Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Advertisements

Tahapan information engineering
Applied Information System Project Management
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Slide 1 Rifki Indra P Software Processes. Slide 2 Software Processes Coherent sets of activities for Specifying, Designing, Implementing and Testing software.
Agile Software Development
RENCANA PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (RPPL)
Manajemen Proyek.
MANAJEMEN KONFIGURASI SOFTWARE
Analisis dan Perancangan Sistem
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat membuat diagram / skema untuk assessment setiap tahap pengembangan.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
© 2007 by Prentice Hall Management Information Systems, 10/e Raymond McLeod and George Schell 1 Management Information Systems, 10/e Raymond McLeod and.
WaterfallPrototyping RAD Incremental Prototyping Pendekatan SDLC.
ANALISA PERANCANGAN SISTEM
Bina Nusantara Model Simulasi Peretemuan 23 (Off Clas) Mata kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun: 2008.
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
1 Pertemuan 09 Kebutuhan Sistem Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI Addr : : Contact No :
Phase III Rapid Prototyping and Demonstration Prototype
Summary Materi RPL Mid Semester
Perencanaan Pengujian (Test Plan) Pertemuan 4
Rekayasa Perangkat Lunak 1
1 INTRODUCTION Pertemuan 1 s.d 2 Matakuliah: A0554/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2006.
Requirement Classification
Management Information Systems, 10/e
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
EIS (Executive Information Systems)
Model Proses Perangkat Lunak
Software Engineering Process
Review Rekayasa Perangkat Lunak
proses PERANGKAT LUNAK
REQUIREMENT ENGINEERING Bab - 1
Pert. 16. Menyimak lingkungan IS/IT saat ini
Notasi Object Oriented System
Project Scope Management
Membangun Web Site“Cantik”
Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 03 Materi : Buku Wajib & Sumber Materi :
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Testing dan Implementasi
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Perancangan Basis Data
Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
Software Development Life Cycle (SDLC) Concept
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi SI220A
Review Rekayasa Perangkat Lunak
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
EIS (Executive Information Systems)
Phase III Rapid Prototyping and Demonstration Prototype
1st Knowledge Area : Project Integration Management
Dasar-Dasar Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak Part-5
Review Rekayasa Perangkat Lunak
KEPASTIAN KUALITAS KOMPONEN MAINTENANCE SOFTWARE
Review Rekayasa Perangkat Lunak
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
4 plan.
Business Modeling By: U. Abd. Rohim, MT
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Analisis Perencangan Sistem Informasi
Pertemuan 1 Pengantar Pengembangan Sistem
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak) Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I

Materi Perkuliahan PENDAHULUAN Menganalisa Permasalahan Memahami Keperluan Pengguna dan Pemangku Kepentingan Mendefinisikan Sistem Mengelola Lingkup Menyesuaikan Definisi Sistem Membangun Sistem yang Tepat

PENDAHULUAN Masalah Persyaratan Pengantar Manajemen Persyaratan Persyaratan dan siklus hidup perangkat lunak Tim perangkat lunak

A. Masalah Persyaratan Key Points: Tujuan dari pengembangan SW adalah mengembangkan SW yg bermutu – tepat waktu dan tepat biaya – yang dibutuhkan / diinginkan pelanggan. Proyek yang sukses tergantung dari manajemen kebutuhan yang efektif. Kesalahan menentukan persyaratan adalah jenis yang paling umum dari kesalahan pengembangan sistem dan yang paling sulit /mahal untuk diperbaiki keterampilan adalah kunci yang dapat secara signifikan mengurangi kesalahan persyaratan dan dengan demikian meningkatkan kualitas perangkat lunak

Tujuan Pengembangan Perangkat Lunak Pelanggan yang bervariasi dan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda tetapi dengan tujuan yang sama. Data Tersedianya data yang lengkap dan tepat Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan Proyek Penyebab Kegagalan : Kurangnya input dari pengguna (13% dari kegagalan proyek) Persyaratan dan spesifikasi tidak lengkap ( 12% dari kegagalan proyek) Perubahan persyaratan dan spesifikasi ( 12% dari kegagalan proyek) Penyebab Keberhasilan : Keterlibatan pengguna ( 16% dari proyek yang sukses) Dukungan manajemen eksekutif ( 14% dari proyek yang sukses) Persyaratan yang jelas ( 12% dari proyek yang sukses)

2 Penyebab utama kegagalan proyek : Spesifikasi persyaratan Pengelolaan persyaratan pelanggan Dari kapan dan dimana cacat / kesalahan ditemukan pada proyek pengembangan aplikasi perangkat lunak, mungkin dapat mengakibatkan kenaikan biaya sampai dengan 50 – 100 kali.

Pada saat memperbaiki cacat, akan cenderung mengalami kenaikan biaya dalam beberapa atau semua bidang-bidang berikut: Respesification Redesign Recoding Retesting Change orders Corrective action Scrap (including code, design, test case) Warranty cost Product liability Service cost Documentation

B. Pengantar Manajemen Persyaratan Definisi: What is Software Requirements ? A software capability needed by the user to solve a problem to achieve an objective A software capability that must be met or possessed by a system or system component to satisfy a contract, standard, spesification, or other formally imposed documentation. What is Requirement Management ? A systematic approach to eliciting, organizing, and documenting the requirement of the system, and a process that establishes and maintains agreement between the customer and the project team on the changing requirements of the system

Application or requirements management Techniques Types of software applications IS and other application develop for use within a company. Software developed and sold as commercial product. Software that runs on computer embedded in other devices, machines, or complex systems. (software embedded-system application, or embedded application) Systems applications requirements management can also be applied to systems development.

The road map The problem domain Stakeholder needs Moving toward the solution domain Features of the system Software requirements

Many question will arise : Is this a need or a requirement ? Is this a nice to have or a must have ? Is this a statement of the problem or a statement of the solution ? Is this a goal of the system or a contractual requirement ? Do we have to program in Java ? Says who ? Who doesn’t like the new system, and where was that person when we visited here before ?

C. Persyaratan dan siklus hidup perangkat lunak Traditional software process models The waterfall model The spiral model

The itterative approach Lifecycles phases Iterations Disciplines Requirements in the itterative model

D. Tim perangkat lunak Software development as a team activity Requisite team skills for effektive requirements management Team members have different skills The organizations of software teams