Human Computer Interaction 2 SKS Dosen : Hendri Sopryadi,MTI. E-mail : hendri@mdp.ac.id
Penilaian Komponen : Untuk tugas : sesuai perjanjian Kuis 10% UTS 30% UAS 40% Untuk tugas : sesuai perjanjian Tipe soal : Essay (uraian) Perhatikan, kehadiran minimal 70% (tidak ada toleransi)
Peraturan Dilarang menggunakan sandal dan kaos selama perkuliahan Dilarang makan dan minum dikelas Keterlambatan maksimal 15 menit dari kedatangan dosen Tugas yang telat tidak ada nilai Dilarang berisik dan mengganggu kegiatan belajar mengajar Materi dalam bentuk fotokopi wajib dimiliki Dilarang bekerjasama dan curang selama ujian
Materi Kuliah sebelum UTS Faktor Manusia pada Software Interaktif Teori, prinsip dan pedoman IMK Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir Bahasa Perintah Manipulasi Langsung Piranti interaksi Waktu respon dan kecepatan tampil UTS
Materi Kuliah sebelum UAS Pesan sistem, perancangan layar dan warna Strategi multiple window Computer Supported Cooperative Work Alat bantu eksplorasi informasi Manual tercetak, petunjuk online & tutorial Perancangan iteratif, pengujian dan evaluasi Lingkungan pengembangan user interface UAS
Referensi Buku Interaksi manusia & kompter Karangan : Ir. Insap Santosa, M.Sc. Penerbit : Andi yogyakarta Karangan : Teddy Marcus Z Penerbit : Informatika bandung
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction) Hendri Sopryadi,MTI. (HUMAN-COMPUTER INTERACTION) INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Faktor Manusia pada Software Interaktif Pertemuan 1 Faktor Manusia pada Software Interaktif
Definition of HCI Human-computer interaction is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing systems for human use and with the study of major phenomena surrounding them.
Titik berat Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface) Fungsi dari IMK Mengoptimasikan performansi antara manusia dengan komputer sebagai suatu sistem Desain Evaluasi desain Implementasi
Dasar Ilmu IMK HCI Desain Grafis Teknik Industri Psikologi Kognitif Ergonomi Antropometri
Dasar Ilmu IMK Design grafis Teknik Industri Psikologi kognitif Antropometri Ergonomi (human engineering)
Pengertian user-interface Antarmuka pemakai : bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer Tujuan antarmuka pemakai : Agar sistem komputer dapat digunakan oleh pemakai Human User Interface Computer System
Mapping Goal, Action, Outcome User Interface Action System function Outcome Feedback Mapping carried out to produce a system with a good user interface
Kemampuan penggunaan (Usability) Learnability Throughput Flexibility Attitude
The purpose of HCI Systems Engineering Proper Functionality Reliability, availability, security, data integrity Standardization, integration, consistency, portability Schedulling and budget
Tujuan Rekayasa Sistem IMK Fungsionalitas yang sesuai (Proper Functionality) Tugas-tugas apa saja yang diperlukan? Sistem dengan fungsionalitas yang kurang memadai mengecewakan pemakai dan sering ditolak atau tidak digunakan Sistem dengan fungsionalitas berlebihan berbahaya : implementasi, pemeliharaan, proses belajar, dan penggunaan sulit
Kehandalan, ketersediaan, keamanan, dan integritas data Kehandalan (reliability): berfungsi seperti yang diinginkan, tampilan akurat Ketersediaan (availability): tersedia ketika hendak digunakan, jarang mengalami masalah
Keamanan (security) : terlindung dari akses yang tidak diinginkan dan kerusakan yang disengaja Integritas data (data integrity): keutuhan data terjamin, tidak mudah dirusak atau diubah oleh orang yang tidak berhak
Standarisasi, integrasi, konsistensi, dan portabilitas Standarisasi : keseragaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda Integrasi : kesatuan dari berbagai paket aplikasi dan software tools
Konsistensi : keseragaman dalam suatu program aplikasi : urutan perintah, istilah, satuan, warna, tipografi, dsb Portabilitas : dimungkinkannya data dikonversi dan dipindahkan, dan dimungkinkannya antarmuka pemakai dipakai di berbagai lingkungan perangkat lunak dan perangkat keras
Penjadwalan dan anggaran Sistem perlu siap tepat pada waktunya Sistem yang mahal sulit diterima Adanya persaingan dengan vendor lain
Measurable Human Factor Waktu belajar Kecepatan kinerja Tingkat kesalahan pemakai Retensi Kepuasan subjektif
Motivasi bagi faktor manusia dalam perancangan Sistem yang kritis bagi kehidupan Pemakaian industri dan komersial Aplikasi kantor, rumah dan hiburan Sistem eksplorasi, kreatif dan kerjasama
Motivasi bagi faktor manusia dalam perancangan Sistem yang kritis bagi kehidupan ( Life Critical Systems ) Biaya tinggi tidak masalah,asalkan kehandalan dan keefektifan tinggi Waktu pelatihan lama tidak masalah, asalkan bebas kesalahan Retensi diperoleh dari seringnya latihan dan penggunaan Contoh :
Pemakaian industri dan komersial (Industrial and Commercial Uses) Biaya rendah lebih disukai, meskipun kehandalan dikorbankan Proses dan kemudahan belajar penting Retensi dari seringnya penggunaan Kepuasan subjektif diutamakan Contoh :
Pemakaian industri dan komersial (Industrial and Commercial Uses) Biaya rendah lebih disukai, meskipun kehandalan dikorbankan Proses dan kemudahan belajar penting Retensi dari seringnya penggunaan Kepuasan subjektif diutamakan Contoh : Banking, insurances, airline and hotel reservations, car rentals, credit card management
Aplikasi kantor, rumah dan hiburan (office, home and entertainment applications) Kemudahan belajar, tingkat kesalahan rendah dan kepuasan subjektif diutamakan Pembelajaran berlapis (berevolusi) Biaya rendah penting karena persaingan Retensi mungkin kurang, perlu online help Contoh :word processor, video game, program pendidikan, e-mail
Sistem eksplorasi, kreatif dan kerjasama (exploratory, creative, and cooperative systems) Motivasi dan ekspektasi pemakai tinggi Perancangan sistem sulit Pengukuran faktor manusia sulit Contoh : Encyclopedias, databases, graphical presentation, design systems, music composing system, medical diagnostic, ES, EIS, DSS
Tujuan penelitian IMK Mempengaruhi peneliti akademis dan industri Kerangka reductionist scientific method Sumbangan pemikiran terhadap studi IMK dari disiplin-disiplin yang berhubungan Memberikan tools, teknik, dan pengetahuan untuk implementor sistem Meningkatkan kesadaran akan komputer kepada masyarakat awam