ETIKA PROGRAMMER Jurusan Teknik Informatika STMIK EL-RAHMA YOGYAKARTA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
Advertisements

JARINGAN CLIENT - SERVER
Sistem Terdistribusi 02 – Model dan Permasalahan Sistem Terdistribusi
PROJECT MANAGEMENT IT FINAL REVIEW.
MEMPERBAIKI PRESTASI KERJA DENGAN UMPAN BALIK & PENGHARGAAN
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
KU1071 Pengenalan Teknologi Informasi - A
E-PROCUREMENT Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Secara Online
Pertemuan 13 Sistem Informasi Viska Armalina, S.T., M.Eng.
Bahan Kuliah Sistem Terdistribusi
Pengujian Software - Pelaksanaan
Jurusan Arsitektur FTSP-UMB KODE ETIK Latihan Apresiasi Tentang Kode Etik TPM & Kode etk pekerjaan dari bahan bacaan Pelatihan.
PENGELOLAAN BIAYA PENGEMBANGAN SUATU SISTEM INFORMASI MERUPAKAN SUATU INVESTASI SEPERTI HALNYA INVESTASI PROYEK LAINNYA. INVESTASI BERARTI DIKELUARKANNYA.
Software Requirements Spefication (SRS)
BAB 3 MANAJEMEN PERANGKAT LUNAK
System Analist Panji Dewanegoro Jason
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Bab VIII Pekerjaan di Bidang Teknologi Informasi
PEKERJAAN, PROFESI, DAN PROFESIONAL
ETIKA PROFESI YANG BERLAKU BAGI PROGRAMMER DI INDONESIA
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Kelompok 1 Di susun oleh : Afiyatus Salamah Anik Wiji Lestari Anngimnal ‘Afiyah Deksi Karlena Putri Ditya Ati Retnasari Husnul Septia Khoirani Indah Wahyu.
Sumber: A.B. Mutiara.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Materi Pertemuan ke-4 Sistem Informasi E-Business
Aktifitas Pengembangan Sistem
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Manajemen Pengadaan Proyek
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Aktifitas Pengembangan & Pemeliharaan Sistem
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Wahyu Herlambang ( ) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar 2012 Wahyu Herlambang ( ) Pendidikan Teknik.
Testing dan Implementasi Sistem
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Aturan Main Toleransi keterlambatan maksimal 20 menit
Pengenalan Algoritma.
PERANGKAT LUNAK Software.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Project IT Organization
KURIKULUM Sistem Informasi
ANALISA KINERJA SISTEM
Materi Pertemuan ke-4 Sistem Informasi E-Business
System Development Life Cycle (SDLC)
Pertemuan 3 Khairul Anwar Hafizd
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2
Sistem Informasi E-Business
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
Aplikasi Komputer.
Client-Server Computing
Testing dan Implementasi
PERTEMUAN 6 SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI PENDAHULUAN
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
3 Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System)
KAJIAN ETIKA PROFESI DI BIDANG IT.
Sistem Informasi Asuransi Berbasis Web
ETIKA PROFESI SISTEM ANALIS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN BASIS DATA
Pengantar Teknologi Informasi
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Aplikasi dan Rekayasa E-Bisnis
Pengenalan Algoritma.
Aplikasi Komputer.
BUKTI UNJUK KERJA SERTIFIKASI PROGRAMMER
Transcript presentasi:

ETIKA PROGRAMMER Jurusan Teknik Informatika STMIK EL-RAHMA YOGYAKARTA Disusun Oleh : Apriyani Emy Salbiyah Eko Noor Hidayati Febriyanti Fransisca Indrasari Jananti Trikusmantika

PENGERTIAN PROGRAMMER Programmer Komputer adalah profesi yang bertugas untuk membuat sebuah program melalui bantuan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan melalui otomasi dengan bantuan perangkat lunak atau software.  Tugas inti dari seorang programmer sama seperti tugas sebuah program itu sendiri. Sebuah program itu didesain dan dikembangkan agar mampu membatu manusia sebagi pengguna (user) dalam mengatasi kegiatan kesehariannya. Jadi, tugas seorang programmer komputer adalah menolong manusia menyelesaikan kegiatan sehari-harinya dengan bantuan komputer.  Dari hal tersebut, terlihat jelas bahwa seorang programmer komputer merupakan orang yang sangat berjasa kepada masyarakat, seperti halnya dokter, perawat,  akuntan dan lainnya.

KELOMPOK BIDANG PROGRAMMER Database Programmer Web Programmer Multimedia Programmer Embedded Programmer

KODE ETIK PROGRAMMER Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware. Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengansengaja. Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat. Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau telah meminta izin. Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa izin. Tidak boleh mencuri software khususnya development tools. Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapatkan izin.

Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam menaikkan status. 9. Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan. 10. Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek. 11. Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain. 12. Tidak boleh mempermalukan profesinya. 13. Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi. 14. Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug. 15. Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk dan Produktivitas Programmer Komunikasi team Kerumitan produk Notasi yang tepat Kendali perubahan Tingkat teknologi Pendekatan sistematis Tingkat keandalan Pemahaman permasalahan Persyaratan keterampilan Fasilitas dan sumber daya Pelatihan yang cukup Ketersediaan waktu Kemampuan manajemen

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Programmer Memahami kode sumber sebuah program, dari yang sederhana hingga relatif kompleks, adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Implementasi sebuah algoritma yang memodifikasi sebentuk struktur data dalam sebuah program dapat kita adaptasikan ke dalam program yang kita buat sendiri dengan konteks dan struktur data yang sama sekali berbeda Melanjutkan pengelolaan, menyesuaikan, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di masa mendatang. Memiliki kemampuan sebagaimana dijelaskan dalam point 1. dan 2. untuk program yang ditulis dan didokumentasikan oleh programmer lain. Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah.

Kewajiban Programmer Memahami konsep dasar sistem operasi. Memahami konsep dasar jaringan. Memahami konsep dasar relational database. Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet. Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode. Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer mana saja. Lebih dari satu bahasa pemrograman. Cara menggunakan Version Control.

Sikap Programmer Terhadap Klien Mempunyai sikap & kepribadian baik, komunikatif, mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, cekatan & fleksibel. Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur pekerjaan multiple project dan bekerja sama dalam team. Membuat kontrak kerja dengan klien. Menyukai dan mengerti dasar-dasar pemrograman.

Sekian Presentasi dari Kelompok kami... @(^_^)@ TERIMA KASIH ... Hwarang Ichikurasaki