Object-Oriented Reengineering Patterns and Techniques Wahyu Andhyka Kusuma, S.Kom Materi 2 Reverse Engineering.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Advertisements

Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Pengembangan Sistem Informasi
Perencanaan Perangkat Lunak
Tahapan information engineering
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM Mohamad Sidiq Magister Komputer Universitas Dian Nuswantoro 2a2a SYSTEM ANALYSIS P E R T E M U A N.
Pertemuan 13 Sistem Informasi Viska Armalina, S.T., M.Eng.
PROJECT-BASED LEARNING
PENGEMBANGAN SISTEM.
Object-Oriented Reengineering Patterns and Techniques Wahyu Andhyka Kusuma, S.Kom Materi 3 Software Visualization.
Konsep & Prinsip Analisis
Testing dan Implementasi Sistem
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
Object-Oriented Reengineering Patterns and Techniques Wahyu Andhyka Kusuma, S.Kom Materi 1 Introduction OORP.
Manajemen Proyek.
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Rekayasa Ulang Sistem Panji Wisnu Wirawan.
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-14 Mata Kuliah: CSM-211, Management Support System Tahun Akademik : 2012 / 2013 Sasaran Pembelajaran The student can make design.
Roilhaq Febteniusta (060647).  QFD dapat mengembangkan produk dengan :  Membatasi jumlah perubahan desain  Mempersingkat total waktu siklus  Mengidentifikasi.
DEDED RAMAD KAMDA, S. KOM. Untuk menyelesaikan masalah aktual didalam sebuah setting industri, rekayasa perangkat lunak atau tim perekayasa harus menggabungkan.
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI Addr : : Contact No :
Rekayasa Perangkat Lunak
Metode Penelitian di bidang teknik informatika
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Project Quality Management
Intro TO EA (2).
PriNciples That Guide Practice
ANALISA SISTEM ( ANALYSIS SYSTEM )
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
System Development Life Cycle (SDLC)
Apakah “Praktek”? Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools that yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Dia.
Rekayasa Perangkat Lunak
FASE PENGEMBANGAN (bag 2)
Systems Analysis Chapter 4.
The WebE Process These slides are designed to accompany Web Engineering: A Practitioner’s Approach (The McGraw-Hill Companies, Inc.) by Roger Pressman.
Pengumpulan Kebutuhan dan Dokumentasi
Investigasi awal & Identifilasi masalah
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Disusun Oleh: Defri Kurniawan, M.Kom Teknik Informatika UDINUS
R.S. Pressman & Associates, Inc
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Software Engineering ( Pressman)
SIKLUS HIDUP PROYEK dan MANAJEMEN
SOFTWARE ENGINEERING Astrina DF ( ) Bagus Ilyas R ( )
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 2
Materi Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Kebutuhan.
Organisasi dan System Analyst
Pertemuan 8 Rekayasa Kebutuhan
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-13
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Analisa Desain Berorientasi Objek
Pengembangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN SISTEM.
PROSEDUR PELAKSANAAN LESSON STUDY
ANALISA SISTEM ( ANALYSIS SYSTEM )
Pengembangan Sistem Informasi
PRAKTEK RPL.
PROSEDUR PELAKSANAAN LESSON STUDY
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pengujian Perangkat Lunak
ANALISA SISTEM ( ANALYSIS SYSTEM )
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
Manajemen Proyek.
Transcript presentasi:

Object-Oriented Reengineering Patterns and Techniques Wahyu Andhyka Kusuma, S.Kom Materi 2 Reverse Engineering

Topik Setting Direction First Contact Initial Understanding Detail Model Capture

Topik Setting Direction First Contact Initial Understanding Detail Model Capture

Setting Direction Ketika Anda memulai proyek reengineering Anda akan banyak memperoleh banyak masukan dan arahan oleh menejemen, pengguna, tim Anda. Mudah Untuk dapat fokus terhadap pekerjaan Anda tetapi yang menjadi masalah adalah bagaimana menentukan strategi terbaik dan bagaimana menentukan arah untuk pekerjaan Anda

Forces Beberapa pekerjaan reengineering biasanya akan digabungkan menjadi satu dengan beberapa bidang lain (mis, teknik dengan pertanian, kedokteran) hal ini akan menjadikan susah untuk fokus terhadap suatu pekerjaan Ketidak hadiran tim atau tim pengembang aplikasi sebelumnya akan menghambat komunikasi didalam reengineering Legacy System mungkin akan memberikan Anda suatu sistem dengan arsitektur yang kurang tepat (baik) pada saat ini Anda akan mendapati bahwa legacy system yang Anda ambil mungkin memiliki banyak error dan hal tersebut akan sangat susah untuk memfokuskan pada satu pekerjaan

So, whay you do?

Most Valuable First Masalah: Pada masalah mana Saya harus fokus pertamakali? Solusi: Bekerja pada aspek dimana itu memiliki nilai lebih untuk Customer Anda Maksimalkan komitmen, hasil awal, bangun kepercayaan diri Gambaran berbagai kesuliatan: – Dengan stakeholder mana Anda akan mendengarkan? – Apa measurable goal untuk tujuan Anda? – Konsultasikan change logs untuk aktivitas yang besar – Mainkan Planning Game – Wrap, refactor atau rewrite? — Fix Problems, not Symptoms

Topik Setting Direction First Contact Initial Understanding Detail Model Capture

First Contact Legacy systems besar dan kompleks – Pecah sistem kedalam bagian – bagian yang bisa dikelolah Waktu yang sedikit (deadline) – Aplikasikan lightweight teknik untuk taksirkan kemungkinan yang akan terjadi dan resikonya Kesan pertama itu berbahaya !!! – Selalu double-check your sources Pemberi proyek memberikan agenda yang berbeda – Bangun kepercayaan diri; jangan ragu

First Contact

Topik Setting Direction First Contact Initial Understanding Detail Model Capture

Initial Understanding Selalu perdayakan Data – Selalu double-check your sources Memahami memerlukan perkataan yang berulang – Rencanakan pertanyaan dan berikan tanggapan Harus berbagi pengetahuan – “Put the map on the wall” Tim Membutuhkan komunikasi – “Use their language”

Initial Understanding

Topik Setting Direction First Contact Initial Understanding Detail Model Capture

Permasalahan Detail – Berikan perhatian lebih terhadap details! Selalu ingat akan Desain – Catat design rationale ketika anda menemukan! Catat Perkembangan Desain – Permasalahan biasanya timbul karena perubahan kode! Code hanya membuka struktur dari program – Pelajari dynamic behaviour untuk memahami desain dari keseluruhan

Kesimpulan Setting Direction + First Contact – First Project Plan Initial Understanding + Detailed Model Capture – Plan the work … and Work the plan – Frequent and Short Iterations Issues – scale – speed vs. accuracy – politics