Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2003.
Advertisements

VEKTOR BITMAP DESAIN GRAFIS HOME VIDEO TRUTORIAL VEKTOR
Perbedaan vector dan bitmap
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Tutorial Logo Carrefour
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Belajar Adobe Photoshop CS
INKSCAPE 5 Oktober 2013.
CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program
Pengenalan Program Macromedia Flash
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12 MATERI SISWA KELAS XII
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
TEKNOLOGI INFORMASI DANKOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
LESSON – INTRODUCTION TO COREL
Adobe photoshop.
Pengenalan Geogebra.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Adobe Photoshop CS3 Toolbox
Pengertian Desain Grafis Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
PENGENALAN DESAIN GRAFIS
MATA PELAJARAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI) Semester 5 Pokok Bahasan is Program Grafis and Multimedia for class twelve By. H. JEpanG.
TOOLBOX PADA COREL DRAW 12 BESERTA FUNGSINYA
MATERI KELAS 8 SBI.
PROGRAM DESAIN GRAFIS CORELDRAW
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Materi kelas XII semester 1
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
KELAS XII UMUM SEMESTER GAZAL
Teknologi Dan Rekayasa
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
Materi 5 Disain Multimedia Dasar
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Memahami etimologi multimedia
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
Efek Khusus Corel Draw.
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
MENGENAL GAMBAR DIGITAL
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Microsoft Word 2007.
JENIS-JENIS PROGRAM PEMBUAT GRAFIS
Fungsi Menu dan Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Grafis
Gambar Bitmap Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster terdiri atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
PENGENALAN DESAIN GRAFIS
Media Ini Digunakan untuk :
Cara Menggambar Wajah Corel Draw memiliki banyak fungsi yang berkaitan dengan desain grafis. Berikut ini kita akan menggambar objek pada sebuah foto dengan.
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Materi Pembelajaran Design Grafis
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
CorelDRAW Graphics Suite X4
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Program CorelDraw merupakan salah satu program aplikasi komputer yang banyak digunakan sebagai program pengolahan desain grafis. Misalnya untuk pembuatan.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
PENGENALAN DESAIN GRAFIS Oleh : KELOMPOK 4. Desain Grafis DEFINISIGRAFIS BITMAP KATEGORI PROGRAM DESAIN GRAFIS GRAFIS VECTOR.
MENGGABUNGKAN GAMBAR DAN TEKS BERBASIS VEKTOR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN OLEH : FRESTIKA CAHYO HAKIM.
Di susun oleh: Edy Purwanto Smkn 1 Pacitan. TUJUAN PEMBELAJARAN : 1.Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan konsep citra vektor.
Transcript presentasi:

Kelas XII / 1

STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

INDIKATOR Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap Memahami aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan

MATERI PENGERTIAN DESAIN GRAFIS salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan (http://id.wikipedia.org/) 2 CARA REPRESENTASI DESAIN GRAFIS Bitmap Vektor

Grafis Vektor Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu Grafis Bitmap Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna

PERBANDINGAN VEKTOR VS BITMAP Gambar tetap jelas ketika di perbesar Gambar kurang jelas ketika di perbesar Tersusun oleh garis dan kurva Tersusun atas titik-titik/ dot Ukuran File yang dihasilkan kecil Ukuran File yang dihasilkan besar Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel

PERANGKAT LUNAK BERBASIS VEKTOR IMAGE CREATOR-PRINT ADOBE ILLUSTRATOR MACROMEDIA FREEHAND IMAGE CREATOR-WEB MACROMEDIA FIREWORKS MACROMEDIA FLASH CAD AUTOCAD MICRO STATION MODELLING 3D MAX MAYA FORMZ

MICROSOFT PHOTO EDITOR MACROMEDIA XRES PERANGKAT LUNAK BERBASIS BITMAP ADOBE PHOTOSHOP COREL PHOTOPAINT MICROSOFT PHOTO EDITOR MACROMEDIA XRES

KONFIGURASI MINIMUM PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS SISTEM OPERASI WINDOWS PROCESSOR INTEL PENTIUM IV MEMORI 512 Mb HARDISK 1 Gb VGA CARD 256 Mb MONITOR PIXEL 1024 x 768 Konfigurasi diatas merupakan standar minimum dimana CorelDraw dapat dijalankan. Untuk menambah Performa kerja, sebaiknya konfigurasi tersebut ditingkatkan

Jendela Kerja Corel Draw 2 1 3 4 5 6 7 9 10 8 11 1. Title bar 5. Toolbox 9. Vertical scroll bar 2. Menu bar 6. Work area 10. Color pallete 3. Standard bar 7. Ruler 11. Control window 4. Property bar 8. Horizontal scrollbar

Title bar Berisi nama program sedang kita pakai dan nama file yang sedang dikerjakan Menu bar Berisi nama-nama perintah untuk berbagai macam pekerjaan Standard bar Berisi ikon untuk memproses gambar Property bar Mengatur properti dari work area Control window Kumpulan alat untuk menggambar dan memodifikasi gambar

Area kerja corel draw Work area Ruler Alat bantu untuk membuat objek gambar yang memerlukan ketepatan ukuran V-H scrollbar Menggulung layar kearah vertikal maupun horizontal Color pallete Mengatur properti dari work area Control window Untuk memperkecil, memperbesar, mengembalikan window ke ukuran semula dan menutup window

Toolbox pada Corel Draw Pick Tool Shape Tool (F10) Crop Tool Zoom Tool (Z) Freehand Tool Smart fill Tool Rectangle Tool Elipse Shape Polygon Tool Basic Shapes Text Tool (F8) Interactive Blend Tool Eyedropper Tool Outline Tool Fill Tool Interactive Fill Tool

Pick Tool, Shape Tool, Croop Tool, Zoom Tool, Freehand Tool, untuk memilih, mengubah ukuran, menggeser objek Shape Tool, untuk memodifikasi dan editing objek Croop Tool, untuk memotong/ mengubah ukuran objek Zoom Tool, untuk memperbesar/ memperkecil tampilan objek Freehand Tool, untuk pembuatan objek berbentuk garis Rectangle Tool, untuk pembuatan objek segi empat Ellipse Tool, untuk pembuatan objek ellips dan lingkaran Elipse shape,

Interactive blend Tool, Eyedropper Tool, Outline Tool, Fill Tool, Polygon Tool, untuk pembuatan objek poligon Basic shape, untuk pembuatan objek khusus Text Tool, untuk pembuatan teks Interactive blend Tool, untuk pengaturan efek khusus Eyedropper Tool, untuk pemberian efek suatu warna Outline Tool, untuk pengaturan garis Fill Tool, untuk pengaturan warna isian suatu objek Interactive Fill Tool, untuk pengaturan warna secara interaktif

Menampilkan Toolbox yang tersembunyi Pada ToolBox ada beberapa tools pada sisi sudut kanan bawah terdapat tanda segi tiga kecil warna hitam. Hal ini menandakan bahwa pada tool tersebut masih tersimpan beberapa tools yang tersembunyi. Untuk menampilkannya, ikuti langkah berikut:

Klik pada tools yang mempunyai tanda segitiga hitam tersebut, sehingga tampak tools yang lain Pilih tools yang anda perlukan, dengan menggeser mouse ke tools yang anda maksud, kemudian klik mouse Mengedit bentuk objek Mengubah bentuk objek vektor dengan drag Mengubah outline objek vektor dengan drag Mengubah posisi objek perputaran bebas

Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain Memotong dan mengubah ukuran objek Memotong dan memisahkan objek Membuang bagian dari objek Menghapus bagian objek yang saling beririsan Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain Memperbesar/ memperkecil tampilan objek Menggeser/ memindahkan lembar kerja Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain Membuat garis lurus atau garis kurva Membuat satu segmen kurva dalam sekali waktu Membuat media artistik Membuat satu segmen kurva dalam sekali waktu Membuat dan menggambar garis dan kurvaA Menggambar kurva dengan 3 titik Menggabungkan 2 objek dengan garis Menggambar garis vertikal, horizontal, diagonal dan bersudut Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain Menggambar objek kotak dan persegi Menggambar objek kotak dan persegi dengan cara mendrag untuk membuat garis dasarnya terlebih dahulu lalu klik untuk menentukan tingginya Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain Menggambar objek elips dan lingkaran Menggambar objek elips dengan cara mendrag untuk membuat garis dasarnya terlebih dahulu lalu klik untuk menentukan tingginya Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain Menggambar objek poligon Menggambar objek bintang dengan bentuk simetris Menggambar objek bintang dengan bentuk yang kompleks (variasi) Menggambar garis grid dengan jarak sama (seperti gambar tabel) Menggambar objek spiral dengan bentuk simetris atau logaritma Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

Soal Latihan Jelaskan pengertian grafis vektor dan grafis bitmap! Sebutkan kelebihan grafis vektor! Sebutkan 4 macam program yang dapat digunakan untuk membuat grafis vektor! Apakah nama komponen layar utama program Corel Draw yang digunakan untuk menentukan ukuran windows (jendela Corel Draw)? Tuliskan urutan langkah untuk menampilkan Properties Toolbar! Sebutkan 5 piranti toolbox yang fungsinya untuk menggambar garis! Apakah fungsi dari interactive fill tool? Apakah nama piranti/toolbox yang digunakan untuk menggambar bujursangkar secara diagonal?

Referensi http://primasoft.wordpress.com/2008/04/07/grafis-vektor-dan-bitmap/ http://tik12.wetpaint.com/page/Pengenalan+Grafis+Berbasis+Vektor+dan+Berbasis+Bitmap http://id.wikipedia.org/ http://smamuhwsb.freeoda.com/perbedaan_grafis_vektor_dengan_grafis_bitmap.html Hendi Hendratman (2008), Tips n Trix Computer Graphisc Design, Bandung: Informatika

Materi ini disusun Email: tik_gk2009@yahoo.com SMAN 2 Wonosari