Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
Membangun sistem informasi berbasis
Prinsip Perancangan Multimedia
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
FAKTOR MANUSIA.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
Usability.
Interaksi Manusia dan Komputer
Desain permodelan grafis
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
PERTEMUAN 1: PANDUAN KULIAH SEMINAR
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
1 Pertemuan 8 Memilih Media Matakuliah: D0514 / Aplikasi Software Komputer Tahun: 2005 Versi: 1.
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
komponen antarmuka pengguna
Storyboard.
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Sistem L. Erawan.
Pembuatan Media Presentasi
Analisa & Perancangan sistem
STUDI LITERATUR (CARA MEMPEROLEH BAHAN KULIAH )
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
IMK: PENANGANAN KESALAHAN
Interaksi Manusia dan Komputer
TEKNIK PRESENTASI 19-Nov-17.
DOKUMENTASI.
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Prototyping
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
FASE ANALISIS.
Perancangan Tampilan.
DESAIN INFORMASI DAN NAVIGASI
Komunikasi Visual Iklan Cetak
KEBERGUNAAN (USABILITY)
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
USER INTERFACE.
DOKUMENTASI.
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Tujuan instruksional umum:
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Materi 2 - Komputer Multimedia
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG Rizal Subagja,
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Karakteristik Belajar Peserta Pelatihan
Mengelola Proses Perancangan
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial Pertemuan 12 Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial IMK - 12

Pendahuluan Bentuk-bentuk manual pemakai tercetak (printed user manual) : Daftar alfabetis (alphabetic listing) dan deskripsi perintah Kartu referensi kilat (quick reference card) dengan gambaran singkat sintaktis Brief getting started notes untuk memungkinkan pemakai mencoba menggunakan system Pengenalan bagi pemakai pemula (novice user introduction) atau tutorial Manual konversi (conversion manual) yang mengajarkan keistimewaan system baru kepada pemakai yang berpengetahuan tentang system lain Manual referensi rinci (detailed reference manual) dengan liputan semua features

Jenis-jenis materi online : Online user manual : versi elektronis dari manual pengguna tradisional. Dikonversi langsung dari manual tercetak sehingga langsung tersedia tetapi lebih sulit dibaca dan diserap Online help facility : petunjuk berupa presentasi hierarkis kata kunci dalam bahasa perintah, seperi indeks pada manual tradisional Online tutorial : pendekatan yang menggunakan media elektronik untuk mengajar pemula dengan memperlihatkan simulasi system yang bekerja, dengan menampilkan animasi yang menarik, dan melibatkan pemakai dalam sesi interaktif Online demonstration : membawa pemakai menelusuri penggunaan software agar pemakai dapat memperoleh gambaran menyeluruh atas software

Klasifikasi Materi Kertas dan Online Klasifikasi menurut Duffy et al. (1992): Tujuan Pemakai Medium Penyampaian Kertas Online Saya ingin membelinya Sales brochure Fact sheet Demonstration program mempelajarinya Tutorial manual Guided tour menggunakannya User’s manual Online help Online document

Membaca dari Kertas Vs Tampilan Kelemahan potensial untuk membaca dari tampilan layar meliputi : Font yang jelek, terutama pada tampilan dengan resolusi rendah Kontras yang rendah antara karakter dan latar belakang, dan batas-batas karakter yang buram dan tidak jelas Cahaya yang dipancarkan dari tampilan akan lebih sulit dibaca daripada cahaya yang dipantulkan oleh kertas, layar lebih menyilaukan, flicker dapat mengganggu, dan permukaan layar yang melengkung dapat membingungkan Tampilan yang kecil membutuhkan perpindahan halaman yang banyak

Jarak membaca dapat lebih besar daripada kertas, karena posisi layar tetap, dan penempatannya mungkin terlalu tinggi agar bisa dibaca dengan nyaman Masalah tata letak dan pemformatan, seperti margin yang tidak sebagaimana mestinya, lebar baris yang tidak memadai, atau justifikasi (perataan) yang janggal Gerakan tangan dan tubuh yang dikurangi pada tampilan dibandingkan dengan kertas, dan postur tubuh yang kaku yang keduanya dapat melelahkan Ketidakakraban terhadap tampilan dan kegelisahan bahwa citra bisa hilang dapat meningkatkan stress

Mempersiapkan manual tercetak Pengaturan dan gaya tulisan Deskripsi nonantropomorfik Proses pengembangan

Pengaturan dan gaya tulisan Proses sembilan langkah untuk menulis dokumentasi pemakai (Brockman, 1990): Kembangkan spesifikasi dokumen : Gunakan orientasi tugas Gunakan rancangan minimalis Tangani pembaca yang beraneka ragam Tentukan tujuan Organisasikan informasi dan kembangkan visualisasi Perhatikan tata letak dan warna

Buat prototipe Buat draft (bentuk kasar) Perbaiki Kaji ulang Uji di lapangan Terbitkan Lakukan ulasan pascaproyek Pelihara

Mempersiapkan fasilitas online Alasan-alasan positif untuk membuat manual tersedia online adalah : Informasi tersedia kapan saja komputer tersedia Pemakai tidak perlu menyediakan ruang kerja untuk membuka manual Informasi dapat diperbaharui secara elektronis dengan cepat dan tidak mahal Informasi spesifik yang diperlukan bagi tugas tertentu dapat ditemukan dengan cepat jika manual online menyediakan indeks elektronik atau pencarian teks Penyusun dapat menggunakan grafik, suara, warna, dan animasi yang dapat berguna dalam menjelaskan aksi-aksi kompleks dan menciptakan pengalaman keterlibatan

Dampak negatif potensial dari manual online : Tampilan lebih sulit dibaca daripada cetakan Layar dapat berisi informasi lebih sedikit daripada kertas, dan perpindahan halamannya lebih lambat daripada manual kertas Bahasa perintah tampilan mungkin belum dikenal dan membingungkan pemula Jika tampilan digunakan untuk pekerjaan lain, beban ingatan jangka pendek pemakai akan menjadi parah jika pekerjaan dan manual harus dipertukarkan

Daftar fasilitas online yang berguna menurut Relles dan Price (1981) : Penjelasan yang sinambung dan lebih rinci atas pesan kesalahan yang ditayangkan Penjelasan yang sinambung dan lebih rinci atas pertanyaan atau permintaan Contoh yang sinambung dari masukan yang tepat atau perintah yang sah Penjelasan atau definisi dari istilah tertentu Deskripsi format perintah tertentu

Daftar perintah yang diperbolehkan Penayangan bab-bab tertentu dari dokumentasi Deskripsi nilai sesaat dari berbagai parameter sistem Petunjuk penggunaan sistem Berita yang menarik bagi pemakai sistem Daftar pertolongan yang tersedia bagi pemakai

Pedoman untuk sistem petunjuk online (online help) : Buat sistem petunjuk mudah diakses dan mudah dituju kembali Buat petunjuk sespesifik mungkin Kumpulkan data untuk menentukan petunjuk apa saja yang diperlukan Berikan pemakai sebanyak mungkin kendali atas sistem petunjuk Buat pesan-pesan petunjuk akurat dan lengkap Jangan gunakan petunjuk sebagai kompensasi perancangan antarmuka yang buruk

Online tutorials, Online demonstrations, animations Online tutorial akan berguna karena pemakai Tidak perlu terus-menerus bertukar perhatian antara terminal dan materi petunjuk Berlatih ketrampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan sistem Dapat bekerja sendiri pada kecepatan langkahnya sendiri dan tidak perlu malu atas kesalahan yang dibuat di depan istruktur atau sesama pelajar yang adalah manusia

Karakteristik sistem demo : Disebarkan dalam bentuk disket, CD-ROM, atau melalui internet Dirancang untuk menarik pemakai potensial Umumnya memamerkan keistimewaan sistem menggunakan animasi, gambar berwarna, suara, dll Persyaratan antarmuka pemakai untuk memikat dan mempertahankan ketertarikan pemakai, menyampaikan informasi dan membangun citra produk yang positif Kendali umum : maju secara automatis atau manual, pengaturan panjang demo, berhenti, mengulang, atau melompati bagian tertentu