Pengujian Black-Box.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Implementation & Testing Eri Prasetyo Bahan Kuliah MM Sistem Informasi Sources : -Juha Roning, Marko Laakso, Ari takanen, Oulu university,
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengujian Software - Pelaksanaan
Testing dan Implementasi Sistem
Testing.
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
PENGUJIAN / TESTING Ana Kurniawati.
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN KASUS UJI.
STRATEGI PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
Testing Levels. Activities of Test Engineer Test engineer is an information technology professional who is in charge of ane or more technical test activities,
BLACK BOX TESTING.
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Pertimbangan Praktis Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
©Ian Sommerville 2000 Software Engineering, 6th edition. Chapter 20 Slide 1 Pengujian Cacat (Defect Testing) l Pengujian program untuk mengungkap adanya.
Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )
Tahap Testing Sistem Pertemuan ke-8.
Pertemuan 8, 9, 10 TAHAP TESTING SISTEM.
VALIDASI SOFTWARE (Nelly Sofi).
Testing & Implementasi Sistem Fungsional Testing
TEKNIK-TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
14. PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Metode Pengujian Perangkat Lunak
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
White Box Testing Pembuatan Flowgraph Pembuatan Testcase.
Pengujian Perangkat Lunak
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
Testing dan Implementasi Sistem teknik testing
Testing & Implementasi Sistem
Strategi Pengujian Perangkat Lunak & Sistem
Testing dan Implementasi
Server Application Testing
Black Box Testing.
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
Software Engineering ( Pressman )
Testing dan Implementasi SI220A
WHITE BOX TESTING DAN BLACK BOX TESTING
Teknik Pengujian Software
Validasi dan Verifikasi Software
PENGUJIAN / TESTING.
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 7
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi
Pengujian Perangkat Lunak
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian White Box Kustanto 11/27/2018 Pengujian white box.
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Pengujian Perangkat Lunak
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
BUKTI UNJUK KERJA SERTIFIKASI PROGRAMMER
Transcript presentasi:

Pengujian Black-Box

Black-Box Bukan pengujian alternatif dari teknik White-Box, melainkan sebagai pelengkap yang mungkin dapat mengungkapkan kelas kesalahan yang belum ditemukan oleh teknik White-Box

Black-Box Usaha mengungkapkan kesalahan Fungsi-fungsi yang tidak benar atau hilang Kasalahan Interface Kesalahan struktur data atau akses database eksternal Kesalahan kinerja Inisialisasi dan terminasi

Black-Box Pengujian didesain untuk menjawab pertanyaan Bagaimana validitas fungsional diuji? Kelas input apa yang akan membuat test case menjadi baik Apakah sistem sangat sensitif terhadap harga input tertentu? Bagaimana batasan dari suatu data diisolasi Kecepatan dan volume data apa yang dapat ditolerir oleh sistem Apa pengaruh kombinasi data terhadap operasi sistem

Equivalence Partitioning Memisahkan domain input menjadi kelompok-kelompok data untuk menghasilkan kasus tes Equivalence class : keadaan valid atau invalid untuk kondisi input Jika kondisi input adalah sebuah range, maka didefinisikan satu equivalence class valid dan dua equivalence class invalid Jika kondisi input adalah sebuah nilai, maka didefinisikan satu equivalence class valid dan dua equivalence class invalid Jika kondisi input adalah sebuah himpunan, maka didefinisikan satu equivalence class valid dan satu equivalence class invalid Jika kondisi input adalah sebuah Boolean, maka didefinisikan satu equivalence class valid dan satu equivalence class invalid

Contoh : aplikasi perbankan Contoh : aplikasi perbankan. User men-dial bank menggunakan PC, dengan password (enam digit) diikuti perintah untuk berbagai fungsi perbankan. Data yang diterima perangkat lunak di bank berbentuk : kode are – blank atau tiga digit angka prefix – tiga digit angka tidak berawalan 0 atau 1 suffix – empat digit angka password – enam digit nilai alfanumerik perintah – “check”, ”deposit”, ”bayar tagihan”, dll

Kondisi input untuk setiap data tersebut : kode are: kondisi input, Boolean – kode area kosong atau terisi kondisi input, range – nilai antara 100 sampai 999 prefix : kondisi input, range – nilai > 200 suffix : kondisi input, nilai – panjang empat digit password : kondisi input, Boolean – password kosong atau terisi kondisi input, nilai – string enam karakter perintah: kondisi input, himpunan – mengandung perintah yang telah ditetapkan

Boundary Value Analysis Jika sebuah input mempunyai range antara nilai a dan b, maka kasus tes harus dirancang dengan nilai a dan b serta diatas dan dibawah a dan b. Jika sebuah input mempunyai jumlah tertentu, maka kasus tes harus dirancang dengan jumlah minimum dan maksimum. Nilai-nilai dibawah dan diatas minimum dan maksimum juga dites. Kedua panduan diatas juga diterapkan untuk kondisi output. Kasus tes harus dirancang untuk menghasilkan output pada nilai minimum dan maksimum Jika struktur data juga mempunyai batasan (misal sebuah array mempunyai jumlah maksimal 100 item), maka harus dirancang sebuah kasus tes untuk mengetes struktur data tersebut pada nilai batasnya

Comparison Testing Untuk sebuah perangkat lunak yang memiliki banyak versi  beberapa implementasi untuk spesifikasi yang sama Setiap versi dites dengan data tes yang sama untuk memastikan bahwa semuanya menghasilkan output yang sama Jika output dari setiap versi sama, diasumsikan bahwa semua implementasi benar. Jika output berbeda, setiap aplikasi diperiksa untuk memastikan mana versi yang menyebabkan terjadinya perbedaan

Pengujian Aplikasi dan Lingkungan Khusus Pengujian GUI Pengujian Arsitektur Client/Server Pengujian Dokumentasi dan Fasilitas Help Pengujian Sistem Real Time