Teknik evaluasi, groupware / cscw, dan hypertext, web
Teknik evaluasi
Mengapa evaluasi dibutuhkan ? Desainer tidak dapat berasumsi bahwa orang lain seperti dirinya, dan mengikuti design guidlines menjamin bahwa karyanya pasti bagus. Evaluasi dibutuhkan untuk memeriksa apakah user dapat menggunakan produk tersebut dan menyukainya. Evaluasi kepuasan penggunaan terhadap sebuah produk dapat dilakukan menggunakan kuesioner dan atau interview.
Kapan evaluasi dilakukan ? Evaluasi dapat dilakukan pada : Selama proses pembuatan produk tersebut supaya selalu sama dengan yang diminta atau dibutuhkan oleh user. Proses ini biasa disebut formative evaluations. Saat produk tersebut telah jadi yaitu melalui prototype. Saat produk dipasarkan, melalui update version. Evaluasi produk dapat dilakukan melalui riset pasar, baik melalui perorangan atau sekelompok user.
Tujuan Evaluasi Ada 3 tujuan utama dari evaluasi Melihat seberapa jauh sistem berfungsi Melihat efek interface dari pengguna Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada sistem.
Teknik-teknik evaluasi Observing users Asking users their opinions Asking expert their opinions Testing user’s performance Modeling user’s task performance to predict efficacy of user
Hubungan antara paradigma dan teknik evaluasi “Quick and Dirty” Observing users Penting untuk melihat bagaimana user berperilaku dalam lingkungan aslinya Asking users Diskusi dengan user yang potensial dalam suatu group atau group khusus Asking experts Untuk mendapatkan kritik tentang kegunaan sebuah prototype User testing ======== Modelling user task performance
Hubungan antara paradigma dan teknik evaluasi Usability Testing Observing users Melalui video dan catatan, dilakukan analisa identifikasi masalah, investigasi cara kerja software atau menghitung kinerja waktu Asking users Dengan menggunakan kuesioner kepuasan sebagai pengumpulan opini user, kadang menggunakan interview untuk opini yang lebih detail. Asking experts ======== User testing Dilakukan di laboratorium Modelling user task performance
Hubungan antara paradigma dan teknik evaluasi Field Studies Observing users Dilakukan dilokasi manapun juga. Dalam studi ethnografi, evaluator turut serta dalam lingkungan user Asking users Evaluator dapat melakukan interview atau mendiskusikan apa yang dilihatnya kepada peserta. Asking experts ======== User testing Modelling user task performance
Hubungan antara paradigma dan teknik evaluasi Predictive Observing users ======== Asking users Asking experts Seseorang menggunakan patokannya dalam pembuatan desain untuk memprediksi interface User testing Modelling user task performance Model yang digunakan untuk memprediksi interface atau membandingkan kinerja waktu dengan versinya.
Skala Likert Merupakan skala yang cukup banyak digunakan untuk melakukan evaluasi Ukuran skala mulai dari 4 sampai 7 Ukuran 4 (1=sangat buruk, 2= buruk, 3=bagus, 4=sangat bagus) Ukuran 5 (1=sangat buruk, 2= buruk, 3=netral, 4=bagus, 5=sangat bagus) Ukuran 7 (1=sangat buruk, 2= buruk, 3=agak buruk, 4=netral, 5=agak bagus, 6=bagus, 7=sangat bagus) Pada umumnya penelitian menggunakan 5 skala.
Contoh Evaluasi Kriteria Evaluator Rata-rata 1 2 3 4 5 Layout Kecepatan Akses 3.4 Prosedur Akses Perpaduan Warna 3.2 Informasi Up To Date 4.2 3.76 Secara keseluruhan pendapat para evaluator adalah netral karena nilai rata-rata=3.76 Kriteria yang paling bagus adalah Informasi UpToDate, sedangkan yang perlu mendapat perhatian adalah Perpaduan Warna.
CSCW (Computer Supported Cooperative Work) groupware CSCW (Computer Supported Cooperative Work)
Apa itu Groupware? Software yang khusus dirancang untuk mendukung pekerjaan kelompok yang membutuhkan kerjasama. Fungsinya tidak hanya alat untuk komunikasi. Groupware dapat diklasifikasikan dengan kapan dan di mana para partisipan bekerja fungsi itu melakukan kerja kooperatif Terdapat berbagai masalah yang spesifik dan sulit dengan adanya implementasi groupware.
The Time/Space Matrix Mengklasifikasikan groupware dengan: Ketika (when) partisipan bekerja , pada waktu yang sama atau tidak Dimana (where) para partisipan bekerja , di tempat yang sama atau tidak Nama untuk sumbu matrix: time (waktu): synchronous/asynchronous place (tempat): co-located/remote different place same place same time different time
face-to-face conversation Time/Space Matrix Co-Located Remote different place same place same time face-to-face conversation Synchronous telephone different time Asynchronous post-it note letter
Classification by Function Cooperative work involves: Participants who are working Artefacts upon which they work participants artefacts of work control and feedback P A communication understanding direct Artefact : tempat bekerja
What interactions does a tool support? computer-mediated communication direct communication between participants meeting and decision support systems common understanding shared applications and artefacts control and feedback with shared work objects meeting and decision support systems common understanding participants artefacts of work control and feedback P A communication understanding direct computer-mediated communication direct communication between participants shared applications and artefacts control and feedback with shared work objects
Time/space matrix revisited co-located remote video conferences, video-wall, etc. meeting rooms synchronous shared work surfaces and editors shared PCs and windows email and electronic conferences argumentation tools asynchronous co-authoring systems, shared calendars
Computer-Mediated Communication email and bulletin boards structured message systems text messaging -sms video, virtual environments
Email and bulletin boards asynchronous/remote Paling familiar dan groupware yang tersukses Recipients of email: direct in To: field copies in Cc: field Pengiriman identik-berbeda dalam hal tujuan sosialnya
Email vs. bulletin boards fan out one-to-one – email, direct communication one-to-many – email, distribution lists BBs, broadcast distribution control sender – email, private distribution list administrator – email, shared distribution list recipient – BBs, subscription to topics
Structured message systems (ctd) Type: Seminar announcement To: all From: Alan Dix Subject: departmental seminar Time: 2:15 Wednesday Place: D014 Speaker: W.T. Pooh Title: The Honey Pot Text: Recent research on socially constructed meaning has focused on the image of the Honey Pot and its dialectic interpretation within an encultured hermeneutic. This talk …
Meeting And Decision Support Systems argumentation tools (alat bantu argumentasi) meeting rooms (ruang pertemuan) shared drawing surfaces (berbagi bidang gambar)
Meeting and Decision Support System Dalam desain, manajemen dan penelitian, kita ingin: menghasilkan ide-ide mengembangkan ide-ide merekam ide-ide “ penekanan utama” pemahaman umum
Three types of system argumentation tools meeting rooms asynchronous co-located Mencatat argumen-argumen untuk keputusan desain meeting rooms synchronous co-located Dukungan elektronik untuk pertemuan tatap muka shared drawing surfaces synchronous remote Saling berbagi papan gambar yang dalam jangkauan
argumentation tools asynchronous co-located Seperti hipertext untuk menyimpan design rationale (dasar pemikiran desain) Tujuan : Mengingatkan desainer mengenai alasan-alasan atas pengambilan keputusan Dasar pemikiran komunikasi di antara team desain.
Meeting rooms synchronous co-located Ruang pertemuan yang dirancang menggunakan peralatan elektronik untuk pertemuan tatap muka Terminal individu Layar lebar yang bisa berbagi Software khusus Kursi-kursi yang ditata berbentuk huruf U atau C di sekitar layar Mode-mode yang bervariasi: brainstorming, penggunaan pribadi, WYSIWIS WYSIWIS – ‘what you see is what I see’ Semua layar menunjukkan citra yang sama Semua partisipan dapat menulis dan menggambar ke layar.
Typical meeting room shared screen
Shared Applications And Artefacts shared PCs and windows shared editors, co-authoring tools shared diaries communication through the artefact
Frameworks For Groupware time/space matrix shared information communication and work awareness (kesadaran)
Implementasi Groupware umpan balik dan delay pada jaringan arsitektur groupware feedthrough and network traffic graphical toolkits, robustness and scaling
Hypertext Multimedia and the World-Wide Web
Hypertext - not just linear non-linear structure blocks of text (pages) links between pages create a mesh or network users follow their own path through information this is text or is it hypertext only links can tell home bookmark external link back link
Hypermedia – not just text hypertext systems + additional media illustrations, photographs, video and sound links/hotspots may be in media areas of pictures times and locations in video also called multimedia but term also used for simple audio/video
web technology and issues protocols browsers web servers and clients networking
Web basic,servers and clients the ‘web’ – protocols and standard HTTP – to carry information over the internet HTML, XML and graphics formats for content browsers to view the results … plus plug-ins web servers and clients the web is distributed browser sends request communicate with HTTP syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a server finds page user clicks link GET /e3/authors.html HTTP/1.1 syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a server sends page back syuh how gtw hsio i ert ag ty ghn ty we ghty chdi qw oatyf wet dfla ght a browser displays it web client (browser) web server (stores pages)
network issues - timing QoS (quality of service) bandwidth how much information per second latency how long it takes (delay) jitter how consistent is the delay reliability some messages are lost … need to be resent … increases jitter connection set-up need to ‘handshake’ to start
bandwidth, latency and jitter bandwidth how much latency how long send receive time jitter how variable
Web Content Static : unchanging pictures and text Dynamic : interaction and applications on the web