Multimedia ? Teks “Perpaduan harmonis antara berbagai media (teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai tujuan (pembelajaran)” Media
Penggunaan Multimedia
Komputer dalam Pembelajaran Belajar Komputer Belajar melalui Komputer Belajar dengan menggunakan Komputer Komputer sebagai Object Komputer sbg Media Komputer sbg Alat Mata Pelajaran Komputer Multimedia Interaktif (on CD or Web off or on line learning) Word Proccessor u/ membuat makalah, Autocad untuk menggambar konstruksi, Powerpoint u/ presentasi
Tingkat kemampuan daya ingat Media dan Pembelajaran Tingkat kemampuan daya ingat Media % Audio 10 Verbal (teks, visual) 20 Audio-Visual 50
Tingkat kemampuan menyimpan pesan berdasarkan media Media dan Pembelajaran Tingkat kemampuan menyimpan pesan berdasarkan media Media <3 hari >3 hari Audio 70% 10% Verbal (teks, visual) 72% 20% Audio-Visual 85% 65%
Multimedia dan Prinsip Pembelajaran Manusia belajar dari : 10 % Membaca Teks 20 % Mendengar Audio 30 % Melihat Grafis/foto 50 % Melihat & Video/Animasi mendengar MM MM Interaktif 80 % Berbicara 80 % Berbicara dan melakukan Simulasi
Prinsip Pembelajaran dgn Multimedia Perkuat respon siswa secepatnya dan sesering mungkin – immadiate feedback; Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri – learner control (branching) Perhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan – logic-systematic Diperlukan adanya partisipasi akatif oleh siswa – simulatif / interactive
Manfaat Multimedia
Multimedia antara Offline vs Online Aspek Off line On line Player Media Pesan Pembelajaran Interaktivitas Komunikasi Up dating Sifat Konten Stand alone PC Dua jenis atau lebih Terintegrasi Terprogram, closed User dengan komputer Dua arah Versi baru Statis Multi (komprehensif, dalam) Network, internet Terintegrasi, interkoneksi Terprogram, open Antar user, narasumber Banyak arah Syin-Asyinchronouse Contonues Dinamis Multi (penggalan-penggalan modul)
Web-based Multimedia Perlu perhatian khusus: Text; jenis fonts standar (verdana, arial, dll) – compatible u/ semua jenis dan generasi komputer. Hypertext; dimanfaatkan dalam semua frame dan paragraf; Image/gambar; semakin besar semakin lambat loading; Audio; tidak ada masalah untuk modem 28,8 Kbps keatas Video; secara umum kualitas video tidak memuaskan;
Prinsip Umum Web-based Multimedia Kesederhanaan (simplicity); grafik, jenis font, warna yang berlebihan mengacaukan pusat perhatian, disamping mengganggu loading Appetizer; penarik perhatian kesan pertama (melalui redaksi judul, gambar, animasi, dll) Kejelasan (clarity); kalimat pendek, penuh contoh/ilustrasi, bahasa, kalimat positif, dll. Keseimbangan (balance); informal dan non formal; Harmoni dan utuh (harmony and unity); gambar, huruf, warna serasi dan cocok dengan topik;
Matriks Instrumen (Sekedar Contoh) No Aspek On Off Content: 1. Kebenaran materi V 2. Kekinian 3. Cakupan materi (reasonable) X 4. Kedalaman 5. Kekomprehensifan 6. Kelengkapan sumber/referensi
Matriks Instrumen (Sekedar Contoh) No Aspek On Off Kurikulum dan Desain Pembelajaran 1. Kesesuaian dengan kurikulum V 2. Kejelasan pernyataan tujuan pembelajaran 3. Kesesuaian evaluasi dan tes dengan materi dan tujuan 4. Ketepatan pemilihan media (gambar, grafik, animasi, video, audio, simulasi) dengan tujuan dan materi pembelajaran 5. Kesesuaian materi dengan karajteristik siswa 6. Umpan balik (variasi, timeliness) 7. Branching (learner control) 8. Reasonabilitas penggalan topik X
Matriks Instrumen (Sekedar Contoh) No Aspek On Off Kosmetik/Penyajian 1. Layout (Simplicity) V X 2. Konsistensi interface (antar muka) 3. Video (kualitas, kemenarikan) 4. Kesederhanaan teks, grafik, gambar, animasi, simulasi 5. Kualitas audio 6. Animasi (kualitas, kemenarikan) 7. Penggunaan hypertext/hyperlink 8. Navigasi (konsistensi, kejelasan)
Matriks Instrumen (Sekedar Contoh) No Aspek On Off Kualitas Teknis 1. Kemampuan record keeping V 2. Kompatibilitas jenis huruf dengan semua jenis komputer X 3. Kompatibilitas aplikasi dengan semua jenis komputer yang mungkin digunakan user 4. Ketersedian aplikasi pendukung 5. Kapasitas gambar, animasi, simulasi 6. Kesediaan/penyertaan aplikasi pendukung 7. Kecepatan akses (loading)
Perlu juga dipertimbangkan: Instrumen untuk user: Guru Siswa Instrumen untuk Subject Matter Experts Instrument untuk Media Sepecialist dan Instructional Design Experts Plus redaksi pernyataan/pertanyaannya
Subyek Evaluasi No Aspek Subyek Evaluasi User Experts Siswa Guru SME MS IDE AB A. Content (Materi) V X B. Kurikulum dan Desain Pembelajaran C. Kosmetik/Penyajian D. Teknis