Mendapatkan Input dari Keyboard

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Try, Catch, Finally Throws
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
2 Jurus Kedua Jika IF maka THEN * Ice-breaking.
Malang,22 November 2012
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
- PERTEMUAN 3 - PENYELEKSIAN KONDISI
Abstract Class & Interface
Workshop SCS: Java Game Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
09 Exceptions & File I/O OOP Java. Materi hari ini ExceptionsExceptions – Apa & kapan exception terjadi – Menangani exception – Menghindar (tidak menangani.
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
KONTROL ALUR EKSEKUSI PROGRAM
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Struktur Kontrol.
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
I/O Stream lanjutan.
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
Koneksi Database Java dan Access
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
UDP.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Try, Catch, Finally Throws
Pemrograman berbasis obyek
Penanganan Eksepsi.
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Input/output dan Kelas File
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
Algoritma & Pemrograman 1
Mendapatkan input dari keyboard
Tugas Minggu Ke 9 PBO Siti Halisah
Command line argument.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PERTEMUAN 3 I/O STREAMS PERINTAH MASUKAN.
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN JAVA.
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #3 HUMANIKA
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Transcript presentasi:

Mendapatkan Input dari Keyboard powered

Materi Input Konsol Input GUI (Graphical User Interface)

Input Konsol Menggunakan class BufferedReader pada package java.io

Langkah - langkah Mengimport class import java.io.* Mendeklarasikan variabel bertipe BufferedReader Menggunakan fungsi readLine() untuk membaca input

Contoh Kode Menggunakan class pada package java.io Dapat disingkat: import java.io.*; 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 import java.io.BufferedReader; import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException; public class GetConsoleInput { public static void main( String[] args ){ BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); String name = ""; System.out.print("Please Enter Your Name:"); try { name = dataIn.readLine(); } catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); } System.out.println("Hello " + name + "!"); Membuat blok try-catch untuk mengantisipasi terjadinya exception Mendeklarasikan variabel dataIn dengan tipe BufferedReader Memanggil method dataIn.readLine untuk mendapat input dan menampung dalam variabel name yang bertipe String

Input GUI Menggunakan class JOptionPane pada package javax.swing

Langkah - langkah Import class import javax.swing.JOptionPane; Menggunakan method showInputDialog() untuk mengambil input Menggunakan method showMessageDialog() untuk menampilkan output

Contoh Kode Menggunakan class JOptionPane Pada package javax.swing Dapat disingkat: import javax.swing.*; 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 import javax.swing.JOptionPane; public class GetGUIInput { public static void main( String[] args ){ String name = JOptionPane.showInputDialog (“Enter yourname:”); JOptionPane.showMessageDialog (null, “Hello “ + name + “!”); } Membuat input dialog JOptionPane yang berisi message, texfield dan button. Input dialog tersebut mengembalikan nilai String dan ditampung dalam variabel name. Menampilkan isi variabel name dalam message dialog JOptionPane

Contoh Output

Latihan Menginputkan sebuah bilangan integer, menampilkan hasilnya setelah dikalikan dengan bilangan tertentu Buat dalam versi GUI

Catatan Konversi String ke int menggunakan method parseInt() pada class Integer Contoh: String str = “25”; int num = Integer.parseInt(str);