PELUANG Ruang Sampel dan Kejadian
Standar Kompetensi : Kompetensi Dasar : Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menentukan ruang sampel suatu percobaan
Indikator : Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
Percobaan & Kejadian MATERI Untuk mengetahui kejadian yang mungkin maka dilakukan beberapa percobaan, antara lain : Pelemparan uang logam, Pelemparan dadu, Pengambilan kartu bridge secara acak, Dan lain-lain
Ruang Sampel Titik Sampel Himpunan dari semua hasil yang mungkin pada suatu percobaan Titik Sampel Anggota dari ruang sampel
Pelemparan Uang Logam Percobaan pelemparan sebuah uang logam Kejadian yang mungkin terjadi : Ruang Sampel = { G, A } Titik Sampel {G} = kejadian munculnya gambar Titik Sampel {A} = kejadian munculnya angka
Percobaan pelemparan dua buah uang logam Kejadian yang mungkin terjadi : Ruang Sampel = { (G,G), (G,A), (A,G), (A,A) } Titik Sampel {(G,G) } = kejadian munculnya gambar-gambar Titik Sampel {(G,A) } = kejadian munculnya gambar-angka Titik Sampel {(A,G) } = kejadian munculnya angka-gambar Titik Sampel {(A,A) } = kejadian munculnya angka-angka
Pelemparan Dadu Percobaan pelemparan sebuah dadu Kejadian yang mungkin terjadi : Ruang Sampel = { 1, 2, 3, 4, 5, 6 } Titik Sampel {1} = kejadian munculnya mata dadu 1 Titik Sampel {2} = kejadian munculnya mata dadu 2 Titik Sampel {3} = kejadian munculnya mata dadu 3 Titik Sampel {4} = kejadian munculnya mata dadu 4 Titik Sampel {5} = kejadian munculnya mata dadu 5 Titik Sampel {6} = kejadian munculnya mata dadu 6
Percobaan pelemparan dua buah dadu Kejadian yang mungkin terjadi : Ruang Sampel = { (1,1), (1,2), (1,3), (1,4), (1,5), (1,6), (2,1), (2,2), (2,3), (2,4), (2,5), (2,6), (3,1), (3,2), (3,3), (3,4), (3,5), (3,6), (4,1), (4,2), (4,3), (4,4), (4,4), (4,5), (4,6), (5,1), (5,2), (5,3), (5,4), (5,5), (5,6), (6,1), (6,2), (6,3), (6,4), (6,5), (6,6) }
Pengambilan Kartu Birdge Percobaan pengambilan kartu bridge secara acak Kejadian yang mungkin terjadi : Ruang Sampel = { As S, 2S, 3S, ... KS, As K, 2K, 3K, ... KK, As H, 2H, 3H, ... KH, As W, 2W, 3W, ... KW }
LATIHAN Pada pelemparan 3 (tiga) uang logam, nyatakan : Ruang sampel dan titik sampel Ruang sampel yang munculnya 2 gambar dan 1 angka Ruang sampel minimal 2 gambar
Pada pelemparan 2 uang logam dan 1 dadu, nyatakan : Ruang sampel dan titik sampel Ruang sampel munculnya mata genap pada dadu Ruang sampel munculnya 2 gambar pada uang logam 3. Pada pelemparan 1 uang logam dan 2 dadu, nyatakan : Ruang sampel dan titik sampel Ruang sampel munculnya mata prima pada dadu Ruang sampel munculnya gambar
terima kasih Semoga bermanfaat ibnufajar59@yahoo.com www.ibnufajar75.blogspot.com