ETIKA PROFESI YANG BERLAKU BAGI PROGRAMMER DI INDONESIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
Advertisements

Sistem Terdistribusi 02 – Model dan Permasalahan Sistem Terdistribusi
Profesionalisme Kerja
PROJECT MANAGEMENT IT FINAL REVIEW.
EIH/Pengantar Sistem Informasi 1 Aplikasi Web Eka Ismantohadi.
Bab 8 Aplikasi Internet.
MEMPERBAIKI PRESTASI KERJA DENGAN UMPAN BALIK & PENGHARGAAN
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
KU1071 Pengenalan Teknologi Informasi - A
SIM / MIS DIK-029 Pengenalan pada Manajemen Informasi D3MI, Semester 5, Kelas B Dosen: Viska Mutiawani, M.Sc.
Sumber daya manusia yang melakukan kegiatan pengolahan data BRAINWARE.
Bahan Kuliah Sistem Terdistribusi
Komponen Sistem Informasi
Pengujian Software - Pelaksanaan
Jurusan Arsitektur FTSP-UMB KODE ETIK Latihan Apresiasi Tentang Kode Etik TPM & Kode etk pekerjaan dari bahan bacaan Pelatihan.
PENGELOLAAN BIAYA PENGEMBANGAN SUATU SISTEM INFORMASI MERUPAKAN SUATU INVESTASI SEPERTI HALNYA INVESTASI PROYEK LAINNYA. INVESTASI BERARTI DIKELUARKANNYA.
PEKERJAAN, PROFESI, DAN PROFESIONAL
4.1 © 2007 by Prentice Hall Etika dan Mengamankan Sistem Informasi.
PENINGKATAN MUTU & DAYA SAING PT I & K 1. 2 Misi Perguruan Tinggi (PP No 60 tahun 1999 Pasal 2) Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang.
System Analist Panji Dewanegoro Jason
Bab VIII Pekerjaan di Bidang Teknologi Informasi
Komor 2011 by Lidia Evelina, MM
Komponen Sistem Informasi
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
PEKERJAAN, PROFESI, DAN PROFESIONAL
Profesionalisme Kerja Bidang IT
ETIKA PROGRAMMER Jurusan Teknik Informatika STMIK EL-RAHMA YOGYAKARTA
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Kelompok 1 Di susun oleh : Afiyatus Salamah Anik Wiji Lestari Anngimnal ‘Afiyah Deksi Karlena Putri Ditya Ati Retnasari Husnul Septia Khoirani Indah Wahyu.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber: A.B. Mutiara.
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Materi Pertemuan ke-4 Sistem Informasi E-Business
Aktifitas Pengembangan Sistem
Manajemen Pengadaan Proyek
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Aktifitas Pengembangan & Pemeliharaan Sistem
PENGORGANISASIAN DAN MANAJEMEN PROYEK SAP
Testing dan Implementasi Sistem
VLAN VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN , hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara.
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
INFRASTRUCTURE SECURITY
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
KURIKULUM Sistem Informasi
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
Materi Pertemuan ke-4 Sistem Informasi E-Business
Pertemuan 3 Khairul Anwar Hafizd
Sistem Informasi E-Business
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
12. ETIKA, KODE ETIK PROFESI DAN HUKUM
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
PROFESIONALISME KERJA
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
KAJIAN ETIKA PROFESI DI BIDANG IT.
ETIKA PROFESI SISTEM ANALIS
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
Struktur Tugas dan Fungsi Utama Layanan Teknologi Informasi
MELAKSANAKAN DAN MENJAGA ETIKA PROFESI
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
BUKTI UNJUK KERJA SERTIFIKASI PROGRAMMER
Transcript presentasi:

ETIKA PROFESI YANG BERLAKU BAGI PROGRAMMER DI INDONESIA Oleh: Arini (KA/ 25080143) Winda Yuliastuti (KA/ 25080146) Imronah (KA/ 25080147) Yuliyana Widiasari (MI/ 23080233) Saryati (MI/ 23080241) Ana Tryani (MI/ 23080242) Alviyatun (MI/ 23080243) Nur Sadariyah Idris (MI/ 23070224) Sriastuti (TI/ 12080628)

KELOMPOK BIDANG PROGRAMMER Database Programmer Web Programmer Multimedia Programmer Embedded Programmer

KODE ETIK PROGRAMMER Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware. Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja. Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat. Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau meminta ijin. Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa ijin Tidak boleh mencuri software khususnya development tools. 7. Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapat ijin.

8. Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keunutungan dalam menaikkan status. 9. Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan. 10. Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek. 11. Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain. 12. Tidak boleh mempermalukan profesinya. 13. Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi. 14. Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug. 15. Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer

11. Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain. 12. Tidak boleh mempermalukan profesinya. 13. Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi. 14. Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug. 15. Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PRODUK DAN PRODUKTIVITAS PROGRAMMER Kemampuan Pribadi Komunikasi Team Kerumitan Produk Notasi yang Tepat Pendekatan Sistematis Kendali Perubahan

7. Tingkat Teknologi 8. Tingkat Kehandalan 9. Pemahaman Permasalahan 10. Ketersediaan Waktu 11. Persyaratan Ketrampilan 12. Fasilitas dan Sumber Daya 13. Pelatihan yang Cukup 14. Kemampuan Manajemen 15. Peningkatan Kualitas

KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PROGRAMMER Memahami kode sumber yang ditulis sendiri pada saat ia tidak lagi mengingat detail mekanisme dari program tersebut. Melanjutkan pengelolaan, menyesuaikan, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di masa mendatang. Memiliki kemampuan sebagaimana dijelaskan dalam point 1. dan 2. untuk program yang ditulis dan didokumentasikan oleh programmer lain. Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah

KEWAJIBAN PROGRAMMER Memahami konsep dasar sistem operasi. Memahami konsep dasar jaringan. Memahami konsep dasar relational database. Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang adalah prokol yang paling banyak digunakan di internet. Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode. Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer mana saja. Lebih dari satu bahasa pemrograman. Cara menggunakan Version Control.

SIKAP PROGRAMMER TERHADAP KLIEN Mempunyai sikap & kepribadian baik, komunikatif, mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, cetakan dan fleksibel. Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur pekerjaan multiple project dan nerkerja sama dalam team. Membuat kontrak kerja dengan klien. Menyukai dan mengerti dasar-dasar pemrograman.

thank you so much ^_^