Teknik Pencarian.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENERAPAN KECERDASAN BUATAN
Advertisements

Metode Pencarian Heuristik
Heuristic Search Dr. Kusrini, M.Kom.
Kecerdasan Buatan Pencarian Heuristik.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
MESIN INFERENSI.
Problem Solving Game Playing
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Game playing Kecerdasan Buatan Pertemuan 5 IT-EEPIS.
Hill Climbing Best First Search A*
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
Game Playing Stmik mdp Pengantar Games adalah fasilitas yang sangat menarik dalam komputer Ide games pertama kali dimunculkan oleh Calude Shannon.
HEURISTIC SEARCH Presentation Part IV.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian & Pelacakan
Metode Pencarian/Pelacakan
1 Pertemuan 16 Game Playing Continued Matakuliah: T0264/Intelijensia Semu Tahun: Juli 2006 Versi: 2/2.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN dan PELACAKAN
Pertemuan 3 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Algoritma Pencarian (Search Algorithm).
Kecerdasan Buatan Materi 4 Pencarian Heuristik.
STRATEGI PENCARIAN PERTEMUAN MINGGU KE-4.
Pencarian Heuristik.
TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search
Pert 4 METODE PENCARIAN.
Searching (Pencarian)
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Metode Pencarian dan Pelacakan
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Bahan Kuliah IF2211 Strategi Algoritma
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Pertemuan 10 Teori Permainan
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
STRATEGI PELACAKAN PERTEMUAN MINGGU KE-3.
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 9
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
TEKNIK RISET OPERASI MUH.AFDAN SYARUR CHAPTER.10
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
ARTIFICIAL INTELEGENCE
Oleh : Yusuf Nurrachman, ST .,MMSI
Game Theory (Pengambilan Keputusan dlm Suasana Konflik)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Algoritma dan Struktur Data
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

Teknik Pencarian

Macam-Macam Teknik Pencarian Metode sederhana yang hanya mencari kemungkinan penyelesaian Metode yang mempertimbangkan harga terpendek, dimana harga perjalanan mencari kemungkinan menjadi perhitungan Metode yang yang diterapkan saat berhadapan dengan musuh/lawan

Mendefinisikan Masalah Sebagai Ruang Keadaan

Contoh Petani dan Bawaannya

Solusi

Contoh Masalah Teko Air

Aturan-aturan Solusi

Pohon Pelacakan Menghindari adanya pelacakan yang berulang. Struktur pohon menggambarkan keadaan secara hirarki.

Metode Pencarian Buta Breadth First (Pencarian Melebar Pertama) Dept First (Pencarian Mendalam Pertama) Hill Climbing (Pencarian Mendaki Bukit) Best First (Pencarian Terbaik Pertama)

Breadth First (Pencarian Melebar Pertama)

Dept First (Pencarian Mendalam Pertama)

Hill Climbing (Pencarian Mendaki Bukit)

Best First (Pencarian Terbaik Pertama)

Metode Pencarian Optimal Branch and Bound Branch – Bound and Dynamic Programing

Branch and Bound Metode ini tidak mengestimasi jarak tiap node. Elemen-elemen urutan bukan node, tetapi lintasan parsial.

Branch – Bound and Dynamic Programing Metode ini sama dengan Branch and Bound, tetapi lebih efisien karena bisa mengurangi lebar dengan memotong lebar dari tree. Lintasan dari node yang sudah dilewati akan dipotong.

Metode Permainan (Game) Ciri umum dalam permainan: Terdapat 2 pemain Kesempatan pemain bergantian Zero sum, artinya kerugian pemain adalah keuntungan lawan. Perfect information, pemain mengetahui semua informasi state dari game. Tidak mengandung probabilistic

Bagaimana komputer menjadi salah satu pemain dalam game Hal yang perlu diperhatikan

Fungsi Evaluasi

Sistem Pencarian dalam Game, ada2 metode dasar: Metode Minimax Metode Alpha Betha Prunning

Metode Minimax Memaksimalkan posisi pemain dan meminimalkan posisi lawan.

Metode Alpha Beta Prunning

Thank you