latin) to compute menghitung
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
KOMPUTER.
Teknologi Informasi  TI / (Information Technology  IT) Rahmat D.R. Dako, ST., M.Eng.
Definisi Komputer Beberapa definisi tentang komputer
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Pengertian Teknologi Informasi Komponen Teknologi Informasi
SUMBER DAYA SISTEM INFORMASI
Magister Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2017
Sistem Informasi Manajemen DOSEN : GDE BRAHUPADHYA SUBIKSA
PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN DATA KESEHATAN
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Pertemuan ke-2 Didalam komputer
Oleh Lasminiasih, SE,.MM Teknologi komputer.
Intermezzo... Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajran. Media sangat bermanfaat sebagai penyampai.
Pengenalan Komputer harunur rosyid.
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
KEGIATAN BELAJAR 1 SISTEM KOMPUTER IDIK 4010 Komputer dan Media Pembelajaran by maspupang.co.id.
(Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Dasar SISTEM INFORMASI
KOMPUTER.
GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI dan TEKNOLOGI INFORMASI
GAMBARAN UMUM By : napalak.
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Materi Komputer, Sistem Komputer dan Komponen Komputer
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
MENGENAL ICT oleh: Saiful Amien.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Matakuliah : Perangkat Keras Komputer Versi Materi Gambaran Umum
KOMPUTER Seperangkat alat elektronik yang bekerja bersama-sama membentuk satu kesatuan di bawah suatu perintah (instruksi) membutuhkan sumber daya listrik.
Teknologi Informasi.
Computare (Latin) to compute menghitung
Pengantar Aplikasi Komputer
Pengantar Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Computare (Latin) to compute menghitung
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Akhmad soleh arifin PKBM BINA BANGSA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)
Transcript presentasi:

Deni Hardianto1 APC

Deni Hardianto2 Akhir Abad 20-an Model abad ke 21

Deni Hardianto3 Revolusi Belajar Untuk pertama kali dalam sejarah hampir segala hal mungkin dilakukan Informasi dapat diakses dengan cepat Ilmu tersedia dimana saja dan kapan saja Guru bukan satu-satu sumber informasi Dunia tanpa batas Dunia menjadi ruang kelas Kita hidup dalam zaman komunikasi instan

Deni Hardianto4 DULU DAN SEKARANG….. Wow… keren !!! Ra…iso komputer, kuno…!! Hebat ya..

Deni Hardianto5 Cara Menuntut PERUBAHAN Paradigma Gaya/Budaya Metode Etos Kerja

Deni Hardianto6 LANGKAH MENUJU MASYARAKAT PEMBELAJAR (bagi guru) Posisikan peran komunikasi elektronik didunia pendidikanPosisikan peran komunikasi elektronik didunia pendidikan Pelajarai komputer dan internet Kuasai bahasa Perbaiki sistem pembelajaran Tanamkan kesadaran “Belajar tentang cara belajar dan berpikir”

Deni Hardianto7

8 Teknologi Informasi (TI) sudah hadir dengan segudang potensi dan manfaat.

Deni Hardianto9 CIRIPRA INFORMASIONAL INFORMASIONAL Jumlah informasi Penambahan Kecepatan transmisi Lingkup Dasar seleksi Biaya Isi informasi Lokasi informasi Jangkauan Cara penyampaian Jenis Variasi Unit penanganan Pengolahan Ukuran TI Kompleksitas Arus informasi Pemecahan masalah Kerahasiaan Orientasi waktu Langka Linear Lambat Sempit Kabur Mahal Stabil Tetap Terbatas Monomedia Rendah Pengalaman langsung Individu Hierarkhis Monistik Sederhana Paternalistik Penuh lampau Melimpah Eksponensial Cepat Luas Tepat Murah Berubah-ubah Mobile Luas Multimedia Tinggi Tidak langsung Bantuan mesin HorisontalPluralistik Kecil Komplek Banyak ke seorang Penetrasi Futuristik

10 Deni Hardianto

11 DISKUSIKAN ISTILAH BERIKUT…… Sistem Informasi Sistem Informasi Manajemen Informasi Manajemen Informasi Sistem Informasi Manajemen Sistem Informasi Manajemen Teknologi Informasi Teknologi Informasi

Deni Hardianto12 SISTEM INFORMASI Adalah kombinasi prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter: 1992) Sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai (Hall: 2001)

Deni Hardianto13 MANAJEMEN INFORMASI MANAJEMEN INFORMASI adalah ‘PENGELOLAAN DATA’ dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen. MANAJEMEN INFORMASI adalah ‘PENGELOLAAN DATA’ dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.

Deni Hardianto14 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Sebuah sistem yang menyangkut metode dan upaya terorganisasi dalam melakukan fungsi pengumpulan data (baik data-data dari dalam dan luar lembaga) serta DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER data-data yang telah dikumpulkan tadi diproses untuk menghasilkan dan menyajikan informasi yang terkini, akurat dan cepat bagi para pengambil keputusan manajemen.

Deni Hardianto15 TEKNOLOGI INFORMASI Studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja termasuk kata,bilangan, gambar dll (kamus Oxford: 1995) Segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronik (Lcs: 2000)

Deni Hardianto16

Deni Hardianto17 DATA????? INFORMASI??? TEKA-TEKI TIGA ANAK MASING-MASING TERSENYUM DUA KALI

Deni Hardianto18 Diolah dalam bentuk yang lebh berguna bagi penerimanya DATA: BAHAN MENTAH, BAHAN BAKU INFORMASI BELUM TERORGANISIR 1.AKURASI DAN PRESISI 2.TEPAT WAKTU/ TIMELINESS (USIA/RENTANG WAKTU) 3.RELEVAN DAN BERNILAI 4.LENGKAP DAN RINGKAS 5.AKSESIBILITAS 6.OTORITAS SUMBER DATA VS DATA VS INFORMASI INFORMASI QUALITY OF QUALITY OF INFORMATION INFORMASI: HASIL DARI PEMROSESAN, MANIPULASI DAN PENGORGANISASIAN DATA MRPKN BENTUK YG LEBIH BERGUNA DAN BERARTI BAGI PENERIMA

Deni Hardianto19 Mengolah data menjadi informasi DATA BISA ANGKA, GAMBAR, HURUF ATAU PERPADUAN KEDUANYA, PROSES BISA MANUAL ATAU DENGAN KOMPUTER, DATA BISA JADI INFORMASI, INFORMASI KEMBALI MENJADI DATA DATA DITANGKAP ENTRI DATA PROSES OUT (Informasi) PENERIMA TINDAKAN/ KEPUTUSAN HASIL TINDAKAN Format, memilih, meringkas Menterjemahkan B/S, baru, tambahan, korektif, penegas Tindakan Mengumpulkan data Simpan Ambil

Deni Hardianto20 Komunikator ingin mengatakan sesuatu, tujuan komunikatif, memilih kode Receiver: ingin mendengar, tertarik dengan tujuan, memproses kata/bahasa ENCODER (PENYANDI) DECORDER (Pemecah sandi) SIGNAL/ Tanda-lambang VERBAL / NON VERBAL PESAN: GERAK, MIMIK, PETA, GAMBAR, LISAN MEMAHAMI, MENGHAYATI, MENYIMAK, MAKNA SEJARAH: TULISAN, PERCETAKAN, ELEKTRONIK

Deni Hardianto21 TIK: SEGALA ASPEK YANG TERKAIT DENGAN PEMROSESAN, MANIPULASI, PENGELOLAAN, DAN PEMINDAHAN INFORMASI ANTAR MEDIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERTENTU (DEPDIKNAS, 2004) –HARDWARE, SOFTWARE ATAU GABUNGAN KEDUANYA Teknologi bukan sekedar hardware namun juga software berupa program pendidikan yang harus disusun dengan prinsip-prnsip tertentu. TI: TEKNOLOGI YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MENYIMPAN, MENGHASILKAN, MENGOLAH SERTA MENYEBARKAN INFORMASI (Zorkoczy, 1988:08) PERANGKAT KERAS DALAM SUATU ORGANISASI YANG MENGANDUNG NILAI-NILAI SOSIAL, YANG MEMUNGKINKAN SETIAP INDIVIDU MENGUMPULKAN, MENGOLAH DAN SALING BERTUKAR INFORMASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN: SEBAGAI ALAT:PENGGUNAAN ALAT TEKNOLOGI UNTUK MENUNJANG EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI SEBAGAI SISTEM: PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Deni Hardianto22 Pengertian Siklus Komputer sistem Perkembengan komputer

Deni Hardianto23 Pengertian KOMPUTER berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti MENGHITUNG. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.

Deni Hardianto24 MENURUT AHLI…. Pengertian Menurut HAMACHER, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut BLISSMER, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: - menerima input - memproses input tadi sesuai dengan programnya - menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan - menyediakan output dalam bentuk informasi Sedang Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Deni Hardianto25 SIMPULAN DEFINISI… Pengertian Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengelola data Dapat memberikan informasi Menggunakan memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis ………………………? Back

Deni Hardianto26 INPUT ProsesOUTPUT INPUT Proses OUTPUT Distribution Organitation OUTPUT

Deni Hardianto27 HARD WARE SOFT WARE BRAINWARE Komputer sistem

Deni Hardianto28 HARD WERE Komputer sistem INPUT Proses OUTPUT 1.Keyboard 2.Mouse 3.Scanner 4.Digital kamera 5.Touch screen CPU -Hard disk -RAM -dll 1.Monitor 2.Printer 3.LCD 4.Speaker

Deni Hardianto29 SOFT WERE Komputer sistem Sistem operasi Microsoft DOS Unik Linux MAC OS 1.Menjalankan komputer 2.Menjalankan program aplikasi 3.Mengelola file 4.Menumpuk data 5.Mengola data Jenis Program dalam sistem operasi Bootstrap Loader Diagnostic test Operating system executive BIOS Perangkat lunak Aplikasi Software Pengeloaan Kata Software Pengelola Angka Software Grafis Software Multimedia Software Database

Deni Hardianto30 Kemampuan Komputer Yang paling menakjubkan dari komputer adalah KECEPATANNYA. Satuan waktuKecepatan Millisecond (ms) Microsecond (us) Nanosecond (ns) Picosecond (ps) Ribu operasi per detik 1/1000 Juta operasi per detik 1/ Milyar operasi per detik 1/ Triliun operasi per detik 1/

Deni Hardianto31 KAPASITAS MEMORI KOMPUTER SATUAN MEMORI KAPASITAS 1 Byte 1 KB (Kilobyte) 1 MB (Megabyte) 1 GB (Gigabyte) 1 Terabyte) 8 bit atau 1 karakter 1024 Byte 1024 KB atau byte 1024 mb atau Kb atau byte GB atau byte

Deni Hardianto32 Komputer akan mengalami kesalahan jika Komponennya rusak Data yang dimasukan salah, maka hasilnya akan salah. Terkena virus

Deni Hardianto33 PerbandinganManusiaKomputer 1. Kecepatan 2. Ketepatan 3. Daya tahan memproses 4. Kemampuan mengingat 5. Kemampuan mengikuti perintah 6. Kemampuan berinisiatif dan beradaptasi 7. Kemampuan membuat pertimbangan Relatif lambat Mudah salah Cepat lelah Kurang akurat Kurang baik Sangat baik Sangat cepat Tepat Tidak kenal lelah Akurat Baik Jelek jelek Perbandingan kemampuan manusia dan komputer

Deni Hardianto34 Access Point Hub/Switch Access Point User C User D User B User A ISP/INTERNET APC SERVER

Deni Hardianto35 PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN INGA’-INGA’ (GEORGE WILSON)

Deni Hardianto36 PENGALAMAN BELAJAR (EDGAR DALE) Kerucut

Deni Hardianto37 Lambang kata Lambang Visual Gambar diam, rekaman radio Gambar hidup Telivisi Karyawisata Dramatisasi Benda tiruan/ pengamatan Pengalaman Langsung Kerucut Pengalaman Edgar Dale Abstrak Konkreat

Deni Hardianto38 PENGALAMAN BELAJAR (HARGISON,1977) 10% DARI YG DIDENGAR 50% DARI YG DILIHAT 60% DARI YG DIKATAKAN 90% DARI YG DILAKUKAN

Deni Hardianto39 GAYA BELAJAR Visual Auditory Tactual FilmSlideVCD Tape Recorder Diskusi ModelEkperime

Deni Hardianto40 ??????? Bagaimana dengan komputer sebagai MEDIA dan PEMANFAATANNYA dalam pembelajaran

Deni Hardianto41 Pengertian Media Pendidikan Gagne (1970): media adalah berbagai jenis komponen dalam linkungan siswa yang dapat merangsangnya dalam belajar. Briggs (1970); media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya (Nation Education Association)

Deni Hardianto42 ISTILAH DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER CAI = Computer Assistance Instruction (USA) CAL = Computer Assistance Learning (UK) CBI = Computer Based Instruction (tdk hanya belajar tapi juga administrasi akademik) CBT = Computer Based Training (Penerapan CAI pada pegawai) CML = Computer Mediated Learning (e-learning) audience mhs CBE = Computer Based Education CAI = Computer Aided Instruction CAL = Computer Aided Learning CMI = Computer Management Instruction CSRL = Computer Supported Resource Learning

Deni Hardianto43 KEISTIMEWAAN… Komputer bisa mengajar secara individual (individualisasi dalam proses pembelajaran)  kecepatan bisa sesuaikan dengan kemampuan siswa, metode/strategi belajar yang lebih tepat, penyesuaian isi materi dan tingkat kesukaran) Bisa digunakan kapan saja (tidak terbatas waktu) dan bisa digunakan dimana saja (tidak terbatas ruang) Mengatasi keterbatasan psikologis, Hilangkan rasa malu takut, dsb. Dapat mengajarkan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Dapat didesain interaktif, mengajarkan, simulasi, logika, game instruksional dll.

Deni Hardianto44 Manfaat Media Pendidikan Memperjelas penyajian pesan. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Mengatasi sikap fasip peserta didik Memunculkan ransangan, persepsi dan pengalaman yang sama. …………..?