Pemrograman Aplikasi Bergerak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Tutorial Logo Carrefour
Advertisements

Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak Pengolah Kata
& Pengenalan perintah menu ( Ikon ) SISTEM OPERASI WINDOWS MODUL 2
Pelatihan Komputer dan Internet Materi: Microsoft Word
MICROSOFT WORD 2007 Oleh EDI PURWANTO.
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Praktek Dasar HTML Ulla Delfana Rosiani, ST. Praktek Dasar HTML Anda akan mempelajari tentang: Membuat sebuah home page Memformat text Membuat links ke.
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
PARAGRAF, GAMBAR DAN BINGKAI
Menyimpan dokumen dan memberi nama file yg baru
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Page properties Cara 1: Cara 2: Menu Modify - Ctrl + J Page Properties
SISTEM OPERASI WINDOWS
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Apa itu HTML ? Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat atau mengetikkan kode file HTML Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan atau menampilkan.
BELAJAR POWER POINT.
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
Modul 8: awt Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat program sederhana dalam lingkungan window Modul 8 - awt.
TOOLBAR Toolbar adalah kelompok fasilitas standar yang sering digunakan pada program PowerPoint. Fasilitas yang terdapat pada toolbar PowerPoint antara.
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Rama Lesmana Pendidikan Matematika
Pemrograman Aplikasi Bergerak
MENANGANI aplikasi perangkat lunak
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
APPLET By : DHANIS PUSPA M (26262).
MEMULAI MS WORD Klik START > Program > Micorosoft Office >Microsoft Office Word 2007.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Bekerja dengan file dan desain web
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Presented by : Herianto
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Pengenalan low level UI Pengenalan tentang Canvas Menggambar dan menampilkan teks, gambar, garis, kotak, dan sudut Menentukan warna, huruf, dan coretan.
MIDP Low Level User Interface
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
Pengenalan Visual Basic
Microsoft Windows Xp Andris S.Kom.
MICROSOFT OFFICE EXCEL
AWT (Abstract Window Toolkit)
Microsoft Windows Xp Andris S.Kom.
Manajemen File dengan Windows Explorer
Microsoft Office Word 2007 ( PENGATURAN DOKUMEN )
B. Membuat Dokumen Baru.
MS. ACCESS 2007 Oleh : W A R I D I Disampaikan pada mata kuliah Komputer Aplikasi Hukum II Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNIKOM.
MICROSOFT OFFICE EXCEL
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Materi: Microsoft Word 2007
Membuat dokumen baru.
LATIHAN ULANGAN SEMESTER GENAP
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 I.
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
MICROSOFT OFFICE EXCEL
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
List, Image, Link dan tabel
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Dasar dasar Komputer dan Internet Materi: Microsoft Word
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Fungsi CTRL Microsoft Word
BAB 1 dan 2 Perangkat Pengolah Kata dan bekerja dengan ms word
AWT (Abstract Window Toolkit)
List dan Image pada HTML
MATERI MATAKULIAH PAKET PROGRAM NIAGA (PPN) Oleh : Buyung Solihin Hasugian, S.Kom, M.Kom.
Transcript presentasi:

Pemrograman Aplikasi Bergerak

Buat project Java ME

Buat MIDlet misalkan namanya MidDemoCanvas

Hapus

Tambahkan constructor: <namaMIDlet>() - generate Di bawah baris public class, tekan ctrl+spasi dan pilih pilihan pertama: <namaMIDlet>() - generate

ctrl+spasi dan ketik disp pilih Display dan tekan enter. Ketik "disp = " lalu ctrl+spasi lagi dan pilih Display.getDi… Dan tekan enter. Ketika terdapat kotak merah pada argumen fungsi "this", tekan enter dan tambahkan ";"

Tambahkan suatu class, misalkan namanya CvsMenu

ctrl+spasi di public class dan pilih extends Hapus ctrl+spasi di public class dan pilih extends ctrl+spasi dan pilih Canvas untuk menyatakan bahwa class kita merupakan turunan dari class Canvas.

Klik tanda lampu+tanda seru untuk bantuan cepat Klik tanda lampu+tanda seru untuk bantuan cepat. Pilih implement all abstract methods Buang/hapus

Method paint(Graphics g) Method atau fungsi paint(Graphics g) merupakan fungsi untuk menghasilkan tampilan pada Canvas dengan menggambar. Fungsi ini dijalankan saat Canvas dibuat atau fungsi/method repaint() dipanggil. Menggambar di dalam fungsi paint menggunakan method-method di dalam objek Graphics g.

Menghubungkan Canvas dan MIDlet ctrl+spasi, tambahkan MidDemoCanvas mid; ctrl+spasi, tambahkan constructor. Pilih yang baris kedua.

Menghubungkan Canvas dan MIDlet Pada MidDemoCanvas Tambahkan CvsMenu cvsMenu… disp.setCurrent(cvsMenu) di dalam constructor

Method-method Graphics g

Method method milik Graphics g drawArc(x,y,width,height,startAngle,arcAngle) Digunakan untuk menggambar kurva drawRect(x,y,width,height) Digunakan untuk menggambar segi empat drawRoundRect(x,y,width,height,arcWidth,arcHeight) Digunakan untuk menggambar segi empat dengan sudut-sudut bulat. drawLine(x1,y1,x2,y2) Digunakan untuk menggambar garis *Fungsi yang diawali draw hanya menggambar tepi

Method method milik Graphics g fillArc(x,y,width,height,startAngle,arcAngle) Digunakan untuk menggambar kurva fillRect(x,y,width,height) Digunakan untuk menggambar segi empat fillRoundRect(x,y,width,height,arcWidth,arcHeight) Digunakan untuk menggambar segi empat dengan sudut-sudut bulat. fillTriangle(x1,y1,x2,y2,x3,y3) Digunakan untuk menggambar segitiga *Fungsi yang diawali fill menggambar utuh

Mengawali menggambar di fungsi paint Lebar bidang gambar Tinggi bidang gambar Mengatur warna jadi putih Menggambar segi empat untuk background/latar

Sistem koordinat pada layar monitor Titik nol koma nol berada di kiri atas X bertambah ke kanan Y bertambah ke bawah

Warna hitam

Warna merah

Warna hijau (dipergelap) Untuk mengurangi intensitas warna (mempergelap), cukup kurangi nilai angka warna yang bersangkutan.

Warna biru

Warna jingga

Method method milik Graphics g setColor(R,G,B) atau setColor(nilaiWarna) Digunakan untuk menentukan warna penggambar berikutnya drawString(str,x,y,anchor) * Digunakan untuk menampilkan tulisan setFont(font) Digunakan untuk menentukan font tulisan berikutnya drawImage(img,x,y,anchor) * Digunakan untuk menampilkan Image/gambar *Anchor adalah titik acuan peletakan gambar

Anchor Terdapat beberapa konstanta anchor pada class Graphics: TOP titik acuan di atas (teks dan gambar) BOTTOM titik acuan di bawah (teks dan gambar) LEFT titik acuan di sebelah kiri (teks dan gambar) RIGHT titik acuan di (teks dan gambar) HCENTER titik acuan di tengah horizontal (teks dan gambar) VCENTER titik acuan di tengah vertikal (gambar saja) BASELINE titik acuan di dasar tulisan (tulisan saja)

Titik (lebar/2, 140) Alias (120, 140) Warna kuning gelap

Mengubah Font Pilih getFont dengan 3 parameter: face, style, size Ketikkan "g.setFont(Font."

Klik ikon lampu+tanda seru, atau alt+enter Face, Style, Size Klik ikon lampu+tanda seru, atau alt+enter Import javax.microedition.lcdui.Font

Konstanta pada class Font Face: FACE_MONOSPACE FACE_PROPORTIONAL FACE_SYSTEM Style: STYLE_BOLD STYLE_ITALIC STYLE_PLAIN STYLE_UNDERLINED Size: SIZE_LARGE SIZE_MEDIUM SIZE_SMALL

Mengubah warna jadi abu-abu Anchor point setColor(150,150,150) Mengubah warna jadi abu-abu

Tekan Enter dan pilih "open" Menambahkan Image Buat New Folder Beri nama "res“ Tekan Enter dan pilih "open" Kemudian copykan file gambar ke dalam folder res (melalui windows explorer)

Menambahkan Image ctrl+spasi, pilih Image dan beri nama objek "gambar" Setelah dicopy, file akan tampak di dalam resources project

Menambahkan Image Ketik "gambar =" Lalu ctrl+spasi Yang akan kita pakai adalah Image.createImage(String name) Ketikkan "/<namafile>" Sebagai parameter fungsi (case sensitive)

Klik lampu atau alt+enter Menambahkan Image Klik lampu atau alt+enter Pilih Surround Statement… Sehingga menjadi:

Anchor point

Thank You For Your Attention Reminders: Dokumentasi class-class (properties, method dan contoh program) yang dipakai di Java ME dapat diakses lewat menu documentation pada start menu di folder WTK atau Java ME SDK. (StartJava(TM) ME Platform SDK 3.0Documentation) (StartSun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2 for CLDC Documentation)