KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
Surface Rendering dan Warna
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Hidden Surface Removal (HSR)
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
GRAFIKA KOMPUTER ATRIBUT OUTPUT PRIMITIF
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengenalan Grafika Komputer
 Tujuan Umum Setelah mengikuti materi ini mahasiswa diharapkan memahami Konteks Data Spasial  lihat buku konsep- konsep dasar hal.145 – 186  Tujuan.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Pengantar Grafika Komputer
DIGITAL MODELLING (Computer Aided Design / CAD)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
Teknik Informatika - UDINUS
Sistem Koordinat.
Pengantar Grafika 3D Fakultas Ilmu Komputer 2014
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Definisi Desain Grafis
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TIGA DIMENSI Siti Aminah,
SIG Model Data Spasial.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Dasar Matematika untuk Komputer grafik
Pertemuan 5 Konsep Pembentukan dan Proyeksi Benda
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Definisi Desain Grafis
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Gambar Bitmap Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster terdiri atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri.
Pengantar Grafika Komputer
PENCAHAYAAN Grafika Komputer.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Graphical User Interface (GUI)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Grafika komputer 1.
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
Pengolahan Citra Digital
ELEMEN – ELEMEN MULTIMEDIA
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
MODUL.1 DATA SPASIAL DAN DATA NON SPASIAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Transcript presentasi:

KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK UNINDRA

Kegiatan yang Terkait denganGrafik Komputer 1. Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D. 2. Rendering: memproduksi citra yang Lebih solid dari model yang telah dibentuk. 3. Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.

Kerangka Grafik Komputer Interaktif •Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalahperantara aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem) •Application program memetakanobjekaplikasike tampilan/citradenganmemanggilgraphics library •Hasildariinteraksiuser menghasilkan/modifikasicitra •Citra merupakanhasilakhirdarisintesa, disain,manufaktur, visualisasidll.

Pemodelan Geometris Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer : –Shape/bentuk –Posisi –Orientasi (cara pandang) –Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur) –Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya) –Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) –Dan lain-lain ...

Dasar Matematika yang Diperlukandalam Grafik Komputer –Geometry (2D, 3D) –Trigonometry –Vector spaces • Points, vectors, dan koordinat –Dot dan cross products

Elemen-elemen Pembentuk Grafik: 1.GEOMETRI 2. Pemrosesan Citra untukDitampilkan di Layar 3. Hardware Display Grafik : Vektor •Vetor (calligraphic, stroke, random-scan) Hardware Display Grafik : Raster •Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layardanlaser printer