Lecture 2 State Space Search 1 Erick Pranata

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Advertisements

Course MMS 2901 Departement of Computer Science Gadjah Mada University © Aina Musdholifah & Sri Mulyana.
Menempatkan Pointer Q 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
Metode Pencarian Heuristik
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
Penyelesaian Problem Dengan Pencarian (Blind / Un-Informed Searching)
Ruang Pencarian Pertemuan II.
Kisi-kisi Jawaban UTS Semester Pendek Genap 2008/09.
LIMIT FUNGSI LIMIT FUNGSI ALJABAR.
Kecerdasan Buatan Pencarian Heuristik.
Lecture 3 State Space Search 2 Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Problem Solving Search -- Uninformed Search
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Pencarian Tanpa Informasi
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Hill Climbing Best First Search A*
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian & Pelacakan
Metode Pencarian/Pelacakan
Breadth/Depth First Search (BFS/DFS)
Problem Solving Search -- Informed Search Ref : Artificial Intelligence: A Modern Approach ch. 4 Rabu, 13 Feb 2002.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN dan PELACAKAN
Informed (Heuristic) Search
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Pencarian Heuristik.
Teknik Pencarian 1 Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
Struktur Data Tree Eka Rahayu S. (2 Agustus 2011).
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Pencarian Buta (Blind Search).
Metode Pencarian dan Pelacakan
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Pengantar Kecerdasan Buatan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Problem solving by Searching
Search.
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
Problem solving by Searching
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
PROBLEM SOLVING Masalah biasanya disajikan dalam bentu graf
Metode Pencarian/Pelacakan
Fakultas Ilmu Komputer
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

Lecture 2 State Space Search 1 Erick Pranata Kecerdasan Buatan Lecture 2 State Space Search 1 Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sebuah Kasus Ada 3 misionaris, 3 kanibal, dan sebuah perahu di pinggir kiri sungai Mereka semuanya harus menyeberang ke pinggir kanan sungai Perahu hanya memuat 2 orang Tetapi hal ini tidak semudah itu: jika jumlah kanibal di suatu sisi lebih banyak dari misionaris, mereka akan memakan para misionaris itu dengan lahap © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

© Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Formulasi Problem Start Goal Operator 3 misionaris dan 3 kanibal di kiri sungai Goal 3 misionaris dan 3 kanibal di kanan sungai Operator 1 misionaris menyeberang 1 kanibal menyeberang 2 misionaris menyeberang 2 kanibal menyeberang 1 misionaris dan 1 kanibal menyeberang © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Solusinya? Misionaris Kanibal © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Overview © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Daftar Algoritma Uninformed Time Space Optimal? Complete? Breadth First bd Yes Uniform Cost Depth First bm No Depth-limited(l) bl If l ≥ d Iterative Deepening Bidirectional bd/2 b = branching factor, d = depth of solution, m = max depth of search tree, l = depth limit Sumber: http://cseweb.ucsd.edu/classes/sp07/cse150/lectures-pdf/l.newsearch.pdf © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Daftar Algoritma Sumber: http://web.mit.edu/16.410/www/lectures_fall04/l3_uninformed_search.pdf © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Representasi © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Konvesi Start State = S Goal State = G Current State alias State Saat Ini = X © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Depth First Search © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Ide Setelah mengunjungi sebuah node Kunjungi children terlebih dahulu, baru sibling Setelah itu, baru kunjungi sibling © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Algoritma Inisialisasi OPEN dengan S Jika OPEN kosong, berarti gagal. POP OPEN sebagai X Jika X adalah G, berarti SUKSES. Jika tidak PUSH X ke CLOSED Temukan children dari X yang belum dikunjungi, PUSH ke OPEN Ulangi langkah 2 © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Breadth First Search © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Ide Setelah mengunjungi sebuah node Kunjungi sibling terlebih dahulu, sebelum children Terus lakukan dari kiri ke kanan © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Algoritma Inisialisasi OPEN dengan S Jika OPEN kosong, berarti gagal. DELETE OPEN sebagai X Jika X adalah G, berarti SUKSES. Jika tidak PUSH X ke CLOSED Temukan children dari X yang belum dikunjungi, INSERT ke OPEN Ulangi langkah 2 © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Minggu Depan? © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya