SISTEM INTELEGENSIA BUATAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian Masalah Dengan AI
Advertisements

TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Ruang Pencarian Pertemuan II.
Artificial Intelligent
Pengantar Strategi Algoritma
Depth First Search (DFS)
Berapakah jumlah dari n bilangan ganjil positif pertama?
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Game Playing Stmik mdp Pengantar Games adalah fasilitas yang sangat menarik dalam komputer Ide games pertama kali dimunculkan oleh Calude Shannon.
Pengantar Strategi Algoritmik
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian. What is AI ? Sistem yang berpikir seperti manusia Thinking humanly Sistem yang berpikir secara rasional Thinking.
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Breadth First Search (BFS)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Ruang Keadaan (state space)
Pertemuan 2 Kecerdasan Buatan
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Algoritma Pencarian (Search Algorithm).
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 2.
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
Bilangan Bulat By: Novika Anggrieni, S.Pd.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Kecerdasan Buatan
Review : Sistem yang menggunakan AI
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
BASIS PENGETAHUAN DAN METODE INFERENSI
MASALAH & RUANG KEADAAN
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Breadth First Search (BFS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teknik AI.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Ruang Masalah di Kecerdasan Buatan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Pertemuan 2 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Depth Limited Search (DLS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Strategi Algoritma
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
MASALAH & RUANG MASALAH
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

SISTEM INTELEGENSIA BUATAN Pertemuan 3 Diema HS, S. Kom

“ MASALAH DAN RUANG KEADAAN,” Definisi Masalah dan Ruang Masalah Aturan Produksi Cara Merepresentasikan Ruang Masalah

Untuk membangun sistem yang mampu menyelesaikan masalah menggunakan AI : Mendefinisikan masalah dengan tepat, mencakup spesifikasi yang tepat mengenai keadaan awal dan solusi yang diharapkan. Menganalisis masalah tersebut dan mencari beberapa teknik penyelesaian masalah yang sesuai. Merepresentasikan pengetahuan yang perlu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.

Mendefinisikan Masalah sebagai suatu ruang keadaan Untuk Mendefinisikan Suatu Masalah: Definisikan/buat ‘state space’ atau ruang masalah Tentukan keadaan awal (initial state) Tentukan keadaan akhir/tujuan (goal state) Tentukan operatornya/aturannya

Mendefinisikan Masalah sebagai suatu ruang keadaan Ruang masalah Masalah utama dalam membangun sistem berbasis AI adalah bagaimana mengkonversi situasi yang diberikan ke dalam situasi yang lain yang di inginkan menggunakan sekumpulan operasi tertentu

Contoh 1 : “Permainan Catur” Yang harus ditentukan adalah : Contoh Permasalahan Contoh 1 : “Permainan Catur” Yang harus ditentukan adalah : 1. Posisi awal pada papan catur Posisi awal setiap permainan catur selalu sama yaitu semua bidak diletakkan di atas papan catur dalam 2 sisi yaitu kubu putih dan kubu hitam.

2. Aturan-aturan untuk melakukan gerakan secara legal 2. Aturan-aturan untuk melakukan gerakan secara legal. Aturan-aturan ini sangat berguna untuk menentukan gerakan suatu bidak, yaitu melangkah dari satu keadaan ke keadaan lain.

3. Tujuan (goal) yang ingin dicapai adalah posisi pada papan catur yang menunjukkan kemenangan seseorang terhadap lawannya. Kemenangan ini ditandai dengan posisi Raja yang sudah tidak dapat bergerak lagi.

Contoh diatas menunjukkan representasi masalah dalam Ruang keadaan (State Space), yaitu ruang yang berisi semua keadaan yang mungkin.

Sistem Produksi/Production System terdiri dari Aturan Produksi Sistem Produksi/Production System terdiri dari Sekumpulan Aturan (a set of rules) Knowledge Base /Data Base Sebuah strategi pengontrol (Control Strategy) Urutan yang dipakai (a rule applier)

Operasi yang mengubah suatu state ke state lainnya Aturan Produksi Operasi yang mengubah suatu state ke state lainnya Semua aturan bisa mungkin karena pemikiran yang berbeda-beda Pertanyaannya bagaimana kita tahu bahwa aturan produksi yang kita pakai itu benar atau belum?

Beberapa cara Merepresentasikan Ruang Masalah : Graph Keadaan Contoh :

Beberapa cara Merepresentasikan Ruang Masalah ( lanjutan ) :

Beberapa cara Merepresentasikan Ruang Masalah ( lanjutan ) : 2. Pohon Pelacakan

Beberapa cara Merepresentasikan Ruang Masalah ( lanjutan ) : 3. Pohon AND/OR

Contoh Permasalahan Contoh 1 : Masalah EMBER Ada 2 ember masing-masing berkapasitas 4 galon (ember A) dan 3 galon (ember B). Ada pompa air yg akan digunakan untuk mengisi air pada ember tersebut. Bagaimana dapat mengisi tepat 2 galon air ke dalam ember berkapasitas 4 galon?

Contoh Permasalahan Penyelesaian : 1. Identifikasi ruang keadaan (state space) Permasalahan ini dapat digambarkan sebagai himpunan pasangan bilangan bulat : x = jumlah air yg diisikan ke ember 4 galon (ember A) y = jumlah air yg diisikan ke ember 3 galon (ember B) Ruang keadaan = (x,y) sedemikian hingga x ∈ {0,1,2,3,4} dan y ∈{0,1,2,3} 2. Keadaan awal & tujuan Keadaan awal : kedua ember kosong = (0,0) Tujuan : ember 4 galon berisi 2 galon air = (2,n) dengan sembarang n

Keadaan ember bisa digambarkan sebagai berikut : Contoh Permasalahan Keadaan ember Keadaan ember bisa digambarkan sebagai berikut :

Contoh Permasalahan Aturan-aturan Diasumsikan kita dapat mengisi ember air itu dari pompa air, membuang air dari ember ke luar, menuangkan air dari ember yang satu ke ember yang lain. Kita buat beberapa aturan-aturan yang dapat digambarkan sebagai berikut :

Contoh Permasalahan

Contoh Permasalahan Solusi yang ditemukan Solusi 1:

Contoh Permasalahan Solusi 2 :

Representasi ruang keadaan dengan pohon pelacakan Contoh Permasalahan Representasi ruang keadaan dengan pohon pelacakan

Contoh 2 : Seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala, dan sayur-sayuran dengan sebuah boat yang melalui sungai. Boat hanya bisa memuat petani dan satu penumpang yang lain (kambing, serigala, atau sayur-sayuran). Jika ditinggalkan oleh petani tersebut, maka sayur-sayuran akan dimakan oleh kambing dan kambing akan dimakan serigala.

Penyelesaian Identifikasi ruang keadaan Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan (Jumlah Kambing, JumlahSerigala, JumlahSayuran, JumlahBoat). Sebagai contoh : Daerah asal (0,1,1,1) berarti pada daerah asal tidak ada kambing , ada serigala, ada sayuran, dan ada boat. Keadaan awal dan tujuan Keadaan awal, pada kedua daerah : Daerah asal : (1,1,1,1) Daerah seberang :(0,0,0,0) Tujuan, pada kedua daerah : Daerah asal : (0,0,0,0) Daerah seberang :(1,1,1,1)

Penyelesaian Aturan-aturan Aturan ke- Aturan 1 Kambing menyeberang 2 Sayuran menyeberang 3 Serigala menyeberang 4 Kambing kembali 5 Sayuran kembali 6 Serigala kembali 7 Boat kembali

Penyelesaian Solusi yang ditemukan Daerah asal Daerah seberang Aturan yang dipakai (1,1,1,1) (0,0,0,0) 1 (0,1,1,0) (1,0,0,1) 7 (0,1,1,1) (1,0,0,0) 3 (0,0,1,0) (1,1,0,1) 4 (1,0,1,1) (0,1,0,0) 2 solusi

Buatlah contoh pemecahan masalah dalam kecerdasan buatan! LATIHAN !!! Lanjutkan Representasi ruang keadaan dengan pohon pelacakan untuk kasus ember ! Buatlah contoh pemecahan masalah dalam kecerdasan buatan!

` TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN ANDA !!!