Algoritma & Struktur Data

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
Advertisements

Pendahuluan Dr. Anto Satriyo Nugroho, M.Eng Web: Mata Kuliah: Dasar Pemrograman.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. 1) 2) blog: abdulkudus.staff.unisba.ac.id.
TEORI ALGORITMA.
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
ALGORITMA Algoritma urutan langkah-langkah yang logis utuk memecahkan masalah Kata algoritma diambil dari nama seorang ilmuwan Persia Abu Ja’far Mohammed.
Rancangan Program Materi Pertemuan 13 Sumber : Slide Inayatullah,M.Si.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritma Asal kata Algoritma (algorism -algorithm) berasal dari nama Abu Ja’far Muhammad ibn Musa Al-Khuwarizmi Ilmuwan Persia yang menulis kitab “al.
Dasar- Dasar Algoritma
Pengantar Algoritma dan Pemrograman Elin Haerani, ST, M.Kom
Algoritma dan Pemrograman
Sistem Komputer Hardware (perangkat keras) Software (perangkat lunak)
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Algoritma?!? Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN.
ALGORITMA Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pengenalan Pemrograman Komputer
Algoritma dan Flowchart
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Mahasiswa diharapkan dapat:
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
Algoritma dan Pemrograman 1
Pengenalan Pemrograman Komputer
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
Pengantar Pemrograman
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
Analisa Algoritma (IF1282)
penyusunan algoritma (flowchart)
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Pengantar Algoritma & Pemrograman
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
Kontrak Perkuliahan Grace L.A. Sihombing
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Analisa Algoritma : Pendahuluan
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Algoritma dan Sequence
PENGANTAR ALGORITMA.
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
Pengantar Algoritma dan pemograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma dan Pemrograman I
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Algoritma dan Flowchart
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
Algoritma Pemrograman II
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Dasar Konstruksi Pemrograman
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma & Struktur Data Eko Puji Widiyanto, ST Email : ekapujiw2002@gmail.com , ekapujiw2002@yahoo.com

Perkenalan Dosen : Eko Puji Widiyanto, ST Buku Acuan : S1 Teknik Elektro UGM 2001 Email : ekapujiw2002@gmail.com, ekapujiw2002@yahoo.com Buku Acuan : Algoritma & Struktur Data Dengan C++, Indra Yatini B & Erliansyah Nasution, Graha Ilmu, 2005 Waktu Konsultasi : Rabu : 09.00 – 10.30 Kamis : 09.00 – 10.30 Penilaian : Tugas : 20% Kuis : 10% UTS : 30% UAS : 40%

Aturan main: Pengumpulan tugas yang melebihi batas waktu yang telah ditentukan, akan diberikan nilai nol untuk tugas tersebut. Mahasiswa yang memiliki tingkat kehadiran kurang dari 69%, tidak diperkenankan ikut Ujian Akhir Semester (UAS). Mahasiswa yang melanggar tata tertib dan ketentuan ujian, baik ujian tengah semester maupun ujian akhir semester dianggap gugur dan mendapat nilai E.

Materi Pengantar Algoritma dan Pemrograman Algoritma, Pseudocode dan Flowchart Pengantar Bahasa Pemrograman (dengan Bahasa C) Input & Output pada Bahasa C Struktur Kontrol Percabangan , Perulangan, Perulangan bertingkat Function & Procedure Pointer, Array, & Class Rekursi Daftar Berdampingan (Contiguous List) Daftar Berangkai (Linked List) Pencarian Pengurutan (Sorting) & Pencarian (Searching)

Pengantar Algoritma Pemrograman KOMPUTER Hardware Software Pemecahan Masalah

Komputer ??? Definisi : Sebuah alat elektronik yang dapat memanipulasi data dengan tepat & cepat, didesain agar dapat menyimpan, memanggil, memproses data dan menghasilkan output Origination Input Output Processing Storage Distribution Siklus Pengolahan Data

Elemen Komputer Software : “Piranti lunak berupa program yg berisi perintah2x guna pengolahan data” Hardware :”Piranti keras yg dpt dilihat dan dijamah” Brainware : “Orang yg mengoperasikan/ mengatur sistem komputer”

Komponen Komputer Input device : Alat atau media dimana kita menerima input (data) dan meneruskan kpd CPU utk diproses. Central Processing Unit : Otak dr pd komputer,sbg pusat pengolahan dan pengontrolan keseluruhan Data Processing System. Output Device : Alat atau media dmana dpt mengeluarkan dan memberikan hasil proses.

CPU Merupakan otak komputer : ALU (Arithmatic Logic Unit) : Melakukan proses komputasi matematis ( + - : x) CU (Control Unit) Mengontrol I/O (input output) Memory Menyimpan semua data yang akan dan telah diproses oleh komputer

Hardware Input : Alat-alat yang berfungsi memasukkan data ke komputer Keyboard, mouse, FDD, scanner, dll Output : Alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data dari komputer Monitor, printer, modem, dll

Software Sekumpulan instruksi yang dieksekusi oleh komputer sehinggan menyebabkan hardware bekerja Macam : software primer : sistem operasi yang mengendalikan kerjanya komputer. software sekunder/aplikasi : software yang melaksanakan pengolahan data, manajemen database, dll.

Program Merupakan kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program) Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan logika yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.

Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat program Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks) Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama

Paradigma Pemrograman Pemrograman Prosedural / Terstruktur Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah. Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan C Pemrograman Fungsional Berdasarkan teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program. Pemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul. Contoh: MODULA-2 atau ADA

Paradigma Pemrograman Pemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi Contoh: C++, Object Pascal, dan Java. Pemrograman Berorientasi Fungsi Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain. Pemrograman Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh: PROLOG

Siklus Software Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).

Algoritma Asal kata Algoritma (algorism - algorithm) berasal dari nama Abu Ja’far Muhammad ibn Musa Al-Khuwarizmi Ilmuan Persia yang menulis kitab “al jabar w’al-muqabala” ( rules of restoration and reduction – aturan pemugaran dan pengurangan) Tahun 825 M Berasal dari Iran Masuk Indonesia tahun 1980-an

Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.(Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997,1998) Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.(Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)

Contoh Algoritma Langkah menggoreng ayam untuk makan malam Ibu Wati mengambil ayam beku dari almari es Ibu Wati mengambil penggorengan dari rak Ibu Wati menggoreng ayam Ibu Wati menyajikannya di meja makan Ada aksi yang tergantung pada sesuatu Ibu Wati memakai celemek tergantung pada hari(Sabtu atau Minggu)

Kondisi Hari Sabtu : Hari Minggu : Algoritmanya : Karena Ibu Wati memakai baju berwarna cerah maka Ibu Wati memakai celemek Hari Minggu : Karena Ibu Wati tidak memakai baju berwarna cerah maka Ibu Wati tidak memakai celemek Algoritmanya : Ambil ayam beku dari almari es Ambil penggorengan dari rak Cek warna baju : Cerah : memakai celemek Tidak cerah : tidak memakai celemek Menggoreng ayam Menyajikan di meja makan

Perulangan Karena ada pesanan, maka jumlah ayam yang digoreng 500 ekor Jika jumlah pesanan belum cukup maka goreng 1 ayam, jika sudah cukup maka berhenti Atau : selama jumlah ayam yang digoreng belum cukup maka goreng 1 ayam

Kriteria Algoritma Menurut Donald E Knuth : Input: Output: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar. Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran. Definiteness (pasti): algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu. Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role). Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0 atau A = A * 1

Jenis Proses Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria tertentu Iteration Process: instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu. Concurrent Process: beberapa instruksi dikerjakan secara bersama.

Contoh Algoritma Algoritma menghitung volume tabung Sifat : Umum Masukkan tinggi tabung h Masukkan jari-jari tabung r Hitung volume tabung (V = phi x r x r x h) Tulis volume tabung Sifat : Umum Tidak menggunakan simbol atau sintaks dari suatu bahasa pemrograman Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman Notasi-notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa manapun

Pseudo Code Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) program atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering digunakan oleh manusia untuk menuliskan algoritma

Problem : mencari bilangan terkecil di antara 2 bilangan Algoritma : Masukkan bilangan pertama Masukkan bilangan kedua Jika bilangan pertama < bilangan kedua maka kerjakan langkah 4, jika tidak,kerjakan langkah 5. Tampilkan bilangan pertama Tampilkan bilangan kedua Pseudo Code : Input a Input b If a < b then kerjakan langkah 4 Print a Print b

Komparasi Algoritma Pseudo Code Nilai X ditambah 7 X X + 7 Tampilkan nilai X jika lebih kecil dari 19 If X < 19 then Print X Dari X dan Y, cari bilangan terkecilnya If X < Y then Print X Else Print Y

Bagian Program 3 bagian : Input : optional Proses : vital Output : minimal 1

Langkah Pembuatan Program Mendefinisikan masalah Menemukan solusi Memilih algoritma Menulis program Menguji program Menulis dokumentasi Merawat program

Mendefinisikan Masalah Langkah penting yang sering dilupakan Pendefinisian masalah secara rinci -> pemrograman lebih terarah dan terfokus Hukum Murphy (Henry Ledgard) : “Semakin cepat menulis program, maka semakin lama kita dapat menyelesaikannya” Berlaku untuk problem yang kompleks Definisikan problem -> apa yang harus dicarikan solusi -> tentukan input dan outputnya

Menemukan Solusi Problem jelas -> tentukan solusi yang dipergunakan Problem kompleks -> bagi menjadi modul-modul kecil -> solusi mudah Modul program -> program lebih simpel, mudah dilihat, singkat Contoh invers matrik : Meminta input matrik dari user Mencari invers matrik input Menampilkan matrik hasil invers

Memilih Algoritma Pilihlah algoritma yang benar-benar sesuai dengan problem yang akan dipecahkan Pertimbangkan input dan output, serta efisiensi & efektivitas program Penggunaan algoritma lain merupakan opsi terakhir

Menulis Program Pilihlah bahasa pemrograman yang mudah Sesuaikan dengan kebutuhan program Memiliki interoperabilitas yang tinggi terhadap perangkat keras dan platform lainnya

Menguji Program Uji program dengan intensif Handling error yang muncul Black box & white box testing Eror minimal -> program layak digunakan

Menulis Dokumentasi Dokumentasi -> memudahkan back tracking dan modifikasi/revisi Komentar : Judul dan sekilas info program Fungsi-fungsi dan prosedur Variabel dan konstanta

Merawat Program Mencegah munculnya bug/error yang tidak terdeteksi sebelumnya Penambahan fitur baru Modifikasi fitur yang sudah ada

Debugging/Pengujian Program Syntax error : Kesalahan penulisan program Run time error : Kesalahan saat program dijalankan Logic error : Kesalahan tata urut dan logika pemrograman Program berjalan normal tapi output salah

Flowchart Merupakan kumpulan gambar/tanda yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial untuk memecahkan suatu masalah Berguna untuk mendesain dan merepresentasikan program Flowchart didesain agar dapat merepresentasikan berbagai komponen dalam bahasa pemrograman

Fungsi Flowchart Sebelum pemrograman : Setelah pemrograman : Mempermudah programmer dalam menentukan alur logika pemrograman Setelah pemrograman : Menjelaskan alur program yang dibuat kepada orang lain

Simbol Flowchart

Simbol Flowchart(2)

Simbol Flowchart(3)

Simbol Flowchart(4)

Contoh Flowchart Problem : Algoritma : Menghitung luas persegi panjang Masukkan panjang (p) Masukkan lebar (l) Hitung luas (L), yaitu panjang kali lebar Cetak luas (L)

Contoh Flowchart Problem : Algoritma : Menentukan suatu bilangan termasuk bilangan ganjil atau genap Algoritma : Masukkan bilangan a Hitung sisa pembagian a dengan 2 Cek sisa bagi : 0 maka a termasuk bilangan genap 1 maka a termasuk bilangan ganjil Cetak hasil

TERIMAKASIH