Manusia memiliki kemampuan :

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
Advertisements

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA Oleh: ANTON BUDIARTO, S.H., M.H.
Pendahuluan Wawasan Budi Luhur
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
Kebudayaan.
HAKEKAT MANUSIA Pandangan tentang hakikat manusia adalah bagian dari filsafat antropologi manusia yang merupakan karya Tuhan yang paling sempurna/istimewa.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA
LANDASAN SOSIOLOGIS PENGERTIAN LANDASAN SOSIOLOGIS :
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
ETIKA DAN ESTETIKA BERBUDAYA
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
KONSEP TEKNOLOGI.
MANUSIA & KEBUDAYAAN Psb Aris martiana, m.sI.
MANUSIA KEBUDAYAAN.
ETIKA Week 2 Etika Profesi Teknik Informatika IST AKRIND Yogyakarta
MANUSIA DAN CINTA KASIH
Etika Dan Regulasi Maria Christina.
MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN
Manusia Dan Kebudayaan
ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN
Manusia dan Kebudayaan
KEBUDAYAAN.
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK budaya oleh : iswadi, Mpd
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD)
Pertemuan 1 Kebudayaan Matakuliah : G0542/Indonesian Culture & Society
PERTEMUAN KE 5 PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
Kebudayaan Minggu 4.
Melville J Horskovits dan Bronislaw Malinowski
Ilmu Sosial Budaya Dasar HAKIKAT MANUSIA
Perkuliahan Minggu 7 Sosiologi Komunikasi
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
REFERENSI Herimanto, dkk Elly M setiadi dkk.
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Assalamu’alaikum wr. wb
Ilmu sosial budaya dasar
Ilmu Sosial Budaya Dasar PERUBAHAN SISTEM NILAI BUDAYA DAN MASALAH KEMANUASIAAN PERUBAHAN SISTEM NI Oleh: Iswadi, M. Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah.
Kebudayaan dan Masyarakat - 1
HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Etika Pancasila.
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA Jaya Dwi Putra, M.Pd
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Manusia dan Harapan Ilmu Budaya Dasar.
BAB 2 NILAI & NORMA SOSIOLOGI X GURU DRS. MOHAMMAD ARIFIN, M.A.
Kebudayaan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
ETIKA, NORMA, KAIDAH, DAN ETIKET
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
HAKIKAT DAN PERAN MANUSIA
#Materi 1 Dosen: Lusy Pratiwi, S.Tr.Keb. Pengertian ilmu budaya dasar menurut beberapa ahli : 1. Menurut Herskovits, ilmu budaya dasar adalah sebagai.
MEMPERSEMBAHKAN KELOMPOK 1 M. Reza Ansyari LubisMuammad Abduh Arya Syaputra Novika LubisWiwik HerawatiSiti Nuranis.
ETIKA PROFESI.
Pertemuan 1 Kebudayaan Matakuliah : G0542/Indonesian Culture & Society
ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
Transcript presentasi:

Manusia memiliki kemampuan : MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA Manusia memiliki kemampuan : Menciptakan kebaikan, kebenaran, keadilan, kebahagiaan, bertanggungjawab 2. Menciptakan Kebudayaan

HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA Macam Makhluk Tuhan : Alam, memiliki sifat wujud Tumbuhan memiliki sifat wujud dan hidup Binatang, memiliki sifat wujud, hidup, dan nafsu Manusia, memiliki sifat wujud, hidup, nafsu, dan dibekali akal budi

nt Manusia Memiliki Akal Budi Akal : Kemampuan berpikir Budi: Paduan akal dan perasaan, shg bisa bedakan baik-buruk sesuatu STA : Budilah yg menyebabkan mns mengembangkan suatu hub yg bermakna dg alam sekitarnya dg jl memberikan penilaian obyektif thd obyek dan kejadian

Dengan Akal Budi, …… Manusia mampu menciptakan, memperbarui, dan mengembangkan sesuatu unt kepentingan hidup Kepentingan Hidup dlm rangka untuk Memenuhi kebutuhan hidup : Kebendaan : MAKAN, MINUM, BERNAPAS, ISTIRAHAT, dst Rohani : KASIH SAYANG, PUJIAN, PERASAAN AMAN, KEBEBASAN, dst

Macam Kebutuhan Hidup menurut Abraham Maslow Kebutuhan Fisiologis (Physiological needs) ; Dasar, primer, vital: fungsi-fungsi biologis dasar org mns Kebutuhan Akan Rasa Aman dan Perlindungan (Safety and security needs); menyangkut perasaan: bebas dr rasa takut, ancaman, ketidk adilan, dst Kebutuhan Sosial (Social Needs); dicintai, diakui, … Kebutuhan Akan Penghargaan (Esteem needs); dihargainya kemampuan, status, dst Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri (Self actualization needs) ; kebt unt memaks potensi, bakat, dst

APRESIASI TERHADAP KEMANUSIAAN DAN KEBUDAYAAN Manusia dan Kemanusiaan Manusia (Homo), Kemanusiaan (Human) Kemanusiaan : Hakikat dan sifat-sifat khas mns sbg makhluk yg tinggi harkat dan martabatnya Prinsip atau nilai yg berisi keharusan/tuntutan unt berkesesuaian dg hakikat mns Menggambarkan ungkapan akan hakikat dan sifat yg seharusnya dimiliki makhluk mns The mankind is one

Hakikat Manusia : Kodrat Monopluralis Monodualis kodrat manusia yg terdiri aspek keragaan (wujud materi anorganis benda mati, vegetatif, dan animalis, serta aspek kejiwaan spt cipta rasa, karsa) Monodualis sifat kodrat mns (segi ind dan sosial) Monodualis kedudukan kodrat meliputi segi keberadaan mns sbg makhluk yg berkepribadian merdeka (berdiri sendiri), sekaligus menunjukkan keterbatasannya sbg makhluk Tuhan

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN DEFINISI 1. Sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat (Selo Sumardjan, Sulaiman S) 2. Keseluruhan yg kompleks, yg di dalamnya mengandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, mooral, hukum, adat-ist, dan kemamp-kemamp lain yg didapat seseorang sebagai anggt masy (EB Taylor) 3. Sesuatu yg turun-temurun dr satu generasi ke generasi yg lain, yg lalu disebut superorganik (Herskovits)

WUJUD KEBUDAYAAN JJ HONINGMAN GAGASAN (Wujud Ideal): Kumpulan ide, gagasan, nilai, norma, peraturan, dll, (abstrak) AKTIVITAS (Tindakan) : Sistem Sosial ; dpt diamati dan didokumentasikan ARTEFAK (Karya) : dapat diraba, dilihat, didokumentasikan

WUJUD KEBUDAYAAN Koentjaraningrat Suatu kompleks ide, gagasan, nilai, norma, dsb Suatu kompleks aktivitas atau tindakan berpola dr manusia dlm masyarakat Suatu benda-benda hasil karya manusia

UNSUR KEBUDAYAAN Sistem Peralatan dan Perlengkapan Hidup (Teknologi) Sistem Mata Pencaharian Hidup Sistem Kemasyarakatan atau organisasi sosial Bahasa Kesenian Sistem Pengetahuan Sistem Religi

ETIKA DAN ESTETIKA BERBUDAYA Etika Manusia Dalam Berbudaya Pengertian : Etik = Ethos (Yunani), scr etimologis: ajaran ttg baik-buruk, yg diterima umum ttg sikap, perbuatan, kewajiban, dsb. Etika = Moral (Mores), yakni akhlak/kesusilaan

I Etika berkaitan dg masalah Nilai, krn……. membicarakan masalah yg berkaitan dg predikat nilai susila, atau tidak susila, baik dan buruk Etika termasuk dlm kawasan nilai,…… nilai etika berkaitan dg baik buruk perbuatan manusia

MAKNA ETIKA 1. Nilai-nilai atau norma yg menjadi pegangan bg seseorang atau kelp orang dlm mengatur tingkah laku 2. Kumpulan asas atau nilai moral (kode etik) 3. Ilmu atau ajaran ttg yg baik dan yg buruk (filsafat moral)

PROSES PEMBUDAYAAN Perubahan Kebudayaan : Evolusi Revolusi Berubah ? Faktor dari dalam dan luar FAKTOR DARI LUAR Unkulturasi : Pengaruh keby luar terhd suatu keby, di mana keby luar yg mempengaruhi itu memiliki kesamaan ciri-ciri dg keby yg dipengaruhi Akulturasi : Pengaruh keby luar …… namun keby yg mempengaruhi tak memiliki kesamaan ciri-ciri dg ………………….

3. Adaptasi dan Asimilasi : apabila pengaruh itu telah diterima masy maka terjadi penyesuaian dan percampuran antara budaya luar ke dlm kelp masy yg baru FAKTOR DARI DALAM MASYARAKAT Sosialisasi : Penyebarluasan, pengenalan, dan penanaman pengaruh kpd individu Internalisasi : Penanaman pengaruh scr mendalam (mendarah daging) akibat sosialisasi yg terus menerus

MEMANUSIAKAN MANUSIA MELALUI PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP-KONSEP KEADILAN Keadaan yg sesuai antara hak yg dimiliki oleh setiap mns sbg individu dg perolehannya ARISTOTELES : Keadilan adalah kelayakan dalam tindakan mns. Seseorang yg sdh mendaptkan scr layak/hanya sbgan kcl sj dr hak g dimilikinya Ada 3 hal yg terkait dg keadilan : Kelp sosial, posisi sosial, aturan/norma hukum sbg alat ukur

Hak Alamiah Manusia Menurut John Locke Hak Hidup Hak Bebas/Merdeka Hak Milik/Hak Memiliki Sesuatu Tercantum dlm Piagam PBB, 10 Desember 1948 “UNIVERSAL DECLARATION OF HUMAN RIGHTS”

MACAM KEADILAN Keadilan Distributif Didasarkan atas perbedaan jasa yg diberikan 2. Keadilan Komulatif Keadilan yg memperlakukan sama pd setiap ind sbg anggota masy/keadilan yg tak beda-bedakan perolehan hak

2. KEINDAHAN Indah = bagus, cantik, molek, permai, baik, dst Keindahan dapat dimengerti lewat perilaku a. l : Memilih : Upaya unt memperoleh sesuatu yg dinilai baik, bagus Membersihkan : Upaya unt membuat keadaan menjadi bersih

Teori yg jelaskan keindahan Teori Obyektif : menjlskn berdasar sejumlah kualitas yg ada pada obyek Teori Subyektif : Keindahan sebenarnya tak ada, yg ada hanyalah perasaan/gejolak hati yg berasal dari pengamat

3. INDAH DAN SENI Karya seni yg memiliki nilai estetika tinggi akan menjadi tampak indah Ada 2 Nilai Dalam Karya Seni : a. Nilai Instrinsik b. Nilai Ekstrinsik

Sifat-Sifat Keindahan Keindahan adalah Kebersihan Keindahan itu abadi Keindahan itu menarik Keindahan itu universal Keindahan itu wajar Keindahan itu kebiasaan

4. Tanggungjawab Tanggungjawab : SBG KEWAJIBAN DLM MELAKUKAN TUGAS TERTENTU Selalu berkaitan : antara posisi/status sosial, peran Macam Tanggungjawab : Kepada Ind, Kelg, Masy/kelp sosial, lingkungan alam, Tuhan Jenis Tanggungjawab : Ind, sosial, lingkungan, moral

5. CINTA KASIH Scr kodrati : Sebagian besar tingkah laku/pikiran mns didasarkan atas cintakasih Cinta Ksh : Suatu perasaan yg mendalam thd orang lain/oby ttt Macam ; Agape : CT KSH PD TUHAN; Philia : Cinta ksh mns pd Sdr.Kel, dan Rekan; Eros : cnt ksh antara pria dan wanita krn kodratna; Amor: Cinta kasih antara pria dan wanita krn hal-hal g sulit dinalar

6. PANDANGAN HIDUP Sumber : agama, ideologi, hasil perenungan, dst Jenis : Liberalisme, Sosialisme, Komunisme, Religius, Sosio Religius

7. PENDERITAAN Adanya kebutuhan tidak terpenuhi 8. KEGELISAHAN Faktor : Karena adanya ketidakpastian