PRINADA NUSA AJI, 2450405003 Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ULFA KHASAN, Karya Lukis sebagai Bentuk Penyikapan terhadap Tindak Aborsi.
Advertisements

AROPAH, Perancangan Media Promosi Jurusan Seni Rupa FBS UNNES Melalui Media Katalog Studio Patung.
RIZKI APRILIANI, Perancangan Poster Iklan Produk Telpon Seluler dengan Elemen Visual Utama Gestur Wanita.
MUSTARIYADI, PERSEPSI DUNIA INDUSTRI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA RUMPUN BANGUNAN SMK NEGERI 5 SEMARANG DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTIM GANDA.
TITIN SURYANI, MANAJEMEN SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR BAGI GURU RUMPUN ELEKTRONIKA SMK NEGERI KOTA SEMARANG.
NUR AFNI HIDAYAH, Perancangan Katalog Studio Seni Grafis sebagai Media Promosi Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.
EDY PRADIPTA SAPUTRA, Burung Phonix sebagai Motif Kerajinan Ukir Kayu.
SABAR BUDI RAHARJO, Film Animasi Dua Dimensi ``Zahra & Junda`` sebagai Media Penanaman Aqidah Islam Sejak Dini.
FREDY AGUNG PUJIHARTANTO, Peranan Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Pada APBD Kota Semarang Untuk Pembiayaan Penyelenggaraan Pemerintahan.
YOHANES BENNY KOLOWAY, Teknik Pembelajaran Keyboard di Sanggar Musik Chytara Semarang.
PUGUH HARI SUHARTOPO, KAJIAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENYALAHGUNAAN KEPEMILIKAN SENJATA API (STUDI DI KOTA SEMARANG)
DESTINA AYU PRATIWI, Keanekaragaman Motif Geometris pada Batik Pekalongan Tahun 2009.
NUR RACHAYU APIANTI, Pembelajaran Seni Rupa di SMP Negeri 13 Semarang.
PIPIET PUJI INAYATIEN, Penegakan Hukum Pidana dalam Tindak Pidana Aborsi (Studi di Wilayah Hukum Kota Semarang)
SURYA AL FATA, CD Interaktif Kawasan Wisata Air Terjun Curug Lawe dan Curug Benowo Kabupaten Semarang.
DIKY AULIDZAR, Babi sebagai Subyek dalam Seni Lukis.
WINDI LESTARI, Beruang sebagai Ilustrasi Desain Cover Buku Tulis untuk Anak-Anak.
BANGKIT PANJI ANAROGO, KINERJA GURU SMP SE KOTA SEMARANG PASCA SERTIFIKASI.
RIFKI SANTOSO BUDIARJO, PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM PADA ASURANSI UMUM PT. SARANA LINDUNG UPAYA KANTOR CABANG SEMARANG.
JUNIYA IP ANY, Pemanfaatan Sumber-Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal.
ENNY INDRARTI, UNSUR INTRINSIK NOVEL CINTA DARI SURGA KARYA ANAM KHOIRUL ANAM DAN KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP.
BERTHANIA JESSI MERDIANHITA, BANGUNAN PENINGGALAN SEJARAH KOTA SEMARANG DALAM FOTOGRAFI KAMERA LUBANG JARUM.
SANDI KUMALASARI, Perlindungan Konsumen Terhadap Mie Basah Berformalin oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang di Kota Semarang.
SITI NOOR A'ISAH, Pemanfaatan Barang Bekas dalam Pembelajaran Berkarya Seni Rupa di SD I Gribig Kudus.
MOHAMMAD LATIFUL FUAD, PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS KOPERASI SERBA USAHA (KSU) di KOTA SEMARANG TAHUN
IRFAN FATCHU RAHMAN, Arsitektur Kota Lama Semarang sebagai Objek dalam Karya Desain Kartu Pos.
MOCHAMAD RIDWAN, OPTIMASI BERSYARAT DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLIER LAGRANGE DAN APLIKASINYA PADA BERBAGAI KASUS DALAM BIDANG EKONOMI.
AGUS SURONO, PEMANFAATAN MOUSE OPTIK KOMPUTER SEBAGAI SENSOR UNTUK MENENTUKAN LETAK SUATU ROBOT.
HENDRA SUGIARTO, ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SEMANGAT KERJA KARYAWAN CV. NIKI HARUM SEMARANG.
ANDI SETYAWAN, Fungsi Camat Sebagai PPAT dalam Jual Beli Tanah( Studi Kasus Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang)
ROSA KARTIKA SARI, Efektivitas Media Petak Cerdas PUGS Dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi (Studi di SD Negeri Sadeng 02 dan 03 Kecamatan Gunungpati.
ISTI RONDIYAH, Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Kasus di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.
DIAN AYUNINGTYAS PURWANDARI, EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENGENALAN HURUF ABJAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK.
LINA NURMA YUNITA, KARTU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA DALAM MENAMBAH PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BULU 01 SEMARANG.
Identitas Mahasiswa - NAMA : RAVENDRA ARISANDI S - NIM : PRODI : Teknik Mesin - JURUSAN : Teknik Mesin - FAKULTAS : Teknik -
NITI SASMITO ATI, EVALUASI SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI DIUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
NURUL FAIZAH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SINOPSIS CERITA RAKYAT MELALUI TEKNIK 4P PADA SISWA KELAS V SDN BINTORO 1 DEMAK.
BUN DANU PRIOTOMO, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TIK DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER BERBASIS WEB DI SMA NEGERI 1 PEMALANG POKOK BAHASAN OPENOFICE.ORG.
ANIS NURIL LAILI SULISTYOWATI, STUDI DESKRIPTIF TENTANG ADMINISTRASI PENGELOLAAN DATA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA.
SITI MARDLIYAH, PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK RUMAH TIPE SILVER I (T 23/60) DAN TIPE EMERALD (T 70/144) PADA PT KREASI CIPTA BUKIT ASRI SEMARANG.
BUNGA WULANDARI, PERAN PEGAWAI DALAM MENANGANI KLAIM PEMEGANG POLIS PT. ASURANSI JIWASRAYA (Persero) SEMARANG BARAT.
RIPNO AJI WIBOWO, Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja Pada Mayor Vokal.
YUNUS ARIFIANTO, Tingkat Minat, Motivasi dan Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang pada Semester I Tahun.
MUFTIKHATUL UMAMAH, Tas Jinjing sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan.
DESIANA DWI PRAMESTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESAN SINGKAT (MEMO) MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN BERBASIS MULTIMEDIA.
DENI SULISTIAWAN, SISTEM BAHAN BAKAR TOYOTA KIJANG SERI 5K DAN PENGUJIAN KONSUMSI BAHAN BAKAR DENGAN MENGGUNAKAN PRIMARY MAIN JET PADA 3 JENJANG.
RINTO HASNIADI, OPENING PROGRAM CANTING PADA STASIUN PRO TV SEMARANG.
AAN FERI HANDOYO, ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK (STUDI KASUS PADA CV ANEKA ILMU SEMARANG)
HENI PURWANINGRUM, Wujud Onomatope dalam Komik Serial Donal Bebek Edisi Tahun 1995.
HERY PRABOWO, APLIKASI SOFTWARE ETAP POWERSTATION 4
WAHYU TRIANINGRUM, Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di Cepu.
FIRMAN SAFRIZAL, CD Interaktif Profil Perusahaan Kerajaanweb.com sebagai Media Promosi.
AGUS PRAMUDIONO, PERANAN OEI TIONG HAM CONCERN BAGI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN MASYARAKAT TIONGHOA DI KOTA SEMARANG TAHUN
DANI PRATIWI, Penerapan Gambar Vektor untuk Desain Cover Novel Elin or Cher dengan Media Corel Draw X3 dan Adobe Photoshop CS2.
INDI FITRININGSARI, PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK TANGGUNGAN PADA KANTOR PERTANAHAN DI KANTOR PERTANAHAN KOTA SEMARANG.
ANDI TRI HARYONO, PENGARUH PLATFORM, CITRA DAN IKLAN PARTAI POLITIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIH DI KOTA SEMARANG.
Identitas Mahasiswa - NAMA : REZKY GANI MASADI - NIM : PRODI : Teknik Elektro - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik - .
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
ADNI LESTARI AMBARWATI, Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kelelahan Pada Pekerja Bagian Produksi PT Indonesia Steel Tube Work Semarang.
INSAN PERAN ARINTANG, Manajemen Produksi Kelompok Musik Radikal Corps di Semarang: Kajian Karya Musiknya.
INTAN GUSNI VIRGILIA, GALERI SENI RUPA KONTEMPORER DI SEMARANG DENGAN FRAGMENTASI BANGUNAN SEBAGAI BANGIAN DARI KONSEP ARSITEKTUR MORPHOSIS.
USWATUN KHASANAH, Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat untuk Menemukan Ide Pokok dengan Teknik Skipping Ayunan Visual pada Siswa Kelas X.11.
YULIYANTO, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Karikatur melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas VIII F SMP Negeri.
WIDA RAHAYU, STRATEGI PEMBERIAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DIKELAS VIII B SMP NEGERI 21 SEMARANG.
Identitas Mahasiswa - NAMA : SUWARNO - NIM : PRODI : Desain Komunikasi Visual - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - .
SEPTIKA RINANINGRUM, Fotografi Aktivitas Sehari-Hari Masyarakat Desa Promasan Kabupaten Kendal.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DANANG ALIH PRASETYO - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Rupa - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa dan Seni.
Identitas Mahasiswa - NAMA : AGUS NUGROHO SETIA BUDIAWAN - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Rupa - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa.
ANDIKA DWI PRAYUDI, Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon melalui Pembelajaran Out Door.
ADNAN SETYOKO, Barang Bekas sebagai Bahan Berkarya Seni Kriya di Komunitas TUK Salatiga: Proses dan Nilai Estetis.
Transcript presentasi:

PRINADA NUSA AJI, Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.

Identitas Mahasiswa - NAMA : PRINADA NUSA AJI - NIM : PRODI : Seni Rupa - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - prinadata pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Syakir, M.Sn. - PEMBIMBING 2 : Drs. Ruswondho - TGL UJIAN :

Judul Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.

Abstrak Sebuah ungkapan terhadap sejarah bangunan kota lama Semarang, maka tugas akhir karya desain komunikasi visual ini diwujudkan. Dalam mengungkapkan ide, saya mengacu pada satu permasalahan tentang sejarah bangunan kota lama semarang di Semarang, beserta para pelaku di dalamnya. Bertolak dari hal tersebut maka tugas akhir karya DKV ini berjudul “Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up: Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang”. Selain sebagai bagian dari seni, DKV merupakan media menarik yang berfungsi sebagai alat penyampai pesan, dan catatan visual menarik perjalanan sejarah kota lama Semarang. Sedangkan pemvisualisasiannya, penulis mengilustrasikan sejarah bangunan-bangunan kuno kota lama Semarang beserta para pelakunya. Melalui ide atau gagasan serta imajinasi, saya terjemahkan ke dalam karya visual. Media yang digunakan dalam proses penciptaan karya ini yaitu alat tulis pensil, penghapus, penggaris, jangka, drawing pen black, serta spidol, kamera digital SLR (Single Lens Reflect), komputer jinjing atau Notebook dengan Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop CS3, serta CorelDRAW X4, pendukung tambahan yaitu Scanner, mouse graphic, mouse pen, kertas Ivory 190 – 230 gram, bahan perekat yaitu lem styrofoam, lem spray, media internet. Proses berkarya adalah: (1) praproduksi, (2) produksi, (3) pascaproduksi. Hasil proyek studi ini berupa karya desain buku ilustrasi Pop-Up dengan objek arsitektur Kota Lama Semarang. Jumlah karya keseluruhan ada empat buah yang menceritakan bangunan kota Lama Semarang, empat buah buku dengan ukuran 20 cm x 23 cm terdiri dari (1) Bangunan Gereja Blenduk dengan jumlah sepuluh halaman, (2) Bangunan Gedung MARBA dengan jumlah sembilan halaman, (3) Bangunan Gedung Jiwasraya dengan jumlah delapan halaman dan (3) Bangunan Restoran Ikan Bakar Cianjur (Ex Pengadilan Negeri Semarang) dengan jumlah delapan halaman. Objek – objek dalam karya tersebut disajikan dalam warna ceria hal ini untuk membuat karya desain buku ilustrasi Pop-Up ini semakin menarik. Dengan adanya karya desain buku ilustrasi Pop-Up yang penulis buat semoga dapat berguna baik bagi masyarakat dan generasi muda pada khususnya untuk lebih mengenal sejarah bangunan kota lama Semarang yang kita cintai ini. Dan semoga Proyek Studi yang penulis kerjakan dapat bermanfaat juga bagi teman-teman Mahasiswa lainnya.

Kata Kunci Komunikasi Visual, Ilustrasi Buku Pop-Up,Bangunan Kota Lama Semarang,Seni Rupa

Referensi

Terima Kasih