Hill Climbing.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KECERDASAN BUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SKS/JS : 3/3
Advertisements

Metode Pencarian Heuristik
BEST FIRST SEARCH Nama Kelompok : Marie Karunia Sari .S. ( )
Heuristic Search Dr. Kusrini, M.Kom.
Kecerdasan Buatan Pencarian Heuristik.
Lecture 3 State Space Search 2 Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Pertemuan 12 MODEL PROBABILISTIK
SEARCH 2 Pertemuan ke Lima.
Metode Pencarian/Pelacakan
Algoritma Branch and Bound
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Hill Climbing Best First Search A*
Uniform-Cost Search (UCS)
HEURISTIC SEARCH Presentation Part IV.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian & Pelacakan
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
Pertemuan 24 BRANCH AND BOUND (2)
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pertemuan 16 DYNAMIC PROGRAMMING : TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP)
Heuristic Search Best First Search.
Pencarian Heuristik.
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
METODE PENCARIAN dan PELACAKAN
Informed (Heuristic) Search
Kecerdasan Buatan Materi 4 Pencarian Heuristik.
STRATEGI PENCARIAN PERTEMUAN MINGGU KE-4.
Disampaikan Oleh : Yusuf Nurrachman, ST, MMSI
Pencarian Heuristik (Heuristic Search).
Pencarian Heuristik.
TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK
Perbandingan Algoritma Brute Force dan Depth First Search (DFS) dalam Kasus Travelling Salesman Problem (TSP) Ervin Yohannes ( )
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search
Pert 4 METODE PENCARIAN.
Searching (Pencarian)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
Metode Pencarian dan Pelacakan
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Teknik Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pencarian Simulated Annealing
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
Heuristic Search (Part 2)
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
KECERDASAN BUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SKS/JS : 3/3
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
Program Dinamis (Dynamic Programming)
TEKNIK PENCARIAN.
TEKNIK PELACAKAN Jika suatu persoalan dapat diREPRESENTASIKAN oleh ruang keadaan, maka teknik pelacakan dapat dgn mudah dilakukan dlm ruang keadaan. Teknik.
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Generate & Test.
Heuristic Search.
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
Heuristic Search Best First Search.
Transcript presentasi:

Hill Climbing

Pengertian Sama halnya dengan teknik generate dan test, Hill Climbing juga melakukan suatu pembangkitan keadaan dan pengujian. Bedanya pengujian pada Hill Climbing menggunakan fungsi heuristik (fx) yang akan memberikan suatu perkiraan ukuran jarak tujuan dari node x. Metode Hill Climbing sering digunakan jika terdapat fungsi heuristic yang baik untuk mengevaluasi state (Rich, 1991). Sebagai contoh, seandainya kita berada di sebuah kota yang tidak dikenal, tanpa peta dan kita ingin menuju ke pusat kota. Cara sederhana adalah menuju gedung yang tinggi. Fungsi heuristics-nya adalah jarak antara lokasi sekarang dengan gedung yang tinggi dan state yang diinginkan adalah state yang mana jarak tersebut merupakan yang terpendek.

Teknik Hill Climbing dapat digunakan untuk memecahkan persoalan yang memiliki banyak alternatif solusi untuk kemudian memilih solusi yang terbaik. Hill climbing planner adalah salah satu algoritma yang digunakan dalam forward state planning. Ide dari hill climbing planner ini diambil dari hill climbing search, dimana dalam tiap state algoritma ini akan mengambil satu anak yang paling bagus untuk diekspansi hingga tercapainya goal. Jika terdapat nilai heuristic yang sama, maka akan dipilih secara acak dan jika heuristic yang dihasilkan oleh suatu state tidak membaik, maka pencarian akan dihentikan dan akan diulang.

Implementasi Hill climbing planner adalah salah satu algoritma yang digunakan dalam forward state planning. Ide dari hill climbing planner ini diambil dari hill climbing search, dimana dalam tiap state algoritma ini akan mengambil satu anak yang paling bagus untuk diekspansi hingga tercapainya goal. Jika terdapat nilai heuristic yang sama, maka akan dipilih secara acak dan jika heuristic yang dihasilkan oleh suatu state tidak membaik, maka pencarian akan dihentikan dan akan diulang.

Prosedur Hill Climbing : Buatlah solusi usulan pertama dengan cara yang sama seperti yang dilakukan dalam prosedur buat dan uji (generate and test). Periksalah apakah solusi usulan itu merupakan sebuah solusi. Jika ya, berhentilah. Jika tidak, kita lanjutkan ke langkah berikutnya. Dari solusi ini, terapkan sejumlah aturan yang dapat diterapkan untuk membuat sekumpulan solusi usulan yang baru. Saat perubahan yang dilakukan tidak lagi mendapatkan solusi yang lebih baik, algoritma Hill Climbing akan berhenti mencari dan menentukan solusi terakhir sebagai solusi yang optimal. Untuk setiap elemen kumpulan solusi tersebut, lakukanlah hal-hal berikut ini : a. Kirimkanlah elemen ini ke fungsi uji. Jika elemen ini merupakan sebuah solusi, berhentilah. b. Jika tidak, periksalah apakah elemen ini merupakan yang terdekat dengan solusi yang telah diuji sejauh ini. Jika tidak, buanglah. Ambilah elemen terbaik yang ditemukan di atas dan pakailah sebagai solusi usulan berikutnya. Langkah ini bersesuaian dengan langkah dalam ruang problema dengan arah yang muncul sebagai yang tercepat dalam mencapai tujuan. Kembalilah ke langkah 2.

contoh Contoh : Traveling Salesman Problem (TSP) Seorang salesman ingin mengunjungi n kota. Jarak antara tiap-tiap kota sudah diketahui. Kita ingin mengetahui rute terpendek dimana setiap kota hanya boleh dikunjungi tepat 1 kali. Misal ada 4 kota dengan jarak antara tiap-tiap kota seperti berikut ini : A B D C 8 7 6 5 3 4

Solusi – solusi yang mungkin dengan menyusun kota-kota dalam urutan abjad, misal : A – B – C – D : dengan panjang lintasan (=19) A – B – D – C : (=18) A – C – B – D : (=12) A – C – D – B : (=13) dst A B D C 8 7 6 5 3 4

Metode simple hill climbing Ruang keadaan berisi semua kemungkinan lintasan yang mungkin. Operator digunakan untuk menukar posisi kota-kota yang bersebelahan. Fungsi heuristik yang digunakan adalah panjang lintasan yang terjadi. Operator yang akan digunakan adalah menukar urutan posisi 2 kota dalam 1 lintasan. Bila ada n kota, dan ingin mencari kombinasi lintasan dengan menukar posisi urutan 2 kota, maka akan didapat sebanyak : 𝑛! 2! 𝑛−2 ! − 4! 2! 4−2 ! −6 𝑘𝑜𝑚𝑏𝑖𝑛𝑎𝑠𝑖

Keenam kombinasi ini akan dipakai semuanya sebagai operator, yaitu : Tukar 1,2 = menukar urutan posisi kota ke – 1 dengan kota ke – 2 Tukar 2,3 = menukar urutan posisi kota ke – 2 dengan kota ke – 3 Tukar 3,4 = menukar urutan posisi kota ke – 3 dengan kota ke – 4 Tukar 4,1 = menukar urutan posisi kota ke – 4 dengan kota ke – 1 Tukar 2,4 = menukar urutan posisi kota ke – 2 dengan kota ke – 4 Tukar 1,3 = menukar urutan posisi kota ke – 1 dengan kota ke – 3

Keadaan awal, lintasan ABCD (=19). Level pertama, hill climbing mengunjungi BACD (=17), BACD (=17) < ABCD (=19), sehingga BACD menjadi pilihan selanjutnya dengan operator Tukar 1,2 Level kedua, mengunjungi ABCD, karena operator Tukar 1,2 sudah dipakai BACD, maka pilih node lain yaitu BCAD (=15), BCAD (=15) < BACD (=17) Level ketiga, mengunjungi CBAD (=20), CBAD (=20) > BCAD (=15), maka pilih node lain yaitu BCDA (=18), pilih node lain yaitu DCAB (=17), pilih node lain yaitu BDAC (=14), BDAC (=14) < BCAD (=15) Level keempat, mengunjungi DBAC (=15), DBAC(=15) > BDAC (=14), maka pilih node lain yaitu BADC (=21), pilih node lain yaitu BDCA (=13), BDCA (=13) < BDAC (=14) Level kelima, mengunjungi DBCA (=12), DBCA (=12) < BDCA (=13) Level keenam, mengunjungi BDCA, karena operator Tukar 1,2 sudah dipakai DBCA, maka pilih node lain yaitu DCBA, pilih DBAC, pilih ABCD, pilih DACB, pilih CBDA Karena sudah tidak ada node yang memiliki nilai heuristik yang lebih kecil dibanding nilai heuristik DBCA, maka node DBCA (=12) adalah lintasan terpendek (SOLUSI)

Keadaan awal, lintasan ABCD (=19). Level pertama, hill climbing memilih nilai heuristik terbaik yaitu ACBD (=12) sehingga ACBD menjadi pilihan selanjutnya. Level kedua, hill climbing memilih nilai heuristik terbaik, karena nilai heuristik lebih besar dibanding ACBD, maka hasil yang diperoleh lintasannya tetap ACBD (=12)