BAB 1 KONSEP OOP.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERTEMUAN 4 PEMROGRAMAN API OOP Concept mudafiqriyan.com.
Advertisements

21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
Pemrograman Berorientasi Objek
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Inheritance.
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Pengantar Berorientasi Obyek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
P EMROGRAMAN W EB II Lasmedi afuan, ST.,M.Cs. T OPIC Konsep OOP Class Properti Method Identifier Objek Overriding.
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
1.Polymorphism Polymorphism adalah konsep yang memungkinkan mendefinisikan metod pada class anak (sub class) yang memiliki definisi sama dengan metod.
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Algoritma & Pemrograman 1
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Perancangan dan pemrograman web Pertemuan 15
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance (Pewarisan)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Object Oriented Programming (OOP)
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Pengenalan Java dan Object-Oriented Programming
VISUAL BASIC 2010 Teknik industri Pengenalan VB NET.
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
OOP pada pemrograman Web
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
Inheritance dan Kata Kunci static
Algoritma & Pemrograman 1
Pemograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Inheritance Pertemuan 8
BAB 1 KONSEP OOP.
Pengenalan Java.
D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Inheritance.
Inheritance (Turunan)
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
INTRODUCTION.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Pengenalan Java.
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Algoritma dan Struktur Data
Pengenalan Java.
Algoritma Pemrograman 3
Pengenalan Java.
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Berorientasi Objek
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Perkembangan Teknik Pemrograman
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Dian Wahyuningsih, S.Kom., MMSI
Pemrograman Berorientasi Objek
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
Transcript presentasi:

BAB 1 KONSEP OOP

TUJUAN Memberikan latar belakang serta pemahaman tentang konsep pemrograman berorientasi obyek dan perbandingannya dengan pemrograman prosedural.

MATERI POKOK BAB 1 Pemrograman prosedural vs pemrograman berorientasi obyek Mengorganisasi program menjadi element yang disebut sebagai class, dan bagaimana class ini digunakan untuk membuat obyek. Struktur class: tingkah laku (behavior) dan atribut (attributes). Konsep Konsep OOP Cara kompile dan menjalankan aplikasi Java

Bahasa Prosedural Serangkaian tugas diselesaikan dalam bentuk fungsi atau prosedur. Program adalah suatu urutan instruksi. Programer harus me-break down suatu problem menjadi sub problem yang lebih simple. Fungsi dan prosedur menjadi fokus utama. Fungsi dan prosedur digunakan untuk memanipulasi data. Data bersifat pasif.

Pemrograman Berorientasi Obyek Fungsi dan data bukan menjadi dua hal yang terpisah. Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut sebagai obyek aktif. program adalah serangkaian obyek yang bekerjasama untuk menyelesaikan suatu problem.

Obyek Semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai obyek. Contoh : rumah, mobil, sepeda, motor, gelas, komputer, meja dll.

Karakteristik Obyek Setiap obyek memiliki atribut sebagai status (state). Setiap obyek memiliki tingkah laku (behavior) Contoh: obyek sepeda Memiliki atribut (state)  : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda. Memiliki tingkah laku (behavior) : kecepatanya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda.

Karakteristik Obyek Penggambaran pemrograman berorientasi obyek = penggambaran pada pada dunia nyata. Pada pemrograman berorientasi obyek: State disimpan pada  variabel Tingkah laku disimpan pada  method

Class Definisi class : merupakan template untuk membuat obyek. merupakan prototipe / blue prints yang mendefinisikan variable-variabel dan method –method secara umum. Obyek (instances) merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas, proses pembentukan obyek dari suatu class disebut dengan instantiation.

Class

Attributes Definisi atribut : adalah data yang membedakan antara obyek satu dengan yang lain. Contoh: VolcanoRobot  volcanic exploration vehicle, mempunyai atribut sebagai berikut : Status exploring, moving, returning home Speed  in miles per hour Temperature  in Fahrenheit degrees Dalam class atribut disebut sebagai variabel.

Attributes Instance variable: adalah atribut untuk tiap obyek dari class yang sama. Tiap obyek mempunyai dan menyimpan nilai atributnya sendiri. Jadi tiap obyek dari class yang sama boleh mempunyai nilai yang sama atau beda Class variable: adalah atribut untuk semua obyek yang dibuat dari class yang sama. Semua obyek mempunyai nilai atribut yang sama. Jadi semua obyek dari class yang sama mempunyai hanya satu nilai yang value nya sama.

Behavior Behavior / tingkah laku adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu task. Dalam class, behavior disebut juga sebagai methods. Contoh: VolcanoRobot Check current temperature Begin a survey Report its current location

Behavior Methods: adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu. Cara obyek berkomunikasi dengan obyek lain adalah dengan menggunakan method. Contoh: class, object, attributtes, dan behavior

Contoh Class : VolcanoRobot

Konsep Dasar OOP Enkapsulasi (Encapsulation) Penurunan (Inheritance) Polimorfisme (Polymorphism)

Encapsulation Definisi enkapsulasi: Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. Variabel dan yang method yang dipunyai suatu obyek, bisa ditentukan hak aksesnya. Contoh: jam tangan Penting sekali untuk mengetahui waktu. Cara jam mencatat waktu dengan baik antara jam bertenaga baterai atau bertenaga gerak tidaklah penting kita ketahui.

Pewarisan (Inheritance) Definisi : merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya. Class yang mewarisi  superclass Class yang diwarisi  subclass Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainnya  multilevel inheritance. Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda  superclass Sepeda gunung  subclass Sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh sepeda.

Pewarisan (Inheritance) Prinsip: Persamaan- persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan Sepeda Sepeda Gunung Sepeda Balap Sepeda Motor

Pewarisan (Inheritance) Keuntungan pewarisan Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakan dengan superclass  memungkinkan programmer untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada. Programmer dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan tingkah laku dan state state secara secara umum umum.

Single dan multiple inheritance C multiple inheritance Suatu class diperbolehkan untuk mempunyai lebih dari satu superclass. Variabel dan method yang diwariskan merupakan kombinasi dari superclass-nya. Java  single inheritance Suatu class hanya boleh mempunyai satu superclass Dalam multilevel inheritance, suatu subclass bisa menjadi superclass bagi yang lain.

Java Technology A programming language Sintak bahasa pemrograman java mirip dengan bahasa C++ A development environment Teknologi java menyediakan: kompiler, interpreter, documentation generator, class file packaging. An application environment Merupakan program standalone program tidak memerlukan web browser untuk mengeksekusi program (applet). A deployment environment Terdapat 2 deployment environment utama: JRE (Java Runtime Environment)  yang menyediakan class-class yang tersimpan dalam package-package, komponen GUI class, dan Collection API. Web browser banyak web browser komersial yang menyediakan lingkungan Java Technology interpreter dan runtime.