Game Playing Stmik mdp
Pengantar Games adalah fasilitas yang sangat menarik dalam komputer Ide games pertama kali dimunculkan oleh Calude Shannon (1950) yg menulis paper tentang mekanisme permbuatan program permainan catur
Lanjutan Beberapa tahun kemudia Alan Turing mendeskripsikan program permainan catur namun ia sendiri belum pernah membuat rancangan program. Baru pada awal tahun 1960-an Arthur Samuel mencoba membuat program catur tersebut.
Alasan pemilihan games.... Ada beberapa alasan mengapa games merupakan domain yang baik untuk di eksplore, yaitu : 1. Sangat mudah untuk menentukan ukuran kesuksesan dan kegagalannya (menang atau kalah) 2. Tidak membutuhkan terlalu banyak pengetahuan. Permainan dapat diselesaikan dengan melakukan pencarian dari arah start sampai posisi menang 3. Ruang keadaannya mudah diinterpretasikan
Lanjutan Operator-operator yang digunakan tidak terlalu banyak 5. Sebagian besar game dapat dimodelkan dengan mudah 6. Sangat mungkin untuk dibandingkan dengan kemampuan manusia
Alasan pertama memang masih bisa diterima sampai sekarang, tetapi alasan yg kedua ternyata tidak cocok untuk games yang besar (kompleks), misalnya pada permainan catur : a. Rata-rata setiap node bercabang sebanyak 35 kali b. Tiap-tiap permain catur bergerak 50 kali c. Sehingga total dalam satu pohon akan terdapat posisi sebanyak
Metode Pencarian dan Evaluasi Ruang keadaan dalam games dapat direpresentasikan dengan menggunakan pohon pelacakan Tiap-tiap node pada pohon tersebut berhubungan dengan keadaan yg mungkin dalam permainan tersebut. Setiap gerakan akan membawa perubahan dari keadaan sekarang (current state) ke keadaan selanjutnya (child state). Permasalahan yg timbul adalah menentukan child state mana yang terbaik.
Lanjutan Untuk mengefektifkan proses pencarian, maka dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: 1. Membentuk suatu prosedur sedemikian sehingga hanya gerakan2 yang baik saja yg dibangkitkan 2. Membentuk suatu prosedur pengujian sedemikian sehingga gerakan (path) yang terbaik yang akan dieksplore pertama kali.
MINIMAX Salah satu teknik games yg terkenal adalah MINIMAX, teknik ini menggunakan defth-first search dengan kedalaman terbatas Fungsi evaluasi yg digunakan adalah fungsi evaluasi statis, dengam mengasumsikan bahwa lawan akan membuat langkan terbaik yg mungkin